Senin, 21 Februari 2011

Tips : Diet yang Baik dan Benar dan Mengenyangkan...eh Menyenangkan

Diet. Itulah yang gue lakukan kira-kira setaun yang lalu. Ato setaun lewat? Auk ah lupak. Pokoknya, gue pas itu mengalami gigantisme secara mendadak. Pas gue semester lima, secara ajaib badan gue jadi membengkak kayak gajah mengandung bayi brontosaurus di dalamnya. Trus pipi gue melebar kayak bakpao mateng, trus perut gue membuncit kayak orang cacingan (cacingnya mengalami evolusi jadi sebesar ular piton), paha gue sebesar galon air, bahu gue berbidang kayak aderai, en lengan tangan gue udah nyamain betis. Parah deh. Ditambah lagi, pas itu gue memutuskan untuk smoothing rambut. Cucok banget. Rambut lurus kayak sapu + muka lebar dan tembem gue = sapi obesitas pake wig... Dan yang lebih parah lagi, pas itu gue lagi terserang jerawat mahadahsyat, yang menyebabkan gue menjadi sapi obesitas kena cacar air pake wig.

Dua tahun yang lalu, bertepatan dengan berevolusinya Kiki Irawati dari manusia setengah iblis menjadi manusia setengah sapi ini lah, gue jadian dengan Mas, pacar gue yang sekarang (hingga selamanya, amin). Dan Mas, adalah seorang anak manusia yang berhasil merubah gue kembali seperti dulu, malah lebih sedap dipandang mata. Kira-kira sembilan bulan berjalan setelah jadian, gue mengandung anak pertama...eh salah....gue diseret pacar gue untuk permak wajah. Setelah permak wajah berhasil dengan gilang gemilang (baca : gue yang dulu kayak Tamara Bleszinsky, sekarang udah ngalahin Tamara Bleszinsky, itemnya), gue pun diminta unttuk mempermak badan.

Mempermak badan gue gak semudah mempermak wajah ato celana jins. Kalo wajah mah tinggal dikasi krim aja udah mampus tu jerawat. Kalo permak celana jins sih tinggal disobek-sobek aja trus dibakar kan beres. Nah, mempermak perut buncit, paha besar, pipi tembem dan bahu berotot itu bagaikan menangkap koruptor pajak. Susah dan gak selese-selese. Ditangkep sekali, eh bisa ngabur ke luar negeri. Sama deh kayak badan gue. Dibikin diet, eh gue gendut lagi gara-gara makan nasi kebanyakan.

En gue di sini mau berbagi resep gimana supaya kalian bisa nurunin berat badan tanpa menyakiti diri sendiri (dengan sedot lemak misalnya) dan tetap bisa makan enak. Gue dulunya berberat badan 63 kg, trus bisa turun jadi 57kg. Sekarang gue naek lagi 59kg karena pacar gue sukanya ngajakin gue supaya banyak makan (sama aja boong).
Cara diet aman dan nyaman :

1. Perut anda buncit bukan karena ada anak kambing bersemayam di perut anda, bukan. tapi karena anda makan terlalu banyak. Makan sekali banyak lebih berpotensi membesarkan perut daripada makan sedikit tapi sering. So, kurangi porsi makan anda. Jangan makan sampe terlalu kenyang. Kurangi aja porsinya setengahnya.

2. Lambung membesar karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Nasi dan roti2an bisa menyebabkan perut menjadi melar. So, kurangi porsi makan nasi dan roti.

3. Hindari makan nasi di malam hari. Untuk menutup hari anda, konsumsilah buah-buahan dan sayuran. Malam hari, cukup dengan makan itu aja, jangan makan nasi. Apalagi kalo kalian punya kebiasaan seperti uler (karena kalian adalah manusia setengah uler) yakni abis makan langsung ngorok. Usahakan beri jarak sekitar 3 jam setelah anda makan untuk tidur. (Sebelum tidur jangan lupa gosok gigi ya, kata Pepsodent).

4. Jika ingin makan nasi untuk makan malam, tetep bisa kok. yah, mungkin aja kalian seharian belom makan karena disetrap dosen, jadi baru bisa makan saat jam makan malam. Gak masalah, asal makannya sebelum jam enam sore. Trus, tidurnya jam 9 ya...

5. Jangan pernah menghilangkan makan siang. tetap makan siang, tapi dengan nasi sedikit. (Bagi kalian yang punya masalah dengan keuangan dan isi mejik jer di kosan kalian, ini kesempatan yang menyenangkan. Ngirit sekalian diet).

6. Tetap makan pagi, tapi tanpa nasi. Cukup dengan sepotong roti tanpa mentega dan susu tawar. Ato sebutir telur ayam kampung dan susu tawar. Energi yang terkandung udah cukup banget dan kalian dijamin gak bakalan laper ampe siang. Kalo kalian masih laper, segera periksakan diri anda ke dokter hewan terdekat, karena tabiat anda menyerupai kucing.

7. Kurangi makanan berlemak, dan ganti dengan protein. Contoh yang berlemak : kulit ayam, kulit sapi, jerohan, alpukat, daging ayam yang seratnya tidak nyata, kacang-kacangan, cumi, kerang, gorengan dan betis gue... Ganti aja dengan daging ayam bagian dada, ikan, daging sapi berserat, telur (lebih baik kalo cuman putihnya), tahu-tempe, udang, dan makanan yang dikukus (bukan di kakus ya...)

8. Kurangi ngemil, kalo perlu hilangkan!! Ganti cemilan anda dengan yang sehat kayak keripik tahu, keripik tempe, keripik bayem, dan buah-buahan (jangan ngemil duren, apalagi kulitnya, karena kalian bukan kuda lumping!).

9. Perbanyak minum jus buah dan air putih, dan kurangi susu berperasa (rasa vanila, coklat, stroberi, paprika, sambel goreng, dan rasa jigong). Untuk susu, pilih susu murni tanpa gula ya... Kalo perlu, minum langsung dari tete sapinya!! Muahahahaha... (pake sedotan boleh kok)

10. Kurangi gorengan, perbanyak kukusan dan rebusan. Lumayan buat ngirit minyak goreng

11. Jangan kebanyakan tidur, apalagi tidur siang. Lama tidur maksimal bagi manusia adalah 9 jam. Jadi, dalam sehari, jangan tidur lebih dari 9 jam, nanti kasurnya bau. Muahahaha... Yah, pokoknya tidur itu bikin gembul deh. Beneran. Makanya nyokap gue selalu bilang gini waktu gue SD, "banyak tidur siang biar gemuk...". Dan ternyata gue dulu mengalami penyakit "terlalu kurus", yang menyebabkan gue bakalan cucok abis kalo ditaroh di kerumunan anak-anak busung lapar di etiopia.

12. Perbanyak olahraga, minimal joging ato jalan-jalan (pake kaki ya, jangan pake bajaj) di pagi hari. Lebih baik lagi kalo bisa sit up karena bisa ngecilin perut. Oya, jangan sekali-sekali senam aerobik di kala kalian masih gendut. Karena tujuan senam itu untuk mengencangkan tubuh. Kalo kalian dikencangkan dalam kondisi gendut, malah tambah susah turunnya.

13. Gue kasih saran menu ya, siapa tau manjur :
Pagi : roti tawar + susu tawar + air putih 2 gelas
Siang : nasi setengah cup, dada ayam, sayur bayam, kerupuk bawang, jus mangga
Malam : perkedel sayur+ telur dadar + air putih 2 gelas
Selingan : buah melon, keripik tempe

14. Coba berpuasa seminggu sekali ato dua kali, yah puasa sunnah gitu. Bagus untuk mengistirahatkan lambung en ngecilin perut. Asal jangan makan kebablasan aja pas buka (makan meja belajar kayak gue, misalnya)

Yah, itu sedikit banyak bantuan supaya kalian bisa mendapatkan berat badan ideal. Oya, jangan dipaksain ya. Kalo nggak kuat, jangan diterusin, entar mati. Kalo kalian mati, entar gue dituntut. Ogah.
Trus nih, namanya manusia akan berada di berat badan stabil, yakni di mana dia nggak bisa turun lagi kecuali  puasa. Ketika sampai di posisi ini, sebaiknya jangan diterusin. Tinggal pertahankan aja dengan menambah nasi di pagi hari en berolahraga dengan rajin. Olahraga yang dianjurkan adalah senam, karena senam itu membentuk dan mengencangkan badan. Kalo hobi angkat besi ato angkat lemari, boleh tuh, bisa membentuk otot...

Oya, tadi gue nganter pacar gue ke Nasmoco gitu ngambil mobil...
Dikiranya kita mau beli mobil karena kita naek taksi ke sana...
Coba kalo tadi kita ke sana naek becak ato naek angkot, pasti dibilangin "Maaf, mbak, mas, kami tidak menerima sumbangan..."
Anyway, met mencoba cara diet gue. Kalo gak cocok, boleh dikembalikan kok (emangnye ngepas baju di Matahari).

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tips2nya bagus..

tp kata2nya agak sedikit ngawur,,
kalo bisa, lebih formal lg

Unknown mengatakan...

Hahaa kata katanya lucu. Cocok jadi humoris 😁. Thanks yah infonya

Posting Komentar