Sabtu, 19 Februari 2011

Aksi Apartemen Belalang Tempur di Student Award

Siapakah belalang tempur? Belalang tempur adalah makhluk kanibal yang gue ciptakan dengan segenap jiwa raga pas gue TA. Belalang Tempur ini berwujud gorila setengah komodo, eh salah...maksud gue berwujud apartemen dan mall yang keren. Untuk kisah TA gue, akan gue bahas di lain waktu. Panjang banget soalnya. Aje Gile. Jari gue bisa bisulan seminggu kalo ngetik segitu banyak.
Someday, ada yang namanya Student Award yang diadain IAI Jateng. Student Award ini bertujuan mengkompetisikan karya tugas akhir mahasiswa se Jawa Tengah. Gue, yang merasa TA gue ini ngabisin duit, berniat mengikuti SA (Student Award, gue singkat biar kagak capek nulisnya) supaya 4,25 juta yang gue keluarin buat TA sejak mulai sampe gue gegar otak itu bermanfaat. Yah setidaknya si belalang tempur ini memberikan timbal balik atas pengorbanan gue, gak sekedar nile A buat TA.
by theway, nama "belalang tempur" ini diberikan pacar gue karena apartemen gue punya sungut. Grrrrr....iya,apartemen gue punya sungut dan mengeluarkan cairan hijau dan berbau (huhuhhuhuhu ngenes deh punya makhluk TA yang berbentuk seperti belalang).

yang namanya Student Award, itu ngumpulin karya TA dalam bentuk file banner 60x120 (2 biji) ama file portofolio 8 lembar dalam bentuk PDF ato JPEG. Untuk banner mah, gue udah punya atu. Bikin satu itu syarat buat wisuda kemaren gitu, jadi gue udah punya sejak jaman Majapahit. Trus tinggal 1 banner lagi. Jujur, gue pusing kalo harus berkutat dengan Korel (Corelnya pake K). Bikin satu banner aja seminggu, apalagi bikin satu lagi, apalagi harus bikin potorofolio..
Tapi dasarnya gue cerdas gitu, jadi gue punya pikiran jahat : Gue bikin banner kayak di iklan hotel berbintang. Cuman selembar polosan ama tulisan dikit. Bekground merah tua, tulisan emas. Waaahhh bakalan elegan abis gitu....Tapi yang gue bingung adalah, maksudnya 2 buah banner itu : banner rangkap 2 ato 2 banner berbeda? Nah lo nah lo...

Untuk portofolio, kepala gue lebih cekut-cekut lagi. Sampe pengen nuker kepala pake panci. Huhuhuhu. 8 lembar akhirnya gue selesaikan dengan pengorbanan darah, keringat, dan air mata dalam waktu 3 hari!! Abis selese itu gue langsung hibernasi di gua saking capeknya.
File dengan total 40an MB jelas nggak mungkin dikirim via email. Gue tungguin ampe kucing gue berubah jadi wangi pun kagak mungkin bisa kekirim. So, dengan langkah yang mantap, gue samperin tu kantor IAI Jateng yang ada di jalan Sibayak. Jalan Sibayak? Di mana tuh. Gue taunya cuman jalan neraka, so gue kalo disuruh ngapalin jalan tu bakalan susaaaahhhhh banget. hrrrrr,,,,,
Tanya pacar gue jawabanya pun kayak gini,
"Jalan Sibayak? Di mana tuh?"
Anjrot! Kalo gue tau mah ngapain gue nanya. Yang bego tu dia ato gue sih.

Gue pun mutusin buat nyari jalan sendiri. Temen gue pernah bikin TA yang ada jalan Sibayaknya di samping lahan yang mau dia bangun. Dan jalan sibayak itu bertemu dengan jalan Sisingamangaraja. So, sesuai otak nalar gue yang agak soak ini, memutuskan untuk berburu di jalan Sisingamangaraja. Tuhan ternyata memudahkan gue untuk menemukannya. Biasanya gue kalo disuruh nyari jalan, bakalan nyasar ampe muterin tempat yang sama 3 kali. Nah hari ini tiba-tiba otak gue bekerja dengan baik, gue menemukan Jalan Sibayak secepat angin topan menerbangkan sapi.
"Kok gak diemail aja?" tanya ibunya di meja kerja, tempat gue ngasi CD TA gue
"File nya kebesaran bu. Gak kuat emailnya, Heheheh..."
Si ibu mungkin berpikir "Gile ni anak, semangat banget ampe nganterin berkas ke sini. Gue sampe terharu..."
Dengan sukses, gue mengantarkan belalang tempur ke medan pertempuran.

Kurang lebih setelah sebulan si belalang tempur bertempur di Student Award, dikabarkan kalo pada Musyawarah Daerah (Musda) IAI Jateng, para pemenang akan diumumkan, pastinya tanggal 19 Februari alias hari ini.
Dan pas gue lagi jalan ama pacar gue, gue menerima sebuah SMS. Pas itu gue ama pacar gue lagi jalan-jalan naek motor. (dia hobi naek motor gue, ini yang kadang bikin gue sebel, karena ngabisin bensin gue...huhuhuhuh). Bunyi SMS mesra itu adalah :
Mbak Kiki, saya dari IAI,
undangan dan berita acara STUDENT AWARDS saya kirim lewat email
Maturnuwun

Berita acara? Undangan? Apa ya? gue lupa...
Inget-inget,,,
Oyaaaa...si belalang tempur!! Rupanya nasibnya udah ditentukan. Ditentukan apakah si belalang bakal dihukum cambuk ato dihukum rajam. Lho?
Gue langsung menyampaikan ke Mas, pacar gue.
"Mas...ade dapet SMS dari IAI nih..." gue lapor.
"Masa? Mana mana? Menang ya?" Mas semangat banget langsung ngerebut hape gue. Idih, gue yang ikutan award kok elu yang heboh?
"Dikirim email nih tapi...."
"Ya ayo dibuka!! Buka laptop sekarang! Ayo ayo!" saking semangatnya ampe mendengus-dengus ni orang.
"Ade gak bawa modem..." kata gue polos
"Pake hape?" gile, belom nyerah ni dia
"Gak kuat lah..." emangnye hape gue tu I-phone? BB? Buat nelpon aja setengah mati apalagi dunlod (kalo ini karena gue selalu miskin pulsa)
"Buka di rumah ya? Nanti mas dikabarin..."
"Iyeee...." iye kalo gue inget.. hahahaha

Sampe rumah, gue membuka email gue. Ada 2 file di situ. Yang satu judulnya "berita acara". Yang satunya berjudul "undangan". Yang berita cara berekstension docx, tapi yang undangan kok shs ya? Gue bingung. shs tu file apaan ya? Gue tanya sana-sini kagak ada yang tau. Akhirnya, karena udah mentok, gue nanya ke Mbah Gugel, paranormal terkeren sepanjang abad. Mbah Gugel memberitau bahwa shs itu file scrap nya ms word/excel. Gue mencoba membuka tu file dengan cara yang ditunjukkan mbah Gugel...en tidak berhasil!
Besoknya, gue ke jalan sibayak lagi buat ngambil undangan...krik krik krik...

Setelah gue buka berita acaranya, ternyata gue....JUARA 3!!!
Oh wow oh wow! Belalang tempur yang gue ciptakan dengan merogoh kocek, ngemis, ngamen, ngejual kucing gue, akhirnya menjadi juara 3 student award!
Muahahahaha....
Yang ada di pikiran gue pertama kali adalah, "hadiahnya apa ya?"

Tanggal 19 februari yang dinanti. Undangan mengatakan gue kudu hadir jam 10.30 di Vina House. Vina House merupakan tempat mewah yang ajaib banget buat gue kunjungin. Ngelewatinnya aja gue kudu menjauh beberapa meter dari gerbangnya saking gue merasa muka gue gak pantes masuk situ. 
Gue berangkat jam 9.45 dengan memakai baju batik kebanggaan, jins, ama sepatu kets putih. Udah gak pantes banget diliat mata. Apalagi masuk Vina House, belum ampe gerbang mungkin gue udah diusir satpam duluan. Baju batik ini satu-satunya baju resmi yang rapi dan baik rupanya. Dia udah menjalani banyak acara mulai dari gue sidang, trus seminar, trus workshop, trus kondangan, semuanya pake baju batik gue yang satu itu.
Oh ya, tadi gue kan nganterin nyokap dulu ke Bu Dul, rumah makan gitu. Nyokap mau beli lauk (dia kagak pernah masak soalnya gue kagak doyan masakannya). Betapa terkejutnya gue ketika melihat PEGAWE BU DUL SEMUANYA PAKE BAJU BATIK PERSIS YANG GUE PAKE. Masyaoloh!!! Baju gue yang gue banggakan ini ternyata dijadikan seragam pegawe rumah makan!! Bleh...
Gue langsung buru-buru ngabur sebelum diseret ke dapur buat masak...

Sampe di Vina House, gue cengok. Wot should i do? Masuk? Abis masuk ngapain? apakah gue langsung duduk? ato gue masuk trus tereak "jangan bergerak! ato saya ledakkan bom di tas saya!!"? 
Abis gue nulis buku tamu, gue cengok lagi. Kok gue gak dikasi seminar kit ya? Ato gue dikira cleanging service? Kagak gue pikirin, gue pun masuk ke dalem ruangan.
Ruangan Victoria (nama ballroomnya) merupakan ruang meeting lumayan gedhe dengan meja-meja dan kursi kayak dikondangan mewah (dikasi taplak ama pita yang imut gitu). Gak penuh sih kursinya, banyak yang kosong juga, tapi entah kenapa suasananya rame. Gue cuman longak-longok aja di pintu masuk. Abisnya, isinya bokap2 semua, gue jadi risih gitu. (sok alim).
"Duduk aja Mbak," kata ibu-ibu yang pas itu nerima berkas gue, yang mungkin terharu dengan gue saat itu.
"Oh iya," gue grogi abis. Sumpah, gue groginya ngalahin sidang TA (kalo sidang TA mah gue bukan grogi, tapi gemetar ketakutan).
"Itu di situ ada juara 1 nya. Mas Jordy," kata si ibu sambil nunjuk ke bangku di pojok kiri, kedua dari belakang. Di situ ada anak cowok putih pake baju putih.
"Iya Bu, makasi," gue langsung ngibrit masuk.
Jordy? Waw kayaknya ganteng nih. Gue jejerin ah. Ganteng. Lumayan buat dikecengin, pikir gue. Gue pun langsung berniat ngejejerin Jordy (semoga pacar gue gak ngebaca tulisan ini).

Jordy, ternyata enggak sebaik yang gue kira. Jordy kan duduk di pojok, gue kalo mau ngejejerin dia harus permisi dulu untuk ngelewatin dia.
"Mas, permisi. mau duduk situ," kata gue sok ramah.
Dia cengok. heran gitu. Dikiranya gue ini sales mau nawarin barang kali ye.
Tanpa berkata, dia berdiri, trus gue buruan masuk.
Gue duduk 2 bangku dari dia.
Hening.
Hening.
Andra Martin lagi presentasi entah apa.
Hening lagi.
Kok dia gak ngajak omong ya? Kalo gue duluan kan kagak seru.
(saat ini cowok gue di rumahnya pasti lagi berdoa supaya gua kagak ngelirik-ngelirik cowok lain)
Gue ngeliat sekeliling. Di depan gue agak serong ke kiri, ada orang yang kepalanya kayaknya gue kenal. Oooo Mas Burhan. Burhan ini kakak kelas gue. Gue kenal ama dia gara-gara pernah ngulang Strukon bareng. (sama begonya ama gue gitu)
"Mas," gue colek tu punggung nya Burhan.
"Ey Kik, sendirian?" tanya dia nengok ke gue
"Iye," jawab gue.
"Duduk sini lho,,," dia nawarin bangku kosong di sebelahnya. Mungkin dia kasian gue jadi patung asmat di situ.
Dan sepertinya, doa pacar gue lebih kuat dari keinginan gue buat nyari kecengan. Gue pindah ke sebelah Burhan dan gue melupakan Jordy....

Burhan dateng ke acara ini karena ternyata disuruh dosennya ngikutin seminar Andra Martin. Jujur, gue malah kagak tau siapa itu Andra Martin. Gue taunya Andra nya Dewa Band. Yang maen gitar ituuu...
Setelah seminar selese, Burhan dan kawan-kawan (kayak gangster kedengerannya), langsung pada pulang. Yah.... gue ditinggal sendirian dan gue pun cuman bengang bengong kayak bagong ampe acara penerimaan penghargaan.

Pas nama gue disebut buat maju, gue langsung gemeter abis. Secara, muka gue tu gak pantes banget menangin ni award. Udah muka geje, bentuknya kayak bemper mobil (karena gue hobi NFS-an), jalannya kayak tentara abis sunat, trus pake baju batik ngembarin pegawe rumah makan. Pokoknya, tak terduga lah.
Gue salaman ama ketua IAI lhooo... (bangga banget gitu)...trus poto-poto...ihiiirrr ihiiiirrr...terkenal deh gueee...

Abis nerima penghargaan, gue ngebuka map yang dikasi. Ada piagam ama AMPLOP!!  Amplop, sodara-sodara!! Inilah yang gue tunggu-tunggu. Mau gue intip, tapi tengsin berat, entar gue dipelototin ama bapak di sebelah gue. Entar kalo dia mergokin gue lagi ngintip amplop, dia bakal berpikir..."Ya Allah, nyari uang jaman sekarang tu susah ya,,,setelah saya melihat anak ini, saya menyadarinya..."
Begitu acara pembukaan musda selese, kita-kita yang di luar anggota diminta untuk meninggalkan ballroom. Gue sih seneng banget udah boleh pulang. Soalnya gue lapeeeerrrr beraaatttt... Gak ada lunch nya, bo!

Gue gak langsung pulang, tapi mampir ke Bundo Rumah Makan Padang. Beli lauk gitu...sekalian NGINTIP ISI AMPLOPNYA!
Di parkiran Bundo, gue ngintipin tu amplop...en jeng jeng jeng...
Jumlahnyaaaa.... nggak ah, nggak gue ekspos...pokoknya bisa buat bayar listrik ama kreditan wajan gue...
Anyway, ini foto mesra dan hot gue bersama si piagam...
Cuit cuit...

Waaa itu deh foto cantik gue...Jangan cuman diliat piagamnya, tapi juga modelnya...
Oya tadi tu gue ke toko bronis deket rumah. Di situ ada REMPEYEK CETUL. Hoeeeeekkkkk cetul tu dalam pikiran gue adalah ikan kecil di got yang makannya tokai ama sampah...
buwweeeekkkk...
Dah gak usah diinget-inget...
Kagak bakal gue beli tu rempeyek..
Dan kalo ada yang ngasi gue rempeyek, gue bakal nanya dulu, "belinya di E*** Bronis bukan?"


0 komentar:

Posting Komentar