Senin, 14 Februari 2011

Tips : Buat mahasiswa arsitek supaya laptopnya berumur panjang

Kali ini gue mau membahas fakta menarik yang terjadi di kampus gue : "Pembunuhan Massal Laptop". Wuidih lebay nih kasus. But, memang nih lagi hot-hotnya terjadi kerusakan laptop di kalangan mahasiswa. Kalo ngga percaya tanya adek kelas gue deh. Kronologisnya nih, biasanya dimulai dengan melemotnya kinerja laptop, abis itu mulai ngadat-ngadat, trus disusul dengan mati mendadak, dan yang terakhir adalah meledak secara dahsyat. (Kalo meledaknya, gue becanda sih).
Pas gue semester 4, laptop gue pun berpulang ke Rahmatullah dengan suksesnya. Dan dia berusia hanya 1 tahun lewat sedikit. "Sedikit" nya itu yang bikin gue kesel. Karena gue nggak bisa mengklaim garansinya. Dan akibatnya, gue harus menjual mayat laptop gue hanya dengan harga Rp 900,000. Kalo dalam dollar Uganda, itu sekitar 237092,0489932732 dollar Uganda (bagi kalian yang berasal dari Uganda). Anyway, Gue pun menyadari banyak kesalahan selama gue merawat si Lepong (Leptop Bolong) gue itu. Pertama, gue kebanyakan manjer dia. Kedua, gue suka biadab ama baterenya. Ketiga, gue nyiksa dia pake pecut. Keempat, gak pernah gue kasi makan (makannya mahal sih, steak paus biru gitu).
Dan sekarang, akibat kejadian mengenaskan itu, gue jadi ahli dalam laptop-melaptop dan santet-menyantet. Dan karena kejadian mengenaskan itu pula, gue jadi sayang ama Santiago (laptop gue yang baru). Nah, sebagai DR. Kiki Irawati, ahli penyakit laptop, ada beberapa cara nih biar leptop kalian sehat walafiat, berumur panjang, dan berwajah cerah. Hmmmm tapi gini deh, gue gak akan ngebahas laptop mahal yang harganya di atas 10 juta (ngebayanginnya aja udah pusing). Karena gimana pun, laptop mahal iti daya tahannya lebih kuat. Sama aja kalo kalian beli pisang lokal ama pisang Brazil. Lebih awet pisang Brazil gitu, karena lebih gedhe (gak nyambung dan garing abis).

Anyway, ini tahap-tahapnya :
1. Beli tas laptop yang tahan air, resleting tahan aer, dan dalemnya empuk. Kalo kalian ke toko tas, minta si embak ngebuka tas displaynya, untuk ngecek apakah tas anda telah sesuai. Berikut ciri-ciri tas laptop yang baik dan berguna :
- Kulitnya tahan air dan bersisik (emangnye uler). Nggak, pokoknya tahan aer. Sukur-sukur bisa beli tas yang bonusnya selubung untuk nutupin pas ujan (gue gak tau namanya, pokoknya itu deh).
- Resletingnya ganda (maksudnya bukan 2 resleting, tapi resleting yang geriginya dobel, jadi aer gak bakal masuk.
- Bagian dalamnya berbusa dan empuk, trus dilapisin kain tahan aer. Lebih baik lagi kalo ada "sabuk pengaman" laptopnya. Jadi, kalo kalian bergoyang-goyang (misalnya kalian ternyata penyanyi dangdut goyang retak-retak), laptop gak bakal goncang.
- Kalo kalian tas punggung, beli yang cangklongan punggungnya terbuat dari busa berlapis yang empuk, trus sambungannya kuat. Karena kalo cangklongannya rapuh, eh siapa tahu, tahu-tahu tu tas jatuh dan laptop kalian tewas dengan mengenaskan.

2. Kalo kalian saking cintanya ngasi softcase buat laptop, pastikan DILEPAS SAAT PENGGUNAAN. Kenapa? Karena softcase ini menghalang aliran udara panas dari leptop. Kasus panasnya laptop, merupakan penyebab kematian tertinggi. (gue ngalamin soalnya, papan ibu dari laptop gue (motherboard) nya mati gara-gara kepanasan). Selesai pemakaian, kalo bisa jangan langsung dibungkus karena tu laptop masih agak-agak panas membara membakar dada (Bung Tomo ini mah)

3. Pakai cooling pad yang sesuai. Kalo laptop 14", jangan pake cooling pad 10" nanti ambrol tu cooling pad. Pilih yang kipasnya banyak, karena merata di tiap ventilasi.

4. Pastikan lokasi ventilasi terbesar dari laptop (kalo nggak di belakang layar ya di samping-samping. Kalo ventilasi di layar LCD nggak mungkin. Kayak sauna entar. Saat pemakaian, jangan sampe ventilasi ini tertutup ato terhalang sesuatu. Karena sekali lagi, entar udaranya nggak ngalir.

5. Gunakan laptop di atas tempat yang rata dan keras. Jangan digunakan di kasur (pengalaman buruk gue), jangan digunakan di kursi, jangan digunakan di atas bak mandi, jangan digunakan di atas jalan raya karena bisa ketabrak. Yeah, pokoknya pastikan ventilasi ngalir dengan baik dan hindari KASUR. Hobi anak arsitek kalo idupnya udah di ambang batas, dan tugasnya udah di ambang kehancuran, biasanya ngegeret tu laptop ke kasur biar bisa sambil tiduran. Ato kalo ketiduran, bisa ketiduran di tempat yang nyaman. Kalo mau ngegeret laptop ke kasur, tarohlah di atas meja gambar ala anak-anak (yang pendeknya amit-amit itu), supaya kalian bisa tetap menikmati surga kasur tapi tetep menjaga kehormatan laptop.

6. Beri kipas angin pada ventilasi. Pastikan laptop anda tetap dingin suhunya dengan memberikan moncong kipas angin yang indah ke dekat ventilasi. Beli aja kipas angin kecil, sukur-sukur bisa beli yang gedhean. Kalo yang gedhean manfaatnya 2 : "ngipasin laptop" ama "ngipasin yang make laptop". Kerasa sih perbedaan suhu antara pemberian kipas angin dan enggak. Ohya, lebih baik kipas anginnya dikasi gantungan pengharum ruangan. Kenapa coba? Biar bau keringet kalian yang bacin tertutupi oleh wanginya udara kipas angin. yah itung-itung memperbaiki kondisi bau di kamar dan sebagai parfum yang praktis (bau wangi dari angin kipas angin bisa menempel di tubuh).

7. Lepas batere saat menggunakan untuk waktu yang lama (melebihi kapasitas batere). Kalo kira-kira nggak lama (maksimum sejam) bisa dengan batere aja tanpa dicolokkan. Pokoknya, hindari MENCOLOKKAN KE LISTRIK DENGAN BATERE TERPASANG. Karena itu akan membuat batere cepet ngedrop. Padahal yang namanya laptop, harganya 1/5 sendiri buat batere. Dan purna jual laptop ngedrop akan jatuh dibandingin laptop yang baterenya masih oke. Kalo mau pake batere, ya batere aja. Kalo batere abis, matikan laptop, barulah di charge.

8. Kalo kalian anak arsitek dengan budaya, memakai laptop buat lemburan belasan jam, jangan dipanjer terus. Misalnya kalian mau olahraga lari 12 jam nih (bunuh diri ini namanya). Gak mungkin kalian bertahan lari selama 12 jam full, pasti butuh istirahat. Nah, laptop nih meski gak bernyawa (jadi kalo ngebunuh gak dosa), tapi mereka perlu istirahat. ISTIRAHATKAN LAPTOP SELAMA 1 JAM SETELAH PEMAKAIAN 4 JAM. Jangan dipaksakan ya. kalian mau nggak kalo dipaksa lari 12 jam full? Kagak mao kan? Gue nih dibayar 1 M pun ogah lari 12 jam. Kalo larinya bisa dijokiin, gue mau deh. Muahahahah

9. Kalo kalian berniat untuk apgred laptop di kemudian hari dan laptop kalian ini bakalan dijual, jangan lupa beberapa hal yang terkait purna jual. Kalo batere, jelas, jangan sampe ngedrop. trus nih, yang urgen lagi adalah LCD. LCD yang tergores bakal berkurang banyak harganya. So, rawat LCD baek-baek. bagi kalian yang merupakan manusia setengah kucing, jangan suka mencakar LCD anda. Oke.
Gimana cara ngerawat LCD ?
Pertama, kasi protektor. Bisa dibeli di mana-mana. Sebaiknya, minta dipasangkan yang ahlinya. soalnya nih, kalo masang sendiri suka nggak pas. Kan bisa berabe tuh kalo kusut di tengah-tengah. Gak seru kalo buat nonton bokep. Hasyah.
Kedua, beli larutan pembersih LCD. Biasanya dijual dalam satu paket bersama lap dan kuasnya. Lap setiap 3 hari sekali (kalo maniak) dan minimal seminggu sekali (kalo males). Cairan ini bisa ngilangin noda-noda busuk kayak cipratan iler, remah-remah makanan, muntahan (kalo tiba-tiba masuk angin trus muntah-muntah), ingus (kalo suka bersin-bersin sembarangan), upil (kalo hobi ngupil dan gak punya tempat ngelapin upil), dan noda-noda lainnya, kecuali noda hitam di muka kalian.
Ketiga, hindarkan adegan MAKE LAPTOP SAMBIL MAKAN. Wuih laptop kalian bakal menyerupai tong sampah. remah-remah di mana-mana, noda lemak, noda minyak, coklat, dan disgusting stuff lainnya yang kurang sedap kalo dibahas atu-atu
Yang perlu dijaga lagi kebersihannya : keyboard, mouse, dan body yang rawan goresan. Usahakan diberi lapisan supaya nggak nggores-nggores en mudah dibersihkan.
Bagi yang ingin laptopnya bertahan hingga akhir hayat sih gak perlu merhatiin penampilan. tapi bagi yang pengen tuker tambah ato tuker kurang (bangkrut dan akhirnya beli laptop yang lebih murah), perlu memperhatikan penampilan karena menyangkut harga pasca pemakaian

10.  Jangan terlalu sering menggunakan DVDRW kalian untuk menyetel film bajakan dan software bajakan. Karena bisa mempercepat kerusakan optiknya (pengalaman gue juga, DVDRW dan webcam gue gak berfungsi)

11.  Kalo mau lebih awet, gunakan speaker ato earphone kalian untuk ngedengerin lagu/film, daripada menggunakan spiker built in nya laptop.

12. Kalo buka tutup laptop, hati-hati ya. Jangan kasar-kasar. Jaga engsel dan magnet baik-baik. Karena engsel juga rawan rusak kalo ngebuka-tutupnya kayak ngebuka tutup tong sampah, asal jebrat jebret.

13. Kalo nyolokin USB, pelan-pelan ya, jangan sampe rusak bolongannya
14. Kalo masukin dan ngeluarin memory card, harus sesuai aturan. Jadi, masukinnya langsung BLESSS AAHH.. tapi kalo ngeluarinnya dipencet dulu. Karena pernah nih temen gue, ngeluarinnya langsung narik dan apakah yang terjadi? JREEENNGG.... kawat-kawat entah apa berhamburan dari dalam slot Memory Card. Rusak kan itu motherboardnya. Huhuhuhu nangis deh (untung bukan gue, tapi temen gue)...muahahaha

15. Pastikan adaptor laptop beserta kabel-kabelnya terawat baik dan selalu ganteng
16. Kalo VGA CArd kalian tidak cukup kuat untuk maen game-game berat, jangan paksain ya. Buat nonton bokep aja. Muahahaha. gak. Maksud gue, kalo vga nya gak mumpuni, jangan panjer penggunaannya. Bisa gaswat nanti dia rusak. Nangis deh lo.

Yap, itu tadi cara-cara bijak menggunakan laptop. Semoga bisa dipraktekan. Anyway, kalo udah bosen ama laptop kalian, kasihin gue gih. Lumayan gue jual bisa buat nyicil kreditan sprei gue. hahahahah.
Gue lagi nungguin pak Indri nih. Lama juga ya...Udah sore, jam 5 gitu. Biasanya jam segini gue kudu menjalankan kewajiban gue di rumah sebagai umat beragama : nyuci piring.
Huhuhuhuhuhu... untung Mbak Ning masih ada nih. Jadi gue bisa ditemenin. Mbak Ning, bagi beng-beng nya dong. Kalo nggak, bagi silver queen nya.
Omong-omong soal silver queen, bagi kalian yang merayakan valentine, gue ucapkan selamat merayakan. gue sih gak merayakan. Tapi minta coklat ama pacar gue. Pacar gue juga gak ngerayain, tapi bisa dimintai coklat dengan cara begini :
Gue : "Mas, hari ini palentine lhooo..."
Mas : "Mas gak merayakan sih...kita kan sayangnya tiap hari, gak cuman 14 februari" (ini dia lagi ngegombalin gue, gak usah didengerin.
Gue : "Iya sih... Tapi di ADA banya coklat lho. Lucu-lucu. Enyak enyak. Ada yang pink-putih gitu. Enak deh kayaknya..."
Mas : "Ade mau coklat?"
Gue : "Hehehehehe...." (ketawa dengan ekspresi "iyaaaa gue pengeeen banget" sambil ngiler-ngiler)
Mas : "ya, entar takbeliin coklat..."
Gue : "Makaci..." (dengan imut, tapi di dalam hati "waseeeeeeekkkk....horeeee..yes!yes!)
tapi akhirnya, gue dapetnya bukan coklat tapi Ayam Bakar Bumbu Bali....Huhhhuhuhuhu gak nyambung akh...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ini lucu!!!

Posting Komentar