Selasa, 15 Februari 2011

Tips : Buat mahasiswa supaya mata selalu terbuka saat mengerjakan tugas

Selamat pagi duniaaaa yang fana....Semarang nih, pagi-pagi udah numpahin aer satu gentong alias ujan deres. Pagi gue jadi berasa dingin kan...gue jadi gak bisa jogging kan... (Halah padahal emang males jogging). So, gue langsung nyetel tipi aja... En, gue melihat fakta menarik di tipi : Film Joshua oh Joshua diputer di anteve. O em ji...jadul banget yee... gue langsung aja nonton.. mengenang masa muda gue yang gelap gitu. Setelah menonton kurang lebih satu jam lewat, gue berpikir, kok dulu gue seneng banget film kayak gini ye? Dulu gue nonton tuh ya ampe berkali-kali. Ampe nyokap gue kepengen nitipin gue di bioskop dan dirawat embak-embaknya bioskop, biar bisa nonton tu film oldeilong. Dan sekarang juga gue bertanya, apa jadinya kalo si Joshua nonton filmnya dia ini? Dia pasti akan nangis darah sambil bilang, "Mamaaaa apa yang telah aku lakukan dulu? Mengapa aku seperti itu mamaaa? Kenapaaaa???"

Setelah menonton Joshua ampe mata gue belo sebelah, gue pun memutuskan : nggak ngapa-ngapain. Mumpung hari ini libur, gue pengen gak ngapa-ngapain. Kalo biasanya gue males, sekarang gue pengen males parah. So, gue buka blogger en ngetik sekenanya.

Gue keingetan sesuatu hari ini : Udah lama gue gak bikin tugas arsitek. Hahahahah. Pengen nostalgila gitu. Pengen ngebuka file tugas gue. Bagi adek-adek gue yang sekarang masih idup di dunia perkuluahan arsitek, jangan ngebenci tugas-tugasnya, karena suatu saat kalian akan merindukannya. Gue merindukan sih, tapi kalo disuruh ngerjain lagi juga sori kenceng.
Di PC gue, apalagi di leptop gue, udah kagak ada file tugas sama sekali. Gara-garanya hardisk PC gue, harus diformat ulang semua partisinya. Jadi ya gue harus merelakan para tugas berpulang ke pangkuanNya. (sebenernya gue ikhlas, malah pengen menyingkirkan secepat mungkin).
Andaikan gue bisa membuka file-file tugas , inilah yang aku kenang dari mereka :

Misal, gue buka tugas Strukon 5, "waaah ini tugas yang bikin gue mati segan hidup tak mampu..."
trus tugas MKA, "waahhh kalo ini tugas yang menyebabkan korban jiwa seekor kelinci putih-coklat yang dibeli di Simpang Lima..." (bener lho, kita ngerjain MKA ampe kelincinya temen gue mati...)
trus tugas Metoris... "No comment lah, tugas ini membuat gue berjalan dengan otak di pantat, paru-paru berubah jadi insang, rambut berubah jadi jengger, tangan bertambah jadi delapan dan bertentakel, dan gue berjalan melata...Parah lah pokoknya, sampe gue berevolusi saking gilanya.."
trus tugas TRD, "Ini?? Ini kutukan terbesar dalam hidup gue."
trus tugas akhir alias TA... "Gue udah gak bisa ngomongin, karena yang bisa berbicara saat itu adalah idung dan pantat gue (baca : pilek dan diare parah).."

Tapi yang gak bakal kelupa dari semua kisah itu, yang gue inget adalah : LEMBUR. Memang, dalam postingan gue sebelumnya, gue berusaha untuk menghindari lembur. Tapi, pernah sekali dua kali tugas memaksa gue lembur (sambil nodong pake golok gitu). Pas Eksplorasi TA misalnya. Meski gue udah merancang mengerjakan selama 7 hari, ternyata 7 hari itu pun diwarnai lembur. Full lembur. Saking banyak dan rumitnya gambar yang harus gue buat, plus maket, plus ngelipetin kertas gue yang A2 jadi A4, plus nganter anak gue imunisasi (hah?).

Meski kalian gak lembur pun, pas ngerjain tugas pasti kalian mengalami ini : Kejenuhan, pengen ngebakar komputer dan kertas-kertasnya. Kalo gue sih bukan ngebakar komputer sendiri, tapi ngebakar komputer tetangga. Di tengah-tengah ngerjain tugas, pasti terjadi gejala-gejala kelelahan amat sangat seperti mata mulai tertutup perlahan (atau cepat), kepala pusing, pengen muntah, badan kaku, perut mulas dan mengeluarkan angin bertubi-tubi, mulut mengeluarkan busa, berhalusinasi (halusinasi yang umum terjadi : tugas sudah selesai trus nikah ama Rihana), dan sangat amat berhasrat untuk membunuh orang. Nah, untuk mencegah terjadinya kelelahan akibat tugas dan pembunuhan massal umat manusia di kawasan tembalang, so gue akan ngasi tips-tips keren. Cekidot yah :

1. Beristirahat setiap 3-4 jam bekerja. Istirahatnya gak usah tidur, tapi cukup angkat kaki dari hadapan komputer ato kertas gambar. Tengok aja ke jendela, liat pemandangan bagus, ato liat cewek cantik sexy bohay jalan-jalan, ato liat kucing kawin, ato liat tetangga sebelah berantem cakar-cakaran. Anything. yang menyenangkan dan menyegarkan. Istirahat maksimal 30 menit aja udah cukup kok. Tapi inget ya, selama bekerja DILARANG MELAKUKAN HAL LAIN, fokus aja. Kan lebih menyenangkan.

2. Kalo nggak 3-4 jam, bisa dengan taktik "setiap 1-2 pekerjaan selesai". Misal, setiap bikin 1 denah selesai, kalian istirahat 10 menit. Trus lanjut lagi. Kalo udah selesai 1 kerjaan lagi, istirahat 10 menit lagi. Dijamin nggak capek deh.
IMPORTANT (bukan IMPOTANT) : pas ngerjain tugasnya, harus fokus ampe selese. Jangan disambi ngerjain apapun apalagi disambi makan duren. Kagak selese-selese.

3. Konsumsi gula. Maksud gue bukan ke dapur terus nuang setoples gula ke mulut kalian lho. Gula itu mahal. Maksud gue, konsumsi makanan/minuman yang mengandung gula. Konon, gula itu nutrisi buat otak yang paling utama (tsaaahhhh sok pinter biologi). Gak usah minum kopi, gak usah ngerokok, gak usah minum minyak tanah, cukup dengan minum teh, makan permen, ato bagi yang hobi ngemil, bisa makan kue-kue. Kalo gak punya kue, ambil gula+tepung+telur+susu, masukkan ke baskom trus dimakan sampe habis. Muahahahaha..
Hmmm untuk konsumsi gula ini, gak usah banyak-banyak. Energi yang terkandung dalam 2 sendok gula udah sama dengan 1 buah permen sugus. Kalo kebanyakan entar malah kena penyakit diabetes melitus (kepanjangan dari : DIAre BErkepanjangan, peruT mulES dan MEliLIT TerUS). Hati-hati!! Obat diare mahal harganya!! Apalagi kalo diarenya menyebabkan anda tidak bisa terpisahkan dari kloset!!
Kadang nih ada yang punya kebiasaan. "Gue kalo gak ngerokok, ngantuk" ato "gue kalo nggak ngebacok orang, gak bisa ngerjain tugas". So, coba ganti rokok, kopi, dan golok anda dengan permen atau teh. Mungkin lebih baik.

4.  Jika mata mulai tidak bersahabat, mulai memerah, mengantuk, dan bola mata berubah jadi putih, itu tandanya mata mulai lelah. Cara untuk menghilangkan ini adalah dengan : Lari ke kamar mandi terus masukin kepala ke kloset!!....eh salah,,,ke kamar mandi terus cuci muka..
Cuci muka berfungsi untuk menghilangkan kantuk. Kalo semasa SD kalian mengalami kebiadaban kayak gue (baca : suka ketiduran di kelas), biasanya bu guru akan ngamuk trus nyeret ke kamar mandi buat cuci muka.  ternyata bu guru gue ada benernya juga. Kalo gue jadi bu guru, murid gue yang ketiduran bakal gue seret ke kamar mandi trus gue jegurin ke bak mandi!! Muahaha...

5. Cuci muka bisa diganti dengan kompres dingin. Kalo mata capek dan sakit, kompres dengan air dingin. Caranya : Masukin kepala ke freezer. Muaahahahah. Nggak kok, cukup dengan nyiapin baskom berisi air dingin. Trus masukin waslap/sapu tangan/kain/lap pel/sikat WC ke dalam baskom, peras airnya, dan letakkan di mata kalian. Ingar!! Matanya jangan lupa ditutup dulu. Oke.

6. Kalo kepala mulai pusing, cukup gunakan kompres air hangat. Caranya kayak di atas, tapi airnya anget dan kompresnya diletakkan di bagian kepala yang sakit, jangan ditaroh di udel.

7. Selalu menyetel lagu-lagu yang gembira dan bersemangat. Jangan nyetel lagu sedih, nanti jadi nangis bombay. Jangan nyetel lagu melo, nanti ketiduran. jangan nyetel lagu pemakaman, nanti didatengin sundelbolong. Gue kagak takut sundelbolong. Gue cuman gak mao si sundelbolong pamer-pamer punggungnya yang gerowong dan penuh belatung. Kalo dia pamerin gitu, gue mau pamer balik. Pamer punggung gue yang panuan.

8. Pastikan jam ngantuk kalian yang paling rawan. Gue selalu menyadari kalo gue tu bakal ngantuk parah jam 9-10 dan jam 1. Di luar itu, jiwa-raga gue seseger atlet angkat besi. Kalian perhatiin bener jam biologis itu. Usahakan pada jam itu jam yang akan kalian rencanakan untuk berisitirahat. INGAT!! Jangan gunakan istirahatnya buat tidur, entar kebablasan ampe pagi. Tapi gunakan untuk beraktivitas yang menyenangkan di luar tugas, misalnya ngegame, nonton tivi, nonton film Ju-On, telpon pacar (kalo dia masih bangun, salah-salah yang ngangkat entar jin di rumahnya), ato makan. Lakukan aktivitas menyenangkan itu maksimal 30 menit.

9. Jauhkan diri dari kasur. Bantal boleh, tapi jangan kasur. Ngerjain tugas, jangan deket kasur. Lakukan di meja belajar, ruang keluarga, garasi, kebon singkong, hutan belantara, anywhere yang penting jangan di kasur. Karena kasur itu memberikan efek psikologis yang buruk. Kasur itu ngajakin buat tidur. Kasur itu iblis pokoknya.
Kalo perlu, buang kasur kalian, ganti dengan meja setrika!! Muahahahaha....

10. Buat sekeliling kalian berasa menyenangkan dan menyemangati. Misalnya, dengan memajang poster aktor ganteng di depan meja belajar, naroh foto pacar di komputer, majang foto selingkuhan, foto badak bercula, ato gambar pembunuh berantai bawa samurai. Pilih lampu yang terang. Jangan sekali-sekali mematikan lampu kamar saat pake komputer, karena : pertama, mata bisa rusak. Kedua, bisa membuat mata terdorong untuk tidur, dan Ketiga, gelap itu mengundang setan. Gue selalu parno kalo di tengah kegelapan, tau-tau ada putih-putih melambai di samping gue dan pas gue nengok, itu ternyata adalah...dasternya nyokap. Jeng jeng jeng. Parno abis.

11. Buat tulisan yang menyemangati atau memaksa kalian bersemangat. Pas jaman gue kuliah (jaman paling terpuruk), gue nulis di dinding depan muka gue "Kalo gue cumlaude, gue bakalan terkenal dan naek panggung pas wisuda". Didorong keinginan untuk naek panggung pas wisuda, gue pun selalu bersemangat mengerjakan tugas. Meskipun pada akhirnya, semua anak ternyata naek panggung, gak peduli kumlaud ato enggak. Huhuhuhuhu...

12. Kalo mata, badan, dan jiwa kalian udah di limit terendah kemampuannya, segeralah beristirahat. Kalian enggak mau mati konyol kan? Ingat!! mati saat mengerjakan tugas itu bukan mati pahlawan lho. Kalo mati saat sidang, itu mati sia-sia. Kalo mati saat wisuda, itu mati nanggung. Kalo mati setelah lulus, itu takdir. So, jaga kesehatan baik-baik, tetap banyak makan, dan jangan banyak utang!!

Wuaaah 12 poin yang menggugah jiwa dan menggugah para mayat untuk bangkit dari kubur tadi, semoga bisa membantu yah. Semoga juga bisa menyelesaikan tugas dengan baik tanpa sakit badan maupun sakit jiwa.
Oya, tadi gue abis ke ADA gitu. trus beli ayam balado yang warnanya merah membara gitu.
Dan pedesnyaaaa....ajiiiiiiibbbbbb...lidah gue kebakaran nih, ampe pengen mangap di dalem freezer. Huh hah!!
Doa gua malam ini : "Semoga besok gue kagak mencret"...

0 komentar:

Poskan Komentar