Minggu, 13 Februari 2011

8 bad habits ala orang Indonesia

8 bad habits. Dari namanya udah ketahuan kalo kita akan membahas "8 kelinci jelek".... Tunggu, itu rabit, bukan habit. Yang benar kita akan ngebahas "8 kebiasaan jelek". Kalo john maxwell ngomongin 7 habits tentang apa gitu (gue lupa pokoknya gue ngeh ama tu buku kalo denger kata 'habits'), gue akan ngomongin habits jeleknya orang Indonesia. Gue gak berniat ngejelekin bangsa gue. Tapi, budaya-budaya yang terbentuk di masyarakat ini yang bikin bangsa kita enggak maju-maju (tsaaaah gaya banget ngomongnya). Ada kira-kira 8 kebiasaan yang mau gue kupas atu-atu.

1. Kebiasaan jelek pertama adalah... GAK PERNAH ONTEM. Bagi masyarakat kita nih, jam itu udah berasa nggak penting. Acaranya jam 1, datengnya jam 2. So, kalo gue mau ketemuan ama temen-temen, mau miting, mau ngumpul, harus memberikan waktu janjian SATU JAM LEBIH AWAL. Karena gue yakin seribu juta persen, pasti pada molor sejam. Lama-lama gue mikir, Indonesia mungkin udah nggak perlu produsen jam lagi. Tutup aja semua pabrik jam di negara ini, dan gunakanlah jam matahari!! Muahahahah
Pernah denger istilah ini : "Rejeki tidak akan menunggu orang yang terlambat". Jadi, semakin kita sering telat, semakin gak ngehargain waktu, rejeki kagak akan ada yang mampir karena semuanya BABLAS. yah to yah to.

2. Kebiasaan jelek kedua adalah....OMONGAN TIDAK BISA DIPEGANG. Segala bentuk janji, bisa batal semua karena orang-orang cenderung omong doang. Mau gini mau gitu, ternyata gak ada yang dilaksanakan. Ato, sering terjadi ketidakkonsistenan. Hari ini bilang "iya", besok bilang "enggak". Hari ini sama istri tua, besok sama istri muda (oh salah kalo ini selingkuhan namanya). Dan gue rasa, indonesia butuh lebih banyak notaris lagi. Kenapa? Karena kayaknya nih, segala bentuk janji di antara kita-kita perlu dilakukan dengan sah dinotaris, biar gak dilanggar-langgar.

3. Kebiasaan jelek ketiga adalah....MALES. Yah serem dah kalo ini. Berasa udah mendarah daging gitu. Dan ini alasan kenapa orang Indonesia gak kaya-kaya. Karena males kerja berat, males bangun pagi (hahahaha gue banget), males bikin PR (gue rajin bikin PR lho, tapi minta tambahan uang jajan ama nyokap dulu), males naek angkot (apalagi kalo punya pacar bermobil), males bergerak (ciri-ciri bekicot), dan males-malesan seharian. Apalagi nih kalo udah hari Jumat. Pegawe-pegawe bawaannya pengen pulang cepet, trus jalan-jalan, pacaran, tidur, padahal belum kelar. Fakta menunjukkan : etos kerja di kantor-kantor mulai menurun di hari Jumat dan anak-anak sekolah mulai gak fokus belajar di hari Sabtu. Trus fakta laen yang menunjukkan kemalasan : Adanya pepatah "I hate monday" didukung dengan ogah-ogahan berangkat kerja/sekolah di hari Senin. Hmmmm parah ya. Kalo gue nih selalu punya pepatah "I love monday" karena hari senin itu KFC ada paket yang murah. Hahahaha
Dan budaya males ini kalo dibiarin, bakal merembet ke mana-mana misalnya, jadi maling, jadi copet, tukang nyontek, tukang ngebet, dan tukang pukul orang (hah kalo ini mah pembunuh bayaran).

4. Kebiasaan jelek keempat adalah... MELANGGAR PERATURAN ITU BIASA. Gak di kampus, gak di sekolahan, gak di jalanan, di mana ada peraturan yang bisa dilanggar ya harus dilanggar. Itulah budaya kita. Liat aja kalo di lampu merah. Lampunya udah jelas-jelas merah masih ditabrak. Kalo gue jadi presiden RI nih, gue bakal ngasi terobosan baru : "Lampu merah di jalanan diganti ama pager listrik!! Jadi kalo udah waktunya berhenti, jalan akan terhalang pagar listrik dan kalo nerabas bakal kesetrum!!! Nyahok!". Budaya jelek tentang pelanggaran aturan ini ngebuat masayarakat tumbuh jadi orang-orang yang seenaknya, gak punya aturan, gak punya unggah-ungguh dan menganggap semua yang dilakukannya adalah benar.

5. Kebiasaan jelek kelima adalah....GAK PEDULI AMA KEBERSIHAN. Jalan-jalanlah ke sungai/kali terdekat. Lihatlah penyimpangan antropologis sungai yang terjadi di situ. Sungai yang dulunya tempat air mengalir dengan ekosistem di dalemnya, sekarang berubah fungsi jadi tong sampah skala besar. Trus nih, rupanya masyarakat kita itu punya minat melukis yang sangat tinggi. Lihatlah ke tembok-tembok, pasti isinya grafiti tulisan-tulisan bijak. Huhuhuhuhu gue nih, pernah untuk pertama kalinya lewat terowongan jalan tol yang baru dibangun. Perasaan baru kemaren tu terowongan jadi, eh hari ini temboknya udah dihiasi coretan-coretan menawan. Ckckckckck. Kalo mau menyalurkan bakat menulis dan melukis, silakan beli kertas gambar di warung terdekat!!

6. Kebiasaan jelek keenam adalah....SELALU INGIN LIBUR. Misalnya nih, hari selasa libur, pasti hari senennya minta diliburin sekalian. Entar kalo hari kamis libur, hari jumat juga dituntut untuk sekalian libur. Yah kapan kerjanya neng?

7. Kebiasaan jelek ketujuh...SUKA NONTON KECELAKAAN.. Gue nih baru aja ngelewatin lokasi kecelakaan di deket Giant Kagok. Macetnya alamaaaakkkk panjaaaannnnggg banget. Pas gue ngelewatin TKPnya, rupanya korban sudah di trotoar, di jalan itu sudah enggak ada apa-apa. Tau nggak yang bikin macet apaan? PENONTON. Jadi pengendara lain tu sampe brenti, markir motor, trus nonton. Aje gile. Yang nolong cuman beberapa orang, yang nonton puluhan. Hebat ya!! Kalo cowok gue bilang, itu namanya "Wisata Tabrakan". Jadi kecelakaan lalu lintas dijadiin tempat wisata. Lah, buat apa gitu orang lagi kesusahan kok malah jadi tontonan?

8. Kebiasaan jelek kedepalan...GAK MAU NGANTRI. Contoh kecil kalo kita di warung. pasti banyak yang nyela-nyela. trus kalo di minimarket, harusnya kan kalo mau bayar ke kasir kan ngantri. Ini enggak. Banyak yang dengan santenya, naroh belanjaan di depan orang yang lagi transaksi. Gue punya ide nih buat kasir-kasir minimarket. Yang nyela antrean, dibakar!! Hahahahha ekstrim banget. Anarkis. But, masalah antrean ini masih jadi problem sih. Gue selalu mendukung lagunya Project Pop yang "antrelah di loket...untuk beli tiket...siapkan dompeeet...awas ada copet...". Hahahaha lagu ini punya 2 makna : "Masyarakat kita masih kudu menggalakkan budaya antre" dan "banyak copet di negara ini".

Yah that's all ceritanya. Bagi yang mau nambahin, bisa kok. Ato mau nyangkal juga boleh. Yang penting nih, kalo kita ngerasa punya habit yang gak bagus kayak di atas, segera perbaiki bareng-bareng. Gue sih ada noh. terutama point 3, terutama masalah bagun pagi...HUhuhuhuhu tapi dalam postingan sebelomnya, gue udah berjanji mau tobat dari kebiadaban itu.

Merdeka!

1 komentar:

Nasyiin Faqih mengatakan...

Satu lagi : ga suka Membaca. ya toh... lebih baik pada ngrumpi ngalor-ngidul dan nonton TV dari pada membaca. Beda banget dengan budaya jepang. Kalo saya gak, kan udah baca postingan ini :)

Posting Komentar