Kamis, 14 Maret 2013

Tips Hidup Super Hemat ketika Kemampuan Bertahan Hidup Lo Diuji

Haaayyy.. malam2 bohay gini gue masih melek. Rupanya gue lagi mengalami Syndrom "Gak Mau Ngapa2in". Penyakit yang gak berbahaya buat jiwa tapi berbahaya buat nilai2 kuliah gue ini biasanya disebabkan karena gue lagi galau, baik karena cinta, uang, maupun sembelit berkepanjangan. Okeh, yang gue alami saat ini : Galau Uang dan Galau Karena Sembelit. Yok. Sebenernya kedua kegalauan gue ini saling berkaitan. Begini teorinya :

Gue Gak Punya Uang = Gue Gak Punya Makan = Gak Ada yang Masuk ke Perut = Gak Ada yang Dikeluarin
Nah, gue tau kenapa sekarang gue sembelit! UANG!

Ceritanya, gue beberapa mingguu lalu masih hidup cukup layak, meskipun nggak layak2 banget karena mulai terjadi gejala alam luar biasa, misalnya :
1. Kulkas Gue kosong, sampe bagian kulkas gue diisi sama barang2 punya temen gue (nampak kesenjangan sosial yang terjadi di kulkas).
2. Gue mulai telat bayar kos. Biasanya gue bayar tanggal 15, ini gue bayar kalo si pemilik rumah udah melototin gue
3. Gue gak pernah masuk restoran ato cafe, masuknya cuman kalo mau masukin CV sama lamaran kerja, trus disambut sama SPG nya dengan muka bete
4. Gue lebih sering mengasingkan diri di perpus karena di sana gue gak liat makanan, hanya buku. Laper gue langsung ilang.
5. Gue mulai jarang bersihin kamar gue (biasanya juga gitu sih).
Nah beberapa minggu ini gue mendapat kabar yang tai banget dari pemberi beasiswa gue. yah biasalah, orang indonesia, kalo ngasih duit susahnya setengah mati, kalo nagih duit ampe liang kubur juga dikejar (gue ngebayangin ada orang meninggal di dalem peti, didatengin debt collector, ditagih sambil dicekek2).
Gue resmi nggak punya uang. Uang gue tinggal buat bayar kos bulan ini, makan hemat (kalo bisa disebut sebagai "makan", karena menurut gue gue hanya "memasukkan sesuatu ke perut untuk membungkam lambung yang berteriak2"). Nah karena nyawa gue udah tinggal diujung jalan, gue menerapkan beberapa prinsip hidup hemat dalam keseharian :

TIPS HEMAT (yang agak sengsara) ALA KIKI IRAWATI :
1. TELOR ITU DEWA. Apapun kegiatannya, digoreng, dibakar ato dimakan mentah2 sekulit2nya, TELOR adalah makanan kaum proletar yang paling enak. Gue beli di sini 1,08 euro udah buat 1 minggu (lebih kadang). Kalian ngga perlu ayam, ikan, atau daging burung onta untuk menjadi kenyang dan tercukupi asupan proteinnya. Kalian cuman boleh makan 1 telor dalam satu hari. Bukan karena alasan kesehatan, tapi alasan KEHEMATAN. Kalian punya jatah 10 butir buat seminggu. Ingat itu! Saran gue, masaklah telor dadar karena itu bakalan keliatan gedhe dan mengenyangkan.
2. PAIN AU CHOCOLAT. Bahasa indonesianya, roti coklat. Di sini gue punya langganan abadi pain au chocolat nya lidl. 1,35 euro isi 10, lebih gedhe dari punya carefour, dan lebih enak (agak subjektif karena menurut gue, gue menganggap itu enak karena itu satu2nya jenis kueh2an yang bisa gue makan). Makan 1-2 biji pain ini udah bisa ngganjel perut kamu.
3. PISANG DISKONAN. Pisang itu ganjal perut paling markotop (menurut Kiki dalam blognya, 2013). Pernah gue sehari makan pisang 3 biji (pisang doang, tanpa makan yang laen) dan gue kenyang. Tapi besoknya gue 3 kali ke WC. Anyway, di luar gue jadi mencret, gue yakin 100% pisang adalah buah yang cocok untuk mereka yang hemat. 1,25 euro per kilo di lidl, bisa mencukupi asupan buah2an.
4. CHIPS DISKONAN. Kalian ngga mungkin hidup tanpa cemilan. Cemilan yang rajin gue beli adalah chips nature (yang rasanya cuman kayak kentang ditaburin garam), cuma 0,50 euro di lidl dan itu dapetnya gedhe banget, bisa buat ngemil seminggu.
5. KENTANG ATO BAGUETTE. Nasi itu memicu pemborosan, jika kalian tinggal nggak sendiri. Kalo kalian tinggal sendiri, kalian masak nasi, makan dikit, simpen di mejik jer, bisa buat 3 hari seterusnya. Kalo tinggal di rumah rame2, kalian bakal mendapati mejik jer itu kosong keesokan harinya. Selain itu ribet banget. Gue masak. Nggak abis, harus gue pindahin, simpen kulkas, trus besok gue angetin, bla bla. Ribet dah. maka gue sarankan beli kentang tinggal goreng 1,50 euro sekilo di DIA, bisa buat seminggu. Ato baguette 0,6 buat 3 hari. 2 jenis makanan bule itu gue akuin nendang banget (kayaknya perut gue mulai terbiasa dengan porsi melarat).
6. LANGGANAN SEPEDA. Kamu nggak bakal tau kamu bisa bayar langganan bis sampe kapan. Gue punya filing suatu saat gue gak bisa bayar abonemen bis gue, karena gue kudu ngerogoh kocek 28 euro sebulan. Karena itu gue melancarkan aksi : langganan sepeda Lyon 15 euro setahun. Jadi kalo gue gak bisa bayar bis, gue masih bisa naek sepeda. Naek sepeda dari rumah gue ke kampus itu 1 jam dan itu gue rasanya kayak orang sakratul maut. Tapi sekarang gue udah biasa, gue mulai membiasakan tangan, kaki, pantat, sama paru2 gue buat menerjang Carre de Soie - Perrache dengan sepeda.
7. JAUH2 DARI DAPUR. Jauhi dapur sebisa mungkin , apalagi kalo ada yang masak. Lo bakal laper! Jadi sekarang gue kalo ngerjain tugas (pencitraan), pengen nonton pilem, tidur, ato bahkan boker, gue lakukan di PERPUS! Perpus itu adalah tempat yang tenang dan dikelilingi buku2. Gue udah eneg duluan ngeliat buku2, bahkan sebelum gue ngerasa laper.
8. ISILAH WEEK END KAMU DENGAN HAL YANG TIDAK MENGELUARKAN UANG. Week end itu bener2 momok buat gue yang lagi melarat. Super duper faktap. Gue sekarang takut ketemu week end karena bakal dapet ajakan2 maen yang menggiurkan. Gue akan menolak dengan tegas, bahkan sebelum gue diajak. Maka, isilah week end kamu dengan membaca, bikin PR, maen game, ato ngemis di mol (mumpung mol nya rame).
9. PILIH BANK YANG BISA MINUS BANYAKK. Ini tips sebelum kamu bikin bank di perancis. Gue, pake bank LCL yang bisa sampe minus 400 saldonya. Jadi kalo lo gak punya uang, ibaratnya lo bisa ngutang di bank tersebut ampe 400. Buat kalian yang berpotensi untuk jadi melarat, pilih bank yang bisa minus banyak. Gue bahagia dengan fasilitas keren dari bank seperti ini! Gue selalu minus dan gue gak pernah tau kapan gue bisa ngelunasin semua itu.
10. BERGAULLAH DENGAN ORANG2 HEMAT. Sedikit banyak bisa memotivasi kamu untuk hemat. Ngeliat temen kamu jarang makan, kamu akan ikutan jarang makan. Ngeliat temen kamu gak beli baju, kamu gak akan beli baju. Ngeliat temen kamu bunuh diri karena uangnya abis, kamu ikutan. Setidaknya kamu nggak mati sendirian. (saran yang gak usah didengerin).

Voila itu tips2 hemat yang gue temukan selama gue menjalani hidup penuh kemunafikan eh kemelaratan ini. Gue  menemukan banyak hikmah penting , misalnya :
1. gue kurus
2. Gue makin berantakan mukanya
3. Gue kena syndrom "gak mau ngapa2in kecuali dipeluk orang ganteng". Gue beneran banget males ngerjain tesis gue, males ngerjain tugas, males mandi, males boker, males sikat gigi, yang gak males cuman tidur. Karena gak mau ngapa2in, sekarang kalo gue udah telanjur bengong di perpus ato di arsi municipal, gue bakalan angkat kaki, maen sepeda, nggambar, sambil memandang alam dan pria2 tampan yang bertebaran.
4. Gue menemukan banyak celah untuk bertahan hidup. Misalnya gue bisa kok bertahan hidup hanya dengan belanja 5 euro buat seminggu. Nggak buat dikasihani, tapi gue nunjukin bahwa sebenernya lo bisa kalo lo kepepet! Itulah the power of kepepet! Heyaaahhhh

Omong2, gue abis kepo in fb mantan. Gue baru sadar kalo dia ganteng....

0 komentar:

Poskan Komentar