Selasa, 05 Februari 2013

Bimbingan Ama Dosen yang Mengharu Biru

Mumpung gue lagi bisa nulis, gue mau cerita lagi tentang asistensi gue hari ini. Yah ga papa kali yah kan biasa tuh kehidupan perselingkuhan selebritis ditayangkan di muka umum #eeehh.. #pacar gue gak punya fb #sebenernya gak sudi juga selingkuh ama dosen gue #selingkuh tu ama yang ganteng2.. bah!
Gak, ini bukan kisah kasih asmara, kisah berantem pukul2an, ato kisah discovery aneka satwa. Bukan. Ini tentang asistensi gue ama dosen gue tadi siang.

Gue dateng tepat waktu. Selalu loh! Malah seringnya dosen gue yang telat! Tuh kan gue lebih on time dari orang prances. Gue duduk di depan dia. Trus terjadi hening yang panjang. Gue nyengir, dosen gue nyengir. KIK, INI BUKAN LOMBA NYENGIR, BEGOK!. Dia nunggu gue cerita tentang sesuatu. Gue pengennya sih cerita kalo gue bokek, tapi gak jadi. tar gue ditransfer 1000 euro kan gawat, gue bisa pingsan di depan ATM. Absurd banget. Gue akhirnya cerita tentang presentasi pra tesis gue di kuliah G3. Yah dia demen sih untungnya. trus gue juga cerita tentang kesulitan yang gue adepin di archive municipale. Ada bangunan2 yang datanya susaaah banget. You know, gue nongkrong di archive municipale sepanjang hari buat bongkarin arsip2 (kayaknya ampe penjaga, resepsionis, ama arsip2nya sendiri muak ama gue) "LO LAGE LO LAGE!", dan gue hanya nemuin 3 bangunan dengan arsip lengkap.
Akhirnya, dia berkeputusan :
"CARI BANGUNAN LAGI"
SEP! Gue mati.
Dia langsung buka Macbook gantengnya (ingat, gue naksir mekbuk nya, bukan majikannya, oke), buka arcmap kebanggaannya, trus nyari bangunan yang dibikin ama Allaide Habitat.
(segala bentuk percakapan ini sudah diterjemahkan dari bahasa (syaiton) perancis ke bahasa gaul )
"Tau Allaide Habitat?" tanya si dosen
"YA ENGGAK LAH!" -- nggak pake capsloc juga sih, cuman menekankan aja, gue baru 4 bulan di sini, taunya Carefour ama Part Dieu doang. Plis deh ah.
"Mau ditambahin nggak bangunannya?"
Gue hening. Ditambahin = memperbanyak kerjaan = gue terancam ngga sidang juni = gue gak summeran di indonesia = gue jadi keripik dengan suhu 40 derajat di Lyon. Gue galau gitu.
"Menurut anda pak?" --> sumpah bego abis gue nanya gini
"Ya terserah kamu.."
"Kelamaan gak ya? I mean, kan mau selesai juni nih, kelamaan gak ya?" (pasang muka prihatin akan beasiswa, biar dikasihani)
"Bisa2 aja, kan buat ngganti yang kemarin ga ada datanya" --> bah, intinya dia pengen nambah. Yaudah gue iyain aja,
Akhirnya si bapak milihin bangunan2nya. Dia nyuruh gue nyatet tu bangunan2,, sumpah ni gue comprehension orale banget. Kudu nyatet angka en nama jalan yang pasti antara yang gue denger, yang gue bayangin, ama tulisan aslinya, bakal beda banget.
Udah 8 bangunan terpampang di layar tab gue (yang udah gue catet)
"Udah banyak belom?" tanya dia
"Udah banyaaakk... delapan neh pak..."
"Oh 8, ni ada lagi. Catet ya."..
-_________-"" fine, jadinya 10 bangunan...
Gue meringis jelek gitu,
"Eh, tesis tu emang susah, nyante aja pasti bisa dilewatin" kata dia menghibur.
Ya ampun so swit banget sih, sini pak saya peluk (pake tangan kingkong piaraan saya).

Trus kita nyatet apa yang harus kita lakukan. Intinya ada beberapa kantor yang kudu disamperin. Dan gue gak ngerti itu apa, siapa, bagaimana, mengapa, dan bilamana jenis kantor tersebut. Dia nyatet 3 kantor, abis itu nyatet nomer telponnya (dari internet).
"Oke, malam ini yang saya lakukan adalah nelponin 3 kantor ini"
ngelirik ke gue, nyengir, terus ketawa gimana gitu
"YANG GUE LAKUKAN".. Katanya sambil ketawa makin gimana gitu sama gue.
"Hehehehehhe...maap ye pak" gue nyengir jelek, bego, dan menyedihkan.
"Nggak papa. Kan kamu mahasiswa asing, daripada kesulitan, mending saya telponin aja"... trus dia ngambil telpon, nelponin kantor apa gitu buat janjian ketemuan tanggal 19.
Trusssss gue terharuuuuuuu...byuuh byyyuhh byuuhh...
Paakk, plis peluuuk paaakk (ngomong sama Ben Affleck sih sebenernya, bukan dosen gue). Trus gue meluk meja.
Gue dapet tugas ke archive departemental minggu ini sama ke archive municipale buat nyari data2. Dia kasih cara2 masuk ke departemental, dan katanya "Kalo ada kesulitan, kasih tau saya ya"...
huukkksss huuukksss makin terharu #belepetan air mata ama ingus

Trus abis kita bahas jobdesknya, gue dapet nasehat2 banyaak banget (serius bentar ye)
"Tesis kamu ini sulit loh, apalagi buat mahasiswa asing"
"Haaa? masaaa?" gue langsung panik, pengen lompat jendela, mumpung kantornya di lantai 5.
"Iya.. tapi tenang, saya 30 tahun berpengalaman dalam tesis macam ini.." -- trus gue ngitung umurnya gitu, nggak penting banget
Lanjut dia "apalagi kondisi di sini ama di indonesia beda, terutama dalam administrasinya. Lebih kompleks. Dulu saya harus mondar mandir ke banyak kantor buat dapat data2 seperti ini. Tapi akhirnya bisa dapat. Tenang deh, pasti bisa..." -- sumpah gue ngerasa ada bokap gue di sini.
"Liat aja sampe perut saya kecil begini..." -- ngga penting banget pak,sumpah. Emang badan lo tipis. Kalo gue mah mau sengsara kayak apa juga tetep bulet2 aja ni perut.
Yah intinya gue dapet wejangan banyak, tentang LO GAK PERLU PANIK AMA TESIS (yang biadab ini).
Berasa bokap gue banget. Alhamdulillah ya (gaya syahrini ngomongnya), gue bisa dapet nasehat yang menghibur gini. huuuuksss...srrrooottttt...

Perlu diketahui, ingus gue meler pas asistensi tadi. Buru2 gue lap pake tisu, tapi kayaknya si dosen keburu ngeliat gue deh. Udah ah biarin, dia juga ingusan gini.
Pas gue mau balik, dia nanya
"Sering sakit ya?"
Gue jawab "iyah, 4 bulan di sini, 5 kali bengek".
"Wah ati2 loh.. udah punya obat2an kan?"
"UDah"
"Dingin soalnya, trus juga banyak polusi di sini"
Trus gue bener2 pengen meluk dia. Anjir. Sumpah. Sayangnya dia gak ganteng #paan sih.
Gue berasa punya bokap di sini... :)))) Udah lama haus kasih sayang bokap *melow mendadak, trus buang ingus yang kenceng ampe nyemprot ke tembok

Yah itulah sekelumit kisah asistensi gue hari ini yang ditutup dengan kata2 "Bon Courage" dari si bapak dosen, yang artinya "Semangat ya"
Byuuuhh byyuuhh...terharu biru...




2 komentar:

m.y.t.h mengatakan...

so swiitt bangeett Kiii..
km punya jurus pengasihan apaa?? hohoho.. :P

Unknown mengatakan...

keren,, gokil abizz,,

Posting Komentar