Jumat, 14 April 2017

MY SIMPLE WEDDING

Liburan yes liburan. Setidaknya gue terhindar 3 hari dari bos sakit jiwa gue lah. Meskipun sedih juga sih harus kepisah sama suami baru gue. Byuh byuh byuh.
Sekedar mau berbagi aja tentang cerita pesta pernikahan gue yang akhirnya setelah penuh derai air mata, tetesan darah dan keringat, terselenggara juga di tanggal 25 maret kemaren. Bagaimana enggak penuh derai air mata, gue ngurus dokumen dari bulan oktober, bok. Dan baru bisa kewong tanggal 25 maret. Untungnya dari segi perpestaan, kawinan gue bisa dibilang sangat sangat simpel. Mungkin lebih mahal biaya ulang taun bocah di indonesia daripada kawinan gue di sana.

Kita nyiapin semua dengan tangan sendiri dan tangan temen-temennya Damien (nama suami gue). Mulai dari baju, makanan, tata ruangan, sampe ngepel ruangan setelah acara pun kita yang ngelakuin sendiri. Tapi enaknya, jadi berasa asik juga. Jujur gue lebih suka konsep kawinan gue yang merupakan gabungan dari konsep kawinan perancis plus kawinan hemat.

Kenapa hemat? karena gue cenderung ala kadarnya. Okelah ini hari bersejarah gue seumur idup. Tapi gue tetap realistis dengan tidak terlalu berfoya-foya, karena gue sadar, pengeluaran pasca kawinan pasti lebih banyak, misalnya tiket bolak balik indonesia-perancis buat ketemu suami. belom lagi kalo tau-tau gue bunting. aaaakkkk.... (pecahkan saja gelasnya biar ramai)

TEMPAT ACARA
Kita akan menikah di Mairie de Tronget, artinya semacam balaikota nya lah. Upacara pernikahan tentu saja akan dilangsungkan disana dan dinikahkan oleh walikota nya. Undangan kita enggak banyak, cuma berkisar 20 orang. Meskipun nggak banyak, tapi tetep aja nggak bisa diselenggarakan di rumah. NB : kawinan perancis rata-rata sistemnya dinner, bukan standing party layaknya kuda di indonesia. Kalo di indonesia, tamu akan salaman lalu makan sepuasnya, dan pulang. Interaksi dengan pengantin nyaris nggak ada kecuali ngucapin ``selamat`` dan pengantin bilang makasih. interaksi yang hanya berlangsung 3 detik per orang, lalu pengantin harus dipajang sampai selesai dan baru makan setelahnya. Sementara di perancis, kita akan makan, minum, dan ngobrol, dari selesai upacara peresmian sampai pagi, semua orang akan berinteraksi dengan pengantin.
Bref, jadilah kita nyewa ruangan di belakang balaikota yang kapasitasnya paling banyak 25 orang. tempat itu biasanya dipakai bocah sekolah kalau ada kegiatan ekskul. Damien nyewa tu ruangan dengan biaya 60€ atau sekitar 900 ribu. Bandingin gedung di endonesia yang bisa nyampe 10 jutaan. Bisa modar gue kalo kudu bayar segitu.

CINCIN
Bagi cewek-cewek indonesia, cincin itu prestis banget. Buat gue, enggak. Cincin itu cuma simbol aja. Cuma keliatan di jari manis, dan orang yang liat akan berpikir kita udah nikah. Itu aja. Gak akan lebih. Setelah gue tanya sana sini, harga cincin di sini bisa paling murah 5 jutaan sepasang kalo milih yang dari emas atau paladium. Itu pun katanya yang super sederhana. Berhubung gue orangnya gak suka lebai, sebenernya ogah juga pake cincin yang bersepuh berlian. Gak gue banget. Gue maunya polosan.
Meskipun polosan, tapi harga yang 5 jutaan itu juga bikin gue sekarat. Sayang aja duit segitu buat cincin. Suami gue bilang, kalo gue mau emas, beli aja, biar dia pakai perak karena bagi dia juga cuma buat ditaroh di jari. Tapi gue males. Jadilah gue pilih perak buat kita berdua, dengan harga 1,5 juta sepasang. Uh yeah. Yang penting juga, di dalemnya gue bisa grafir nama dan tanggal kawin.

BAJU
Baju pun bagi banyak orang, harus waw banget. Meskipun gue kawin di perancis, gue nggak tertarik pakai gaun putih. Entah kenapa, gue pengen ber kebaya. Kebaya pun gak lepas dari celotehan temen gue. Doi nyaranin kebaya ala agnes mo. Menurut lo aja kali, mau berapa juta. No way.
Gue berburu kebaya di Pasaraya Blok M. Kata tante gue bagus, trus kali aja diskon 50% gitu. Budget termahal gue untuk kebaya adalah 1,5 juta lengkap. Pas itu gue habis sakit typus, jadi nyarinya agak-agak lemes gitu. Dan sialnya gue gak nemu. Ada yang gue demen, tapi atasan doang aja 2 juta. Mau bangkrut? Dan sialnya lagi; gak ada diskonan.
Menyerah dengan pasaraya, gue menjajal Blok M Square. Kebaya di situ emang gak sebanyak Tanah Abang. Tapi kali aja ada yang bagus. Gue mampir ke sebuah toko yang gue lupa namanya. Gue bilang, gue cari kebaya yang nuansanya oranye. Kenapa oranye? Karena Damien udah gue beliin dasi oranye. Sepele.
Mbaknya ngasih gue pilihan mau songket atau biasa. Gue gak ngerti bedanya sih, cuma pas liat coraknya, gue pilih yang songket. Dan kebaya lengkap tersebut, atasan, bawahan, daleman, dan selendang, gue beli dengan harga 300 ribu. How lucky i am, temen-temen gue di perancis pada bilang itu bagus banget. Ya iyalah Blok M Square gitu!
Pas gue beli kebaya itu, si ibu yang jual nanya "buat wisuda ya?". Gue berpikir kalo gue bilang buat kawinan, tar gue disuruh beli yang mewah. Jadi gue jawab aja "iya". Trus dia nanya "kuliah di mana?". Mampus, gue harus mikir nama universitas di jakarta. Gak mungkin gue bilang Undip kan, aneh aja masak wisuda di undip, beli kebaya di jakarta. Jadi gue jawab sekenanya "UI". Langsung gue dipuji pinter. Aminin aja dah.

MAKANAN
Makanan merupakan item yang paling banyak ngabisin uang. Di sinilah dompet Damien dipertaruhkan. Makanan dimasak oleh pacarnya mantannya, Stephane. Hebat kan. Biasanya mantan itu paling alergi dateng ke kawinan mantannya. Ini, jangankan dateng, bantuin masakin ama pacarnya.
Bea, nama mantannya, dan Stephane yang akan bantuin masak di rumahnya Bea. Damien dan gue bagian belanja. Kita belanja di berbagai supermarket, seperti Carrefour, L;Eclerc, Grand Frais, dan Lidl. Repotnya, supermarket di France itu jem 8 malem udah tutup. Jadi belanjanya udah kayak dikejar kompeni. Ala-ala acara tivi jaman dulu, Supermarket Sweep, kita liat catetan trus berlarian di rak-rak buat nyari. Bahkan yang paling epic adalah ngejar L.Eclerc yang bakal tutup 5 menit lagi dan kita harus dapet Pate Brise yang fresh. Sialnya, kaga dapet.
Makanan yang banyak macemnya itu dibuat oleh Stephane sang kepala koki :p
- Aperitif kita pakai chips dan sampanye;
- Pembuka ada salad dan keju chevre panas
- Makanan utama ada ikan  pake tomat, paprika, yang dioven, dimakan pake nasi kari;
- Es krim dikasi liquer sebagai perantara 2 makanan utama
- Makanan utama kedua ada daging panggang sama kentang;
- Penutup ada aneka keju tai;
- Dessert ada millefeuille dan paris brest yang luar biasa.
- Sebagai minuman kita sedia wine merah, wine putih, air mineral, jus, coca cola;
- Roti-rotian
Perlengkapan makan dan dekor kita beli sendiri dan kita siapin sendiri mejanya. Piring, gelas air, gelas sampanye, kita pakai yang dari plastik supaya tinggal buang. Sementara garpu dan pisau kita beli yang bagusan, sekalian buat tambahan koleksi si Damien.

HIBURAN
Hiburan ala perancis adalah dansa. Dansa dimulai oleh pengantin, dilanjutkan oleh para tamu. Semakin malam dan larut, diharapkan mereka semakin gila. Hiburan ini disiapin oleh Eric dan Emeline, mereka yang prepare musik dan sound system nya. Pake punya mereka dari rumah :p


Acara gue dimulai jam 16.00. Rambut dan wajah gue ditata secara khusus oleh sahabat gue waktu sekolah di Lyon, Nina. Dia spesial gue persiapkan sebagai penata rias sekaligus saksi yang akan tanda tangan di akte nikah gue. Gue, Damien, dan Nina, dateng tepat jam 16.00 dan walikota sudah menunggu di sana. Temen-temen gue pun berdatangan.
Pernikahan sipil di perancis terbilang sederhana. Pengantin akan duduk di depan walikota, diapit oleh saksi dari masing-masing mempelai. Walikota akan membacakan aturan sekaligus membuka acara.
Dia pun menanyakan ke masing-masing mempelai mengenai kesediaan menikah. Dia nanya gue "Nona Kiki Irawati, bersediakah anda menerima Tuan Damien Thonier sebagai suami, yang hadir di sini?". gue jawab "iya". Lalu pertanyaan sama akan diajukan untuk Damien.
Setelah kedua mempelai setuju, dia akan mengumumkan "atas nama hukum, saya mendeklarasikan Nona Kiki Irawati dan Tuan Damien Thonier dipersatukan dengan ikatan pernikahan".
Setelah itu kita akan tanda tangan akta nikah bersama para saksi dan walikota, lalu dikasih kartu keluarga.

Setelah itu, kita lanjutkan dengan acara namanya vin d`honneur, yang merupakan acara ngobrol sambil makan chips dan minum sampanye. Barulah jam 7 malem kita makan, dansa, dan minum sampai jam 1 malem.

Rasanya luar biasa? Belum lagi gue dan Damien, dibantu Nina kudu beresin ruangan pesta sampe bersih sih sih sih sama seperti saat pertama kali disewa. Tanpa cleaning service yak, kita sendiri yang buang sampah dan ngepel2. Untung kagak ada tamu yang tiba2 mabuk, muntah, atau telanjang sendiri sambil berantakin kulkas. Bisa ikutan telanjang juga kan gue.



 

1 komentar:

Ibnu mengatakan...

Masih kah ngajar ?

Posting Komentar