Selasa, 17 Februari 2015

Kok bisa masuk OJK ya?

Halo gaes, long time no see. Yah maklumlah si perantau udah balik lagi ke tanah air yang macet dan penuh masalah jadinya gue rada-rada culture shock lageh. Anyway gue mau sharing aja nih pengalaman gue yang bisa secara aneh diterima di OJK alias Otoritas Jasa Keuangan. Apaan tuh? Sama kok gue juga ngga ngerti. Gue aja ngelamar via online tu cuma gegara si OJK ini jadi popular job di jobscdc,com. Walhasil gue baru tau apa itu OJK setelah gue lulus dan gue taunya cuma ini : OJK itu partner BI yang bagian ngawasin ekonomi mikro dan masyarakat di sektor jasa keuangan. Bener atao engganya mohon dimaklumi karena saya orang arsitek yak, bukan orang bank.
Gue engga akan berbagi tips dan strategi disini karena emang engga ada strategi khusus. Gue ngga ada belajar, ngga ada doa kenceng2, ngga ada persiapan apa2, gue cuman mengikuti jalan yang dikasih Tuhan aja. Tapi mungkin cerita gue bakal bermanfaat buat kalian yang bener-bener niat masuk ke OJK

Semua kisah gue bermula dari kerinduan gue beraktifitas kembali setelah bored banget jadi pengangguran. Gue pulang dari Perancis bulan Juli, dan sampe Agustus gue masih hura-hura sama pacar. Lama-lama gue bosen juga. Gue pengen jadi dosen sebenernya, atau kuliah S3. Tapi gue berasa gagal muluk cari beasiswa, padahal gue udah punya 4 sekolahan di perancis ama jerman yang mau nerima gue (malah curhat).Lalu dengan demikian gue jadi demen buka-buka situs lowongan kerja. Gue masukin lowongan-lowongan ke berbagai tempat kayak developer-developer, trus universitas, dan termasuk OJK.
Gue ngeliat di situs jobscdc.com, rekrutmen OJK yang ngambil hampir untuk all diciplines, jadi popular jobs. Ya kalo di twit, doi jadi trending topic lah. Gue lantas maen apply-apply aja. All dicipline kok ya, untung-untungan aja. Dan saat itu, GUE ENGGA TAU OJK ITU APA.

Tanggal 14/15 oktober gitu gue mendadak dapet SMS dari PPM ASSESMEN SDM. Doi bilang, gue suruh liat hasil seleksi tahap I OJK. Hah? Apa ya? Gue amnesia. Gue buka situsnya, log in pake ID gue seperti yang diminta, lalu gue dapet pernyataan bahwa gue lolos seleksi administrasi (tahap I) dan gue berhak ikut psikotesnya tahap II. Dan gue juga lupa bahwa gue milih Jakarta sebagai lokasi tes. Indah banget. Tanggal 17 gue harus berbondong-bondong ke Jakarta. Secara, domisili gue emang di Semarang. Tapi entah mengapa gue milih Jakarta sebagai lokasi tes. Tapi untungnya kepergian gue bertepatan dengan panggilan wawancara dari Paramount Land. Jadi ya lumayanlah jabanin dua-duanya.

Tes Tahap 2 : Psikotes Memeras Otak dan Verifikasi Berkas
Gue dapet tempat di LPPI Kemang. Dengan kostum putih item seperti yang disyaratkan, gue kebagian yang jam 1 an gitu. Konon kata si pengawas tes, pas tahap administrasi ada 41 ribu pelamar. Trus sekarang disaring TINGGAL 29 ribu pelamar. Gue ngga kebayang ngoreksi hasil psikotes untuk 29 ribu manusia. Bisa tirakatan nih. Gue merasa biasa aja ngadepin psikotes. Yah secara gue udah pernah ngadepin BCA dan Perumnas punya, tapi kayaknya lebih sadis dikit. Yang bikin tangan dan dengkul gue pegel (maap soalnya otak gue di dengkul jadi kalo kebanyakan mikir, dengkul gue kram), adalah si ngitung-ngitung di kertas A3.Sekalinya gue kebayang Colin Farrell di kepala gue, langsung buyar semua itungan. Dilarang ngelanjor atau mikirin orang ganteng selama tes ngitung-ngitung ini.
Verifikasi berkas asli sih doi cuma ngecekin jurusan sama IPK kita sesuai ngga antara yang kita apply online sama kenyataan di ijasah.
Btw disini gue pake ijasah S2 gue di Indo, yang di perancis masih dalam proses pelaknatan eh penyetaraan di dikti yang udah berbulan-bulan kaga kelar.

Tes tahap 3 : Psikotes lagi naudzubillah min zalik, pengetahuan umum, bahasa enggres, dan verifikasi berkas (again?)
Gue dinyatakan lolos ke psikotes lainnya + tes pengetahuan umum + enggres. Asal lo tau, gue kepikiran "tes pengetahuan umum = literally umum". ternyata engga. Pengetahuan umum itu seharusnya Pengetahuan Umum ke-OJK-an. Mati aja. Gue tau ini pas gue udah 5 menit menuju tes. Gue dapet shift ke 2 yang notabene jam 1 siang. Berhubung ternyata molor banget, shift 1 aja baru kelar jam 1. Trus kudu nunggu orang PPM pada lunch break. Jadilah baru mulai jam 2.
Gue tau kalo itu ke OJK an gara-gara ada anak yang nanya ke temennya dari shift 1. Kata temennya sih seputar OJK, dan kata temennya lagi, dia mau mampus ngerjainnya. Gue langsung sakratul maut. 5 menit sebelum masuk gue buru-buru buka BB jadul gue buat liat situs OJK. Paling ngga gue tau kepanjangan OJK dan didirikan tahun berapa.
Ternyata ngga hanya seputar ke OJK an, tapi seputar perbankan juga. Isinya bahasa-bahasa dari planet api yang gue ngga ngerti apaan. Gue sukses ngitung kancing buat ngerjainnya.
Pertama-tama lo akan dikasih psikotes yang nggambar-nggambar dan soal-soal psikotes lain. Trus lo akan dicekokin tes pengetahuan OJK. Lalu bahasa enggres. Nah sebelum mulai tes psikologi, kalian akan diminta nunjukin sertifikat toefl. Sukur kalo punya yak, sebab kalo dirasa memenuhi syarat, bisa bebas ngga ikut tes bahasa inggris. Toefl gue pas itu cuma 537 tapi boleh ngga ikut tes. Walhasil gue jam 6 sore udah boleh pulang dengan beberapa temen lain yang juga udah pake toefl. Saran gue, kalo niat banget ke OJK, tes toefl aja dulu. Selain sertifikatnya bisa dipake, kalian ngga perlu bertaruh nyawa buat tes bahasa inggris, dan paling penting : BOLEH PULANG DULUAN.

Tes tahap 4 : Leaderless Group Discussion.
Jujur gue paling benci kalo tes dimanapun ada beginian. Karena beberapa hal : Satu, gue ngga suka diskusi. Dua, gue ngga suka ngomong. Tiga, lo bakal menemukan orang-orang yang carmuk di depan juri, alias dia akan berusaha untuk menguasai diskusi supaya nilainya bagus dan orang lain ngga akan dikasih kesempatan buat ngomong.
Yang paling fuck up adalah : GUE LAGI KENA CACAR. Baru seminggu sakit, gue udah harus naik kereta ke jakarta. Gue ogah sebenernya, tapi pacar gue maksa-maksa. Doi bilang, OJK gajinya gedhe loh. Oke. Gue dengan bentol-bentol di sekujur tubuh pun berangkat ke kantor PPM buat LGD.
Gue bentol-bentol dan gue bau karena seminggu ngga boleh mandi. Gue merasa gue bawa tong sampah ke mana-mana.
LGD gue berjalan dengan baik, untuk kelompok. Tapi tidak berjalan dengan baik untuk gue. Gue cenderung diem, dan ngasih masukan cuman sebiji dua biji. Dan gue tau kayaknya gue berada di peringkat paling bawah di antara semua anggota kelompok (soalnya selain dinilai juri, dinilai oleh temen sendiri).
Temen LGD gue nanya : "habis cacar ya?"
Gue : "iya"
Sebelah gue langsung geser bangku menjauh beberapa senti.

Tes tahap 5 : Wawancara User
Gue secara menakjubkan lolos LGD. Gue padahal merasa gue paling tolol dan jelek di antara mereka semua. Entah mengapa. Mungkin jurinya mau nulis angka 3, tapi Tuhan nambahin garisnya jadi 8. Entah. Tapi kalo kata pacar ane yang punya bisnis juga, kalo LGD jangan terlalu mendominasi, nanti bakal keliatan banget carmuknya. Mending jadi pendengar, kasi usul sedikit tapi bermanfaat. Kalo lo cuman ngoceh ga ada isinya, bakal dianggep cuman bisa bacot tapi ngga bisa mikir. Itu aja sih kata pacar saya.
Tahap wawancara ini gue statusnya udah kerja di Paramount Land. Gue kucing-kucingan sama GM gue buat  berangkat tes. GM gue rajin bed lagi di kantor, trus gue sulit berbohong. Mungkin alasan-alasan gue keliatan bokisnya.
Gue dijadwalkan jam 8 wawancara, eh ternyata sodara-sodara, saya dapet urutan 6 dari 10 orang. Oh iya kalo engga salah nih tersisa 650 orang seluruh indonesia. Artinya masih 1 vs 2 orang untuk bisa lolos.
Gue baru dapet jatah wawamcara jam 1.30 setelah maksi. Kasian banget lakik gue nungguin gue kelar wawancara.
wawancara gue berlangsung aneh. Karena gue dihadapkan pada pertanyaan tersulit sepanjang hidup : "kamu dari tata kota dan arsitek, kenapa mau masuk ke OJK".
Gue ngga ngerti harus jawab apa akhirnya gue jawab dengan lugu dan polos "Jadi saya pas itu lagi nyari kerjaan, nemu OJK jadi popular jobs di jobscdc,com, dan di situ saya belum tau apa itu OJK". Sontak juri-juri ketawa. Mereka nanya-nanyain lebih ke seputar kehidupan gue. Trus karena gue pernah di prancis, mwreka nanya seputar hidup gue disana. Gue jadi banyak cerita tentang gue harus bertahan hidup dengan beasiswa terlambat, ngga makan, dan kengerian hidup selama di sana. Trus mereka juga nanya apa yng membuat Indonesia tidak semaju perancis. Gue bilang sih mentalnya, gue kasih contoh-contoh. Di situ kayaknya mereka lagi nguji kemampuan analisa gue. Trus gue ditanya nih seorang karyawan itu harus memiliki apa, gue bilang integritas dan kejujuran. Mungkin di situ nilai plus gue. Mungkin
Gue merasa down karena pas dikasih kesempatan nanya balik ke OJK, gue nanyain pertanyaan bodoh dan menurut gue itu konyol banget. Trus gue selesai lebih cepet dari lainnya. Biasanya kalo lebih cepet, itu tanda-tanda mereka ngga tertarik.
Tapi, ternyata tidak... Gue lolos lagi.

Tahap 6 Tes Kesehatan dan MMPI
Gue dinyatakan lolos ke tes terakhir. Tes-tes sebelumnya gue bisa dibilang ngga siapin apa-apa. tapi kalo yang ini, gue harus siapin. Kenapa? Karena tes terakhir. Kalo sampe gagal kan nggak lucu. Apalagi cuman gara-gara badan gue yang berantakan. Gue sempet loh berdoa biar ngga diterima, tapi kali ini gue akan berjuang sepenuh jiwa dan tetap berpasrah.
Di tes ini, gue kembali kucing-kucingan sama GM gue. Gue bilang ke bos kalo gue ngurus ijasah di dikti. Padahal ijasah gue masih terpendam dan terkubur dalam-dalam di lemarinya dikti/ Tanggal 9 desember, gue tes kesehatan raga dulu.
Gue dikasih tau hari jumat sore, dan gue tes kesehatan hari Selasa. Gue punya waktu 3 hari untuk prepare. Gue harus prepare. Karena badan gue udah ancur banget. Gue makan cuman indomi, jarang OR, jarang minum, suka ngemil, tidur larut malem, duh pokoknya amburadul deh.
Selama 3 hari, gue jogging pagi di Gading Serpong. Gue minum air putih 2 liter biar urine gue jernih dan layak diminum kembali. Gue menghindari gorengan. Gue nggak makan nasi dan nggak ngemil. Gue ke kantor bawa salad sama keju doang. Makan buah terus. Minum dulcolax (gue bersihin perut gue). Dan yang peling penting, gue menyiapkan mental menghadapi JARUM SUNTIK. Gue phobia banget. Sekali gue periksa darah, gue pingsan.
Tes kesehatan ini gue dateng kepagian. Tapi nomor urut sesuai kedatangan. Jadi sebaiknya dateng pagi-pagi soalnya sekali kloter itu ada 125 an orang. Kebayang ngantrinya.
Pertama-tama, gue bakal dicoblos jarum. Gue bilang sama susternya, "Mbak ajak ngobrol saya mbak, saya takut beginian". Untungnya dia baek. Gue merem sambil ngobrol santai, dia nanya-nanya hal-hal ringan. Eh ngga berasa tau-tau udah kelar. Tes urin berikutnya gue takjub sama kejernihan urin gue. trus tes tekanan darah. Gue rada was-was karena tensi gue 132/80. Trus tes BB/TB, gue berasa rada obesitas, 69/170. Trus tes jantung, paru-paru, ama mata.
Tes MMPI atau kesehatan jiwa. Gue sih coba search dikit di internet, ternyata itu buat ngetes apakah kita punya potensi penyakit jiwa. Nah loh, gue kadang suka ngoceh sama tembok en kucing gue, jangan-jangan gue punya skizofren. Tes MMPI dillakukan besoknya jam 8. Eh tapi petugas dari RSJ baru dateng jam 8.30 gara-gara kena macet. Omaigot. Ngeliat petugas RSJ, naluri gue adalah bersembunyi, takut ditangkap.
Soal tes MMPI ada 200an. Suruh memilih ya/tidak. Ada pernyataan, pilih ya jika sesuai dengan kita. Pilih tidak kalo engga sesuai dengan kita. Gue bilang pertanyaan nya aneh-aneh. Misalnya nih, "saya sering mendengar suara-suara yang tidak didengar orang lain". Itu tiap malem juga iya. Di tengah keheningan malam, gue sering mendengar suara "krucuk krucuk" dari perut, lalu gue bergegas masak mi.
Hmm katanya sih jawab yang jujur, karena katanya bakal ketauan kalo bokis. Di hasilnya bakalan ngga match gitu. Gue jujur kok. Ada pernyataan "Saya sering sakit kepala". Gue jawab "iya" soalnya hampir tiap hari gitu, apalagi tanggal tua.
Tes MMPI cepet kok. Lo njawabnya ga perlu mikir, langsung coret aja. Paling 30 menit kelar. Begitu kelar, langsung boleh pulang. Gue sempet kok jam 10 dari Blok M, nyampe jam 12 di dusun Serpong untuk kembali bekerja.

Dan, saudara-saudara, saya dinyatakan lolos jadi Calon Staf di OJK.
Bulan Maret bakal mulai pendidikan trus setahun kemudian pengangkatan. Gue harus melepas kepegawaian gue di Paramount Land dan Status Dosen Tidak Tetap di Tarumanagara. Sayang sih. Btw untuk kedua kalinya gue gagal menggapai cita-cita menjadi dosen. Tapi tak apalah, mungkin memang jalannya.
Gue ngambil OJK bukan karena napsu gue buat jadi pejabat. Gue ngambil karena gue merasa telah ditunjukkan jalan ini oleh Tuhan. Gue 100% berbekal kepasrahan di semua tahapan tes, tapi gue dinyatakan masuk. Siapa lagi yang bekerja kalau bukan Tuhan? Itu aja kok.
Lagian gue juga was-was dengan pengetahuan perbankan yang 0 bulat.Sampe kemaren pas pemberkasan, gue diapalin sama Bu Denise dari DSDM. Doi bilang "mbak arsitek? Mbak Kiki ya? Nanti siap kan  kalo di sini ngurusin keuangan?".. Siap-siapin deh ya.

Buat yang mau tes OJK batch berikutnya, good luck!
Gue mau masak dulu. Mumpung libur nih udah resign dari Paramount. :p


40 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice sharingnya, thx mba arsitek,.:)

Mohammad Vitroh mengatakan...

Hai mbak Arsitek, nice post! 😊😊😊

amour mengatakan...

thankyou mbak. Gbu

mrizafahlifi.blogspot.com mengatakan...

sangat berguna sharingnya mbak, jadi pengen nyoba tes di OJK untuk melamar kerja

Unknown mengatakan...

Mantaaap mba arsitek.. sampai bertemu di OJK.. hehee #berdoa

Unknown mengatakan...

Mantaaap mba arsitek.. sampai bertemu di OJK.. hehee #berdoa

Anonim mengatakan...

Mba arsitek kecehh seneng bgd deh baca blog nya.. kbtulan mw test jg n aga ga pede soalny lowongan kali ini ga ketulis jurusanku.. hmpr sm ky mba si tata kota tapi.. apa boleh apply aja ya

Unknown mengatakan...

Thx for share mba arsitek

Unknown mengatakan...

Thx for share mba arsitek

Anonim mengatakan...

wah unik sharing ceritanya. OJK itu kerjaan impian banyak orang lho mbak. Tapi mba dengan santainya bisa lolos hehe. THanks for sharing!

Unknown mengatakan...

Thanks for sharing. Luar biasa. :-D

Unknown mengatakan...

Thanks for sharing. Luar biasa. :-D

Unknown mengatakan...

thank mbah sharingnya, bermanfaat bgt, gaya bahasanya berasa baca novel :D

Unknown mengatakan...

ga jelas bgt,,,,,,
owh ato mungkin emang kayak gini hasil tulisan lulusan luar negeri

Sitizahra mengatakan...

Terima kasih mba Kiki atas sharingnya, semoga nanti kita bisa ketemu di OJK *doa pasrah*

Tes psikotesnya njelimet tidak mba?

fany mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
fany mengatakan...

Kak mau nanya untuk tes psikotest tahap 2 dan tahap 3 jadi satu hari atau beda hari?

Unknown mengatakan...

Thank u mbak udah berbagi pengalaman tes OJK. Minggu depan saya tes tahap 2 OJK. Doain ya mbak biar bisa kerja di OJK kayak mbak :D

Unknown mengatakan...

Hehe walau saya masih sma kelas 3 , yang besok UN , saya dah tertarik sama Bumn , kayak Ojk hehe , oh iya saya komen karna pengalaman dan bahasanya itu lucu tapi mudah dipahami , saya ketawa ketawa sendiri bacanya sampe dikatain gila sama ortu hehe , semoga mbak sukaes berkarir di ojk , dan saya bisa nyusul mbak saat saya dah jadi sarjana nanti hehe

Unknown mengatakan...

Terima kasih mba arsitek yang cantik atas sharing pengalamannya, sangat menarik ceritanya mba hihiii.. Sukses terus yaa mba o:) doakan saya mba, agar semuanya diberi kelancaran. Sukses buat kita semua. Amiinn
by: unknown

Unknown mengatakan...

toeflnya harus itp mbak? thx

Jelina Turang mengatakan...

Trims atas sharingnya...dan mau nanya jika kita salah ketik akreditasi jurusan dan sudah terlanjur apply,bgmn ya? Soalnya dinyatakan lolos utk lanjut thp 2..

Jelina Turang mengatakan...

Trims atas sharingnya...dan mau nanya jika kita salah ketik akreditasi jurusan dan sudah terlanjur apply,bgmn ya? Soalnya dinyatakan lolos utk lanjut thp 2..

Anonim mengatakan...

thanks ya mba' udah share , gue terharu nih baca artikelx

Unknown mengatakan...

Nyampe sini karena sekarang lg berjuang di rekrutmen PCS OJK. Keren Mbak, salut! Sukses terus yah Mbak Arsitek ^^

Sowon205 mengatakan...

Thanks ceritanya mba..
inspiring di beberapa part utk saya.. ada kemiripan hehe

Anonim mengatakan...

brilliant!

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
anisaoktfn mengatakan...

terimakasih untuk pengetahuannya. doakan yaah saya besok pagi akan tes ojk kota surabaya :)

Kagum mengatakan...

Makasih berbagi pengalaman dengan kita2, minta dukungan doanya ya mbak. Thanks

Unknown mengatakan...

Makasih mbaa sharingnya,seru banget baca tulisan mbak arsitek yg rada nyeleneh hahahaa...mantap yaa mbak terkadang apa yg ga kita duga2 malahan kesampean.
Nyasar ksni pas lgi cari2 tau ttg ojk, soalnya hri ini ikutan tes tahap dua nihh...doakan kita yaa mbak arsitek, semoga bisa bertemu Di ojk.

Unknown mengatakan...

Makasih mbaa sharingnya,seru banget baca tulisan mbak arsitek yg rada nyeleneh hahahaa...mantap yaa mbak terkadang apa yg ga kita duga2 malahan kesampean.
Nyasar ksni pas lgi cari2 tau ttg ojk, soalnya hri ini ikutan tes tahap dua nihh...doakan kita yaa mbak arsitek, semoga bisa bertemu Di ojk.

Unknown mengatakan...

Sampe ngakak2 bacanya, seru banget mbak, ajak saya kerja di OJK donk biar ngakak bareng, ��

Anonim mengatakan...

mkasih mbak sharingnya

diori mengatakan...

thanks mba sharingnya.. :) bahasanya santai dan menarik untuk terus mengikuti alur cerita sampai akhir... Pastinya menginspirasi buat kita-kita yang lagi panik mau test ojk dan berusaha cari referensi hahaha Kalau saya masuk OJK, saya mau menemui mba ya hehe

Anonim mengatakan...

slamat mlm mba,,,

mba saya ingin bertanya apakah ijazah S1 dan S2 mempengaruhi posisi saat jadi pegawai OJK mba ???

apakah kalau dengan memiliki ijazah s2 posisinya lebih tinggi dibanding lulusan s1 mba ???

dan utk pegawai baru gaji/blnnya brp yah mba ???

mohon dijawab yah mba...

Kiki mengatakan...

Gak ada bedanya hehe. Baik level jabatan maupun gaji, karena masuknya lewat pcs.
Kira2 standar gaji bank indonesia lah. Hehe

Unknown mengatakan...

Beruntung banget mbak nya.. hehe, saya dulu pernah daftar th 2016, tp cuma sampe tahap II.. Oya thanks banget pengalamannya, setidaknya ada gambaran lh buat mempersiapkan diri kalo mau daftar lagi..

BATIK KAUMAN PEKALONGAN mengatakan...

Terimakasih sharingnya mbak. . Menarik dan sangat berguna
Btw Saya dapat sms dari pihak OJK, bahwa saya lolos tahap adm PKWT. . Yg saya mau tanyakan apakah pkwt bisa berubah jadi tetap? Kalo bisa. Pengangkatan tetapnya itu berdasarkan tes lagi atau berdasarkan kinerja selama pkwt?
Mohon pencerahannya mbak

Posting Komentar