Jumat, 04 Februari 2011

PPN 10%

Jumat...jumat...hari terakhir sebelum gue melakukan ritual hibernasi di hari Sabtu-Minggu. Jumat itu namanya "Hari Bayar Utang", alias ngebayar kerjaan-kerjaan yang gak kelar di hari Senin-Kamis. Kalo buat gue, sama aja mengerjakan pekerjaan Senin-Kamis, soalnya kerjaan gak ada yang gue beresin, termasuk tugas yang satu ini : Ngeganti popok bayi gue...Tunggu tunggu, sejak kapan ada bayi hadir di idup gue? Kawin aja belom... Huhhuuhuhuh (denger kawin, langsung inget umur yang semakin rawan)... Eniwei, jelas hari Jumat ini gue punya sebuah utang yang kudu gue bayar : Pasang Iklan di Koran.

Masih kelanjutan kegiatan ngebrok-er gue (ngebrok kalo di bahasa Jawa, bakal jorok banget artinya), gue berencana masukin rumah yang mau gue pasarin itu ke koran. So, gue berangkat pagi-pagi (jam setengah sepuluh) buat ke kantor SM (koran di Semarang deh pokoknya). Gue ke kantor SM bawa duit 130,000 doang. Yang 10 ribu, gue pake buat sarapannya si Cherio (nama motor gue). Kali ini, gue sengaja makanin dia pake premium, biar dapet banyak dengan duit hanya 10,000.Maap bro, kita hidup kudu prihatin biar cepet kaya. So, doain majikanmu ini biar rumahnya laku, biar bisa makanin kamu pake kwetio goreng.

Setelah beliin Cherio makan pagi, gue pun meluncur turun dengan duit 120,000. Gue sudah berhitung bahwa 1 iklan gue bakal ngabisin duit 55,000. Berhubung gue mau pasang 2 iklan, gue bakal ngerogoh pundi-pundi sebesar 110,000. Ni sisa 10,000 mau buat gue makan nasi goreng di kantin kampus, pikir gue dengan gembira.

Sepanjang jalan, gue ngedengerin lagu-lagu yang kemaren gue dunlod di mp3. Btw, gue lagi tergila-gila ama lagu gila yang gue gilai sejak gue gila (berarti sejak lahir dong), yaitu Bad Day nya REM. Di bawah ada link dunlodnya. Klik aja kalo mau nyoba ngedengerin.
Sampe SM, gue langsung masuk ke bagian iklan kecik, trus nulis iklan yang gue mau pasang. Sebelum ke SM, gue udah nyiapin tulisan iklan dari rumah. Biar ngepas di 2 baris gitu (iklan 2 baris harganya paling murah, yakni 55,000). Setelah nulis di kertas, gue nungguin embaknya nyalin tu iklan ke komputer. Abis itu, saatnya gue ngebayar.

"Sudah mbak, semuanya 121,000," kata embaknya...
Gue ngambil dompet...
Tunggu...tunggu....ada yang janggal...
Gue ngeliat layar komputer
jelas tertulis di situ 121,000
"Berapa mbak?" tanya gue mastiin. Salah itung kali. Perasaan abisnya kudunya cuman 110,000. Sejak kapan 55,000 + 55,000 jadi 121,000. Kalo pake mata uang nigeria, mungkin bener. Ato pake kalkulator yang baterenya soak atu sih mungkin juga bener. Tapi akal sehat gue mengatakan, gak mungkin segitu.
"Seratus dua puluh satu ribu mbak," jawab mbaknya. Jelas dia gak pake mata uang Nigeria kok.
"1 iklan nya berapa sih mbak?" tanya gue
"Di sini ada harganya mbak," dia nunjuk ke tulisan di depan gue, di sebuah kertas gitu.
Gue baca bener-bener.
1 barisnya = Rp 27,500
Kalo 2 baris berarti = 27,500 x 2 = 55,000
PPN 10% = 10% x Rp 27,500
Tunggu...tunggu...
Sejak kapan ada tulisan "PPN 10%" di kertas keramat itu?
"mbak...ada PPN nya?" tanya gue
"Iya, ada 10%..."

MONYET!
Kok gak bilang sih kalo ber-PPN. Harusnya dibikin kayak McD gitu. Misalnya Sundae harganya Rp5,000* (*:belum termasuk PPN). Gitu kek. Gue kan gak tau ada PPN-PPN segala. Yang gue tau itu cuman PPKN dan itu nile gue jelek pas SMA.
Gue ngebukak dompet lebar-lebar. Monyet bener. Ni duit cuman 120,000 RESMI!! Kagak ada lebihnya.
"Bentar ya mbak..." gue ngabur dari loket, trus duduk di kursi tunggu sambil ngegeledah tas en dompet gue. Akhirnya, dengan gegap gempita, gue mendapatkan 600,- dari hasil merogoh seluruh kantong di dompet dan tas. Duit gue dengan suksesnya berhasil terkumpul jadi Rp 120,600. Kurang 400 lagi.
Gue bongkar-bongkar lagi. Ampe case laptop juga gue buka, siapa tau ada duit gopek nyelip di situ. Tapi, hasilnya NIHIL. Duit gue cuman 120,600 FIX...
Gue dengan muka tebel, setebel rambut di ketek pacar gue, ngomong ke mbaknya...
"Mbak...anu...anu saya..." dia cengok ngedengernya. "Saya kan gak tau tu mbak kalo ada PPKN eh PPN nya, jadi saya cuman bawa 120,000 mbak...Gimana ya..." berhubung gue liat muka embaknya yang sadis, seperti berbicara "bayar 121,000 ato nenek lo mati", gue pun akhirnya berkata "kalo bayarnya nanti gitu...saya ambil uang dulu...."... BOKIIIISSSS....yang bener tu "saya pulang ke rumah dulu, mecah celengan ayam saya"...
"oh ya udah, kita tutupnya baru jam 5 kok..."
Huhuhuhuhu itu bukan jawaban yang gue inginkan. Gue pengennya si embak berkata "Ya udah, 120,000 aja gapapa..." huhuhuhu nasiiiiiibbbbbbb....

Gue pun keluar kantor SM kayak kebo abis dicocok pantatnya... Gue mikir, gue nyari duit di mana. Ah, coba ngegeledah motor gue dulu. Gue ngais-ngais kantong motor gue. Gak ada. Gue buka bagasi, yang ada cuman jas ujan ama struk ATM. Coba ada selembar duit dari ATMnya, ini malah cuman struk. huhuhuhuh...

Gue yang ngerasa di ATM gak ada duit, langsung ngibrit ke rental gue di Tembalang (Semarang atas gitu) buat ngambil duit seceng. daripada ke rumah gue, lebih jauh lagi. Huhuhuuhuh akhirnya gue bolak-balik Semarang atas-Semarang bawah-Semarang atas-Semarang bawah-Semarang atas dalam sehari ini...
Mau mati rasanyaaaaaa
Mana orang-orang kalo naek motor pada ngawur-ngawur. Udah pada bosen idup ya? Kalo udah bosen idup, sini gue sembelih aja...Sebel deh...
Gara-gara PPN 10%, gue hari ini berasa kayak angkot, mondar mandir...

Oya, jangan lupa. Ini ada link buat dunlod lagunya REM yang Bad Day...
http://www.4shared.com/audio/2MXm2YkT/REM_-_Bad_Day_-_03.htm

0 komentar:

Posting Komentar