Jumat, 04 Februari 2011

Tips : Buat Mahasiswa Bikin Gambar Potongan yang Bener dan Bagus

Dalam kuliah arsitek, gambar potongan pasti jadi momok. Fakta yang menunjukkan gambar potongan itu jadi momok antara lain :
1. Dibikinnya terakhir sendiri. Denah, tampak, 3D udah, baru deh ngegarap potongan. Udah dibikinnya paling akhir, gak selese pula. Sarap deh sarap...
2. Hasilnya kosongan. Nah, kalo ini bisa dua faktor. Faktor pertama, karena memang gak selese. Udah kurang 5 menit dari deadline, diare, epilepsi, motor mogok, ujan, ngumpulinnya lari-lari sambil tidur, yaudah deh, gak selamet tuh gambar potongan. Faktor kedua, GAK MUDENG ISINYA APAAN. 70% mahasiswa menghasilkan gambar potongan yang kosong. Gambarnya aja kagak bener, apalagi isinya. cckckckckc
3. Kalo denger kata "potongan" langsung merenges.
4. Kalo diminta ama dosennya bikin potongan, pasti responnya "potongannya 1 aja ya Pak...". udah disuruh, masih nawar pula. Dan faktanya, 1 aja kagak selese. huhuhuhuhu
5. Kalo terpaksanya bikin potongan, pasti milih yang paling gampang. "Bagian ini aja, atepnya kagak keliatan". Bagus banget sih idenya,,,,

Nah, di sini gue mau bantu temen-temen yang punya phobia ama gambar potongan. Gue pandu dari tahap pertama ngebikinnya. Jadi, abis ini gak ada alesan "gak mudeng potongan". Eit yang namanya arsitek kudu punya senses of 3matra yang bagus. Kalo kalian kudu ngebikin potongan rumah tinggal, bayangin aja, rumah kalian itu terpotong jadi 2. Yang ssisi satunya diinjek godzilla gitu, trus tinggal separo. Bayangkan kalian berdiri di rumah yang terpotong itu. Gambar apa yang kalian liat. Kalo susah ngebayanginnya, praktekin aja. Sewa buldozer, RUBUHIN SEPARO RUMAH!! hu ha!!!

Kalo kalian mau bikin potongan pake tangan (yaeyalah masa pake pantat). Maksud gue mau bikin handdrawing alias pake pen/pensil getooo... Caranya gini nih :

1. Pake kertas grid (kertas yang ada kotak-kotaknya setiap 1 cm). Kalo gak punya duit buat beli, ngutang dulu. Kalo gak bisa ngutang, RAMPOK! Ngerampok malah ketangkep, yaudah nasib. Kalo gitu bikin aja gridnya. Ribet? Belajar gak ada yang gak ribet. Gue juga gitu kok.

2.Ambil gambar denah kalian, trus setiap grid kolomnya dikasi notasi huruf. Misalnya kalian akan ngambil sebuah sisi untuk dipotong. Pada sisi yang akan terlihat di potongan, kasi notasi huruf A-Z pada kolom terdekat dengan arah mata. Kalo A-Z nya kurang? Terserah! Mau dikasi angka, mau dikasi A lagi, ato AA,AB kayak Ms Excel, yang penting kalian paham ama notasinya. Kayak gini :


3.Pada kertas potongan, bikin peil. Apa itu peil? Taunya pel ya? Gitu deh kalo di rumah kerjaannya boker di mana-mana. Jadi kudu ngepel kan. Peil, itu adalah ketinggian. Tentunya di denah kalian udah ada peilnya kan. Tulis di paling kiri dari kertas untuk potongan, peil dari yang paling bawah (kalo ada besmen, bikin peilnya besmen juga ya). Pokoknya dari yang paling bawah getoh.


4. Lihat denah kalian yang udah bernotasi. Sekarang, pindahkan titik-titik notasi itu ke kertas  potongan. Buat di peil terendah. Ini bertujuan untuk mengetahui, yang bakal keliatan tu bagian apa dan seperti apa dan ukurannya secara horizontal itu seperti apa. Misalnya pada gambar di bawah, itu ada potongan a-a. Dari potongan AA, yang bakal kalian buat titik-titiknya adalah kolom 1-9. Dari situ akan keliatan. Bagian bangunan mall paling ujung kanan, ada dinding dengan notasi 1-4. Panjang sisi apartemen itu di potongan akan sepanjang 1-4 yakni 3 grid. Sistem kayak gini akan sangat bermanfaat untuk bangunan yang sisinya miring/melingkar.
yang dibuletin merah, itu notasi yang akan dipindahin untuk dibikin potongannya
(yang horizontal ya, sisi vertikal itu karena gue lupa gak ngecrop)

 Nah, notasi 1-10 itu dipindahkan ke potongan, trus dihubung-hubungkan


5.Setelah kalian tau dimensi bangunan secara horizontal, saatnya membuatnya memiliki ketinggian. Sebagai contoh, pada potongan AA, bangunan mall berada pada grid 1-9.  Mall sendiri punya ketinggian 4 lantai dan ketinggian +20.40 dari titik 0. Buatlah keseluruhan bangunannya. Ini untuk mengetahui dimensi bangunan secara vertikal.

6. Kalian akan mendapatkan "kulit" bangunannya. Sekarang, buatlah isi bangunannya. Misalnya, ada tangga di dalam, ada void di  dalam, ada kerangka atap, ada kerangka plafon, dll. Pokoknya bayangkan bangunan kalian dibelah, trus kalian mellihat sisi dari salah satu belahannya. Bayangkan apa aja yang bakal terlihat di situ. Apakah dinding nya terpotong ato gak, apakah ada pintu, apakah ada tangga, apakah memotong tangga, dsb.

7. DETAIL YANG PENTING :
    *  detail struktur (balok, plafond, rangka atap, pondasi, rangka alumunium/baja/panil lain yang diekspos
    *  detail permainan peil di denah (kalo ada permainan ketinggian di dalam ruang, dibuat juga)
    *  detail pintu/jendela/bukaan dinding yang terlihat
    *  detail potongan jendela/pintu pada bagian dinding yang terpotong (kalo bukaan nya juga kepotong)
    *  detail furniture yang ada di dalam ruangan (mobil di besmen, manusia, perabot, railing, tanaman)
    Ingat, dibuat yang skalatis ya, jangan ngasal

8. NOTASI UKURAN. Notasi ukuran selain peil yang ada di sebelah kiri, juga ada ukuran panjang secara horizontal di bagian bawah gambar. Di atas angka ukurannya, beri nama ruangannya. Kayak gini :


9. NOTASI PEIL DI DALAM. Di dalam bangunan, beri peil juga ya. Untuk memudahkan orang membaca gambar. Di atas peil, beri nama ruangan tersebut

10. NOTASI MATERIAL. Woooh jangan kelewatan nih. Biasanya pada ngosongin bagian ini. Biasanya juga, karena gak mudeng. Beri sedetail mungkin, lebih baik lagi dengan modulnya. Misalnya, kalian pake plafond gypsum. tulis aja plafond gypsum, rangka besi hollow modul 60x60

11. Catatan untuk notasi material : untuk material di bagian atas bangunan, tulis notasinya di atasnya dengan garis yang ditarik ke atas. Contoh :
Kalo bagian bawah bangunan, tarik garis serong ke bawah terus tulis materialnya
Kalo tengah bangunan, tarik ke samping dan tulis materialnya.
JANGAN SAMPE TULISAN MENGGANGGU GAMBAR KERJA

12. Kalo kalian pake pen/pake pensil bahkan pake cad pun, pasti ada permainan tebal tipis garis.
Garis tanah : 0,5ml (paling tebal)
Garis dinding dan lantai : 0,3 ml (sedang)
Garis teks,rangka konstruksi : 0,2 ml (agak tipis)
Garis hatch dinding, furniture, beda tinggi di dalam bangunan, garis notasi material : 0,1 ml (tipis)

13. SIMSALABIM JADI APA PROK PROK PROK. Jadi bagus!!! Muahahahha. Dijamin!! Dapet A tu potongan. Yang penting, sedetail mungkin ya, dan strukturnya juga yang bener... Masalah kebenaran struktur, buka aja buku ya...
Kira-kira potongan yang oke, formatnya kayak gini. Sippo...


Oya, perlu diketahui, potongan itu adalah elemen terpenting dalam gambar kerja... Gue nih kalo bikin rumah tinggal aja, potongannya 4 biji...hua hua hua...banyak kan? Masak baru kuliah aja, bikin potongan 2 biji udah  bunuh diri nyeburin diri ke comberan...terlalu...terlalu bego maksutnya, masak bunuh diri di comberan. Bunuh diri tu di jurang, laut, apa kali...

Oke, selamat menggambar potongan...
sukses buat kuliahnya, sekolahnya, kerjaannya, tugasnya, pacarannya, semuanya deh,..

19 komentar:

Anonim mengatakan...

okey GOOD Suggestion ^ ^
matur tenk kyu

Anonim mengatakan...

kirimin gambar2 yang berbentuk notasi donkk hehehehe
bingung nih... mohon bantuannya yahh, thx.. gbu..

Nasyiin Faqih mengatakan...

Senang sekali bisa membaca tulisan anda, segar, konyol, tapi cerdas dan terukur. Pinter tapi berlagak bodo. Pantes dapat A TA nya. Salam teknik.

Anonim mengatakan...

hahahahahahha

Anonim mengatakan...

mas, tulisannyta jangan biru dong, mataku jereng :D

Unknown mengatakan...

Haha sip kocak2 :v anak smk juga sama 4 potongan :v

bendol mengatakan...

beuh . .. . .padahal aq suka dengan potongan, apalagi bisa sampai detail .. .
karena untuk nglepas gambar kerja ke client klo ga perfect, rasanya gak nyaman.

salam
Eks. Interior Design ISI Dps

anonimus mengatakan...

Makasih ilmunya, blognya berguna bgt :)

Maysuri Ranah Krinta mengatakan...

mana yang lebih bagus buat potongan dulu baru tampak ato tampak baru potongan ??
sorry newbie masih kelas 3 SMK hehehe :D

Unknown mengatakan...

ane kagak bisa sumpah :v

Unknown mengatakan...

Tenkyu gan๐Ÿ˜Š

Unknown mengatakan...

Tenkyu gan๐Ÿ˜Š

Deka mengatakan...

Thans gan bermanfaat banget :)

Unknown mengatakan...

salam satu garis dari Muhammadiyah Jakarta.. YOLO.
Tugas Banyak siapa Takutt... !

Unknown mengatakan...

thanx banget tips nya
cuma mau kasih sedikit masukan aja.. jangan di anggap kritik ya
warna tulisannya terlalu terang jadi bacanya kurang nyaman

Tude Arimbawa mengatakan...

keren mas, cuma mungkin tulisannya jangan biru ya agak samar soalnya kalo dibaca hehehe

Unknown mengatakan...

potongan dulu baru tampak sih menurut ku ๐Ÿ˜ soalnya kan tampak asalnya dari potongan dulu

Anonim mengatakan...

warna fontnya bikin susah dibaca

Susmita Smarla mengatakan...

Keceeee bangettt..
Mata yang lagi ngejar deadline berkurang ngantuknya dan sepertinya tercerahkan✨️
Thankyou..

Posting Komentar