Rabu, 22 Agustus 2012

Lika liku Diknas dan Kedutaan part 1

Selamat malam semuanyahhh.. Jumpa lagi ama gue.. Gue masih ngetem di Jakarta nih.. Besok baru balik ke tanah Banyumanik yang gemah ripah loh jinawi. Btw, gue baru aja nonton film Rumah Dara. Bagi kalian yang belom nonton ni film, disarankan untuk tidak menontonnya sendirian, apalagi sambil makan. Dijamin kalian ga doyan makan selama tiga hari ke depan. Isinya bunuh-bunuhan dan potong memotong tubuh manusia. HOEK. Gue suka jalan ceritanya, tapi gue eneg sama adegan-adegannya. Kebayang-bayang tauk.. Hufff

Oya, gue secara mendadak ke Jakarta untuk ngurusin visa en diknas. yah kehidupan gue akhir-akhir ini lagi diwarnai dua hal itu. Nah berhubung gue mo Lebaran di Jakarta juga, jadilah gue memutuskan ngebablasin ampe lebaran sekalian. Gue tau gue lebay, tapi apa yang terjadi membuat gue bersyukur gue masih stay di Jakarta.

Kamis, 9 Agustus 2012
Gue berangkat ke Jakarta sm nyokap gue. Kita berangkat naek kereta Gumarang jam 21.27 (buset ampe apal jam persisnya). Gak biasanya gue naek kereta aneh itu. Tapi beberapa alesan di bawah membuat gue mantep pesen tiket kereta antah berantah itu.
 Pertama, tu kereta berangkatnya malem, nyampenya pagi. Gue bisa ngeberesin aktivitas gue selama pagi itu. Untungnya yah gue pilih kereta jam sgitu(nada mendesah syahrini), ternyata gue masih mondar mandir kayak angkot sepanjang siang. Hari itu rencananya gue ma Yasser mau bayar tiket pesawat buat 8 anak. Nah, berhubung ada yang di luar kota, trus juga ada yang lebih memilih transfer, jadilah rekening BNI en Mandiri Kiki Irawati menjadi pengepulan duit berjuta-juta yang cuman numpang lewat itu. 2 orang transper ke BNI en 2 orang transper ke Mandiri.Gue berasa kaya raya sesaat. Tapihhh tapiiihhh... ternyata 2 atm gue bermasalah. Nah lo mampus kan. Kalo ampe tu duit kenape2, gue gak bakal sanggup ganti, yang ada gue lari ke pom bensin terdekat trus minum pertamax sebanyak2nya.
So, jam 8 pagi gue ngurusin BNI. Tapiiihhh... gue punya kewajiban nyervisin Supra Budul gue. Akhirnya, gue buang tu Supra ke bengkel Ahass Tembalang trus gue jalan kaki ke BNI buat ngurusin ATM. Jadi setelah gue ngurusin BNI laknat ini, si Supra Budul udah selese diperkosa mekanik Ahass. Pinter kan gue? Perlu diketahui, buku BNI gue uda abis, jadi gue harus ganti dulu sebelum narik. Kenapa ga narik lewat ATM? Pertanyaan bodoh. Gue mo narik 10.400.000. Sedangkan transaksi maksimal BNI itu 5 juta kalo lewat ATM. Berhubung gue pernah kaya (sekarang lagi gak kaya), gue paham betul aturan ini.
Jam 8.30, si BNI dan si Supra selesai diurus. Gue, dengan gagah berani melanjutkan perjalanan ke Bank BNI Srondol buat narik duit 10.400.000. Kenapa gue gak langsung di BNI Tembalang? Gak. Gue masih punya mukak untuk tidak ganti buku dan nguras tabungan di tempat yang sama.Masuk Bank BNI, gue berasa orang kaya. Gue nulis slip pun dengan dada yang terbusung. Segera setelah tu duit berhasil gue kuras dengan hati yang lapang, gue langsung berjalan gontai layaknya orang miskin...
Gue masih punya janji ama Yasser jam 10. Dan gue masih punya janji ama rental buat ngeprin kebutuhan visa. Yuk yak yuk. Bingung kan? Sayangnya kuntilanak tidak berkeliaran siang hari, jadi ga bisa gue kerahkan tenaganya untuk ngurusin salah satu dari janji-janji gue.
Jam 10, Yasser yang ditunggu gak kunjung dateng. Akhirnya, kita putuskan janjian di kosan Agnes, buat ngurusin kelengkapan visa lainnya. Nah, selain itu, gue kembali menerima duit lewat maksliwer dari Maya. Jadilah, gue bakal berkeliaran dengan duit 15.600.000 di tas. Untung muka gue muka derita, jadi gak bakal ada yang ngira gue bawa duit sebanyak itu di tas.
Jam 12.30, gue ke Mandiri deket rumah buat ngurusin ATM gue yang keblokir. Lengkap kan penderitaan ATM2 gue. Setelah selesai ngurusin, seperti yang gue lakukan di BNI, gue melakukan penarikan terdahsyat abad ini di cabang lain. Gue ke Mandiri depan Ada, dan keluar dengan tambahan 10.400.000 lagi di tas. Total gue bawa duit 26 juta. Jam 13,30, gue pulang buat nyimpen duit negara tersebut, soalnya gue mau turun ke Djarum Pandean Lamper. Nah kalo ke Djarum ini gue kudu semiskin mungkin, soalnya gue mau ngemis! Jadi, supaya satpam Djarum tidak mencium bau2 kekayaan di tas gue, tu duit kudu gue amankan lebih dahulu.
Jam 13.30 gue turun ke Pandean Lamper dengan Supra Budul. Gue naek supra karena supra gue bensinnya masih banyak. Gak banyak-banyak amat sih, setidaknya masih cukup buat naek turun sekali. Kalo keabisan ya gue geletakin aja tu motor di jalan trus gue ngebis. Jalan ke Pandean Lamper itu kayak jalan menuju neraka. Panas, penuh polusi, dan rame (gue memprediksi ke depannya, neraka bakalan rame). Bagi yang engga tau di mana itu Pandean Lamper, jalan misterius itu terletak di Simpang lima masih luruuuussss jauuuhhh ke arah timur. Jauh kan? Kalo ga mudeng, lo liat Gugel ert aja dah.
Jam 14.30, gue nyampe rumah. Gue berharap gue bisa leha-leha ampe jam keberangkatan. Ternyata engga.
yasser en Agnes masih di Simpang Lima (abis ambil pasport), padahal duit ada di gue. Kita terpisah kurang lebih 7-8 km. Berhubung amat menyengsarakan jika Yasser kudu naek ambil duit trus dia turun lagi ke simpang lima buat bayar tu tiket, jadilah gue jam 15.00 nyamperin mereka ke Simpang Lima.
Saat itu, gue merasa kematian gue uda deket. Gue yang berasa ni badan keabisan batere, bawa duit 30 jutaan ke Simpang Lima, ngerasa nyawa gue di ujung buntut kebo. Gue, maupun supra budul, dengan sisa-sisa bahan bakar yang ada, turun ke simpang lima terus pulang lagi ke rumah.
Jam 16.30 gue tiba di rumah gue. Mau rumah gue sejelek en senista apapun, tapi dalam kondisi seperti ini gue sangat merindukannya. Gue tergeletak di carport secara jumawa.
Jam 17.30 gue baru sadar dari pingsan singkat gue. Dan gue panik karena gue belum packing sama sekali. Baju gue masih berantakan di lemari, berkas visa gue masih bertebaran di lantai, Jeremy masih makan whiskas, en anak gue masih eek di celana (oh yang ini engga). Gue packing super singkat, gue mandi besar (gue memang tidak melakukan hubungan suami-istri, tapi capeknya hari ini ngalahin hubungan suami istri selama seminggu), gue makan nasi-kecap, trus gue ke rumah sodara gue nitipin Supra Budul.  Sementara si Vario Bebeb sukses gue simpen di kamar!! (bener ni ga boong, tu motor jejeran ama kasur gue).
Jam 19.00 gue janjian ama Yasser di mesjid deket rumah. Dia mau ngasi berkas visa 4 anak lain. Jalan kaki dari rumah ke mesjid aja gue ngerasa nyawa gue berserakan sepanjang jalan.
Gue berangkat dari rumah ke stasiun Tawang jam 20.15 dengan nyawa yang udah tinggal 10%.

Di kereta, gue tertidur pules. Sangat pules. Meskipun gue pilek yang membuat gue harus tidur dengan mulut terbuka dan berlumuran iler, gue merasa tidur gue indah banget.

Tanggal 10 September 2012
Gue tiba di stasiun Jakarta Kota jam 6 teng. Alesan kedua gue naek gumarang adalah stasiun ini. Gue sukak banget sama ni stasiun. Gue berasa idup di jaman Belanda. Bedanya, jaman belanda masih banyak orang belanda, jaman sekarang banyak gelandangan. Jaman Belanda masih berbahasa belanda, jaman sekarang berbahasa gaul. Jaman belanda belum ada busway, jaman sekarang uda ada busway bersliweran. Jaman belanda gak ada orang jualan casing hape, jaman sekarang orang jualan casing hape ama copet hape berada di lokasi yang sama.
Gue naek busway dengan bahagia. Tapi gue melupakan sesuatu : Jembatan Busway Terpanjang di Pulau Jawa, yakni Jembatan di Halte Semanggi!!! Sumpah gue lupa abis. Gue kudu transit di Semanggi buat ambil busway yang lewat Gatot Soebroto. Gue memperkirakan jembatan ini memiliki panjang 2 km.Membawa ransel dan tas pakean melewati jembatan biadab ini adalah kesalahan terbesar sejak jaman Empu Sendok. Buat yang penasaran ama ni jembatan, bisa dicoba. Jangan lupa bawa counterpain, koyo cabe ato balsem buat kerokin dengkul. Okeh.
Gue tiba di rumah om gue jam 7.30. Padahal gue janjian ama mbak ulpa jam 8.30. 1 jam di Jakarta itu luar biasa cepatnya. Mana gue belum mandi pula. Dengan segenap jiwa raga, gue ngeprin salah satu persyaratan visa, trus gue mandi ala tentara, trus berangkat mengejar busway ke kedutaan.
Kedutaan Perancis itu letaknya di lantai 40 menara BCA. You know, ternyata jarak antara tu menara ama halte Tosari cukup jauh en panas. Gue keabisan napas. Kalo gue jadi gubernur DKI, gue bakal bikin lift (ato minimal seutas tali) buat menuruni dan menaiki jembatan busway. Sepertinya gue telah kehabisan 30% pelumas sendi lutut gue akibat aktivitas jembatan busway ini.

Setelah lari-lari, tibalah di lantai 40. Mbak Ulpa sudah stand by dengan manisnya di depan ruangan Ambassade de France itu. Gue jejerin sambil ngerasa jangan-jangan sekarang gue uda mati keabisan napas.
Mbak Putri dari Kedutaan pun keluar. Gue pun menjelaskan kenapa gue nongol dengan mukak kayak abis diperkosa gorila.
"Loh, kalian belum waktunya mengurus visa. Prosesnya masih panjang"
GUBRAK
Kalo di depan gue ada jendela mungkin gue uda terjun bebas saat itu juga.
Alesan mbak Putri mengatakan demikian adalah karena ketidak jelasan dari diknas. Nah lo kementrian laknat itu bikin masalah lagi kan. Hadeeuuuhhh. Rasanya gue pengen geletak detik itu juga.
Alhasil, gue menunggu mbak Ulpa ngurus visanya, sementara berkas 6 orang lain diserahterimakan kembali ke gue.
Namun, Tuhan selalu baik, sodara-sodara. Dia mengirimkan bapak ganteng duduk di sebelah gue terus ngajak ngobrol. Gue gak inget apa yang dia omongin, karena gue sibuk mandangin wajahnya. Yang gue inget cuman atu : dia arsitek. Wajahnya mirip ama Collin Farrell, alisnya tebel, rambutnya rapih ke belakang, tatapan matanya sayu, bibirnya tipis, dompetnya tebel, pokoknya muka-muka pengen gue peluk erat deh. Tenang, gue masih cukup normal untuk menahan hawa napsu gue untuk merangkul si bapak ganteng...

Lalu, gue dan Mbak Ulpa pun memutuskan ke Diknas.
Ternyata, Mbak Devi maupun pak Abe, pihak-pihak yang kami ingin temui dan rindukan (kalo rindukan sih pak abe aja. Gue gak doyan embak2) gak ada di tempat. Jadilah gue dan mbak ulpa ndlosor-ndlosor cantik di hall kementrian. Nah kalian gak ada yang pernah ndlosor di hall kemendiknas kan? Trus liat pak menteri jalan mo solat Jumat kan? Gue ma mbak ulpa pernah....

Gue pun pulang ke Blok M dengan hati yang galau dan perut yang lapar.
Gue makan kalap di BMK Blok M trus pulang. Rasanya, abis itu gue koma selama 3 hari....

#bersambongggg#



1 komentar:

agung mengatakan...

Syip gan....

Posting Komentar