Jumat, 24 Agustus 2012

Lika liku Diknas dan Kedutaan part 5

Siang-siang bolong gini enaknya makan es campur... Betul? Sayangnya deket rumah gue gak ada anak manusia pun yang berinisiatif buka warung es campur. Gue kudu naek motor buat nyari. Beuh males tauk. Apalagi status si Vario Bebeb sekarang lagi ngetem di kamar gueh.. Hahahahaha. Berhubung gue gak mau liat wujud kamar gue yang kayak abis ada perang Baratayudha, jadi gue biarkan si Vario ngamar ama kasur, buku-buku, kecoak, en kalajengking piaraan gue di kolong-kolong. Kayaknya sih si Michelle (nama kucing gue yang gak pantes banget kalo disandingkan ama mukanya) ngamuk pas gue tinggal  ke Jakarta. Trus dia berantakin berkas-berkas proposal thesis gue.. Biarin dah. Males juga gue nginget-nginget tu tragedi tesis.

Kita flesbek ke tanggal 16 Agustus 2012.
Seperti yang telah gue ceritain kemarin, gue sukses ke diknas. Sukses dapetin SK yang bener, sukses nunggu mbak Devi ampe jamur-jamur numbuh di punggung (oh kalo ini emang banyak), sampe bulu ketek gue memanjang dua belas meter, trus ampe gue berevolusi kembali jadi Megantropus, sukses juga ketemu Mbak Okky yang ternyata adalah Mas2, ampe sukses ngeliat Pak Abe menebar wangi-wangi ketampanan.. Hooossshhh..
gue ke kedutaan dengan kereta kencana andalan : Busway Blok M-Kota. Gue yakin lama-lama petugas busway di halte Tosari, halte Bundaran Senayan, halte Semanggi, Halte Polda ama halte LIPI bakal apal ama gue. Rencana penting gue ke kedutaan adalah :
1. Ngurusin visanya Jeng Lita
2. Ngurusin visa gue sendiri (kayaknya). Semalem sebelumnya gue dikirimin Notice d'Accueil ama kedutaan tapi kagak bisa dibukak. Stupid kan. Gue gak tau tu apaan jadi disuru dateng aja ke kedutaan buat ngisi tu form. Kayaknya ni karena gue ada di jakarta deh jadi gue dianiaya sama kedutaan, isi formnya langsung di tempat. Kalo yang laennya kan via email. Krik krik krik krrrook
3. Nyuci mata liatin pria-pria tampan berduit di Menara BCA.
Tiba di lantai 40 dengan ngos-ngosan, gue ngapelin mbak satpamnya lagi.
"Mbak.."
Si satpam senyumm "Cari mbak Aprei ya?" #konon mbak putri itu dipanggilnya "mbak aprei". Ya eyalah orang namanya Apreita Putri. Gue nya aja yang sok prancis manggil orang pake nama belakangnya. (Padahal gue sendiri aja ogah kalo dipanggil "Mbak Irawati". Nehi)
"hehehehhehehehe..." gue ketawa.. Gue mau ketawa manja imut gimana, tapi kayaknya bakal kedengeran kayak ketawanya banci lagi ngerayu.
Trus mbak putri nya keluar. (Oya perlu diketahui, kalo ente-ente gak memiliki tujuan ngurusin visa, gak bakal boleh masuk sih, kecuali kalo kalian bawa shotgun).
Gue diminta ngisi form notice d'accueil, sembari mbak putri ngecek berkas visa punya gue ama Lita.
"Waduh fotonya..." Nah lo kenapa foto gue. Terlalu cantik ya mbak? Aduh gimana ya itu uda pose paling jelek saya,,
"Fotonya gak 70% wajah nih. Kayaknya bakal bermasalah. Tapi gak papa coba dulu"
Aiihh si embak, pipi doang dong mbak foto gue entar
"Kalo gak boleh mbak?"
"Kamu ke 7 eleven seberang, ada tempat foto". Gue mulai mencium bau-bau bisnis "foto visa" di depan gedung yang isinya kedutaan2 bagian ngurusin visa.
Gue disuru nunggu sebentar, abis itu disuru masuk buat masukin berkas ama interview.
Eng ing eng..... Kononnn katanyaaaa, interpiu nya pake bahasa inggris ato perancis. Nah lo mampus kan gue. Bagai makan buah simalakama, kalo gue pake basa inggris, entar B2 nya meragukan. (sebenernya sih gitu, soalnya B2 perancis gue bego banget, yang ngerjain tesnya bukan gue tapi malaikat pelindung gue. Kalo gak ada tu malekat, gue udah pengsan pas tes dengan nile 0 bulet). Kalo gue pake basa prancis, jelaslah gue yang ada cuman kayak orang disetrap. Bediri sambil bengong, gak mudeng diomongin apa aja.
Daripada visa gue meragukan, en sekalian pengen menggali memori-memori perancis gue yang ngga tau uda tersesat di mana, gue pilih basa prancis.
Pas masukin berkas, embak2 loketnya udah bilang kalo foto gue parah banget, demikian pula foto Lita. Tapi embaknya gak bisa mutusin apakah gue kudu ganti foto ato engga, karena yang nentuin adalah bule nya. Siapakah bule tersebut? ternyata bule itu adalah bule loket sebelah yang sekaligus akan mewancarai anda sekalian!! Matik kan gueh.
Kalo ama orang endonesya, gue masih bisa ngeles. Kalo ama bule? Jangankan ngeles, ndengerin dia ngomong aja kuping gue berenda.
Gue geser ke Loket Bule.
Bule : "You speak english or French?"
gue : "Both" #guayamu kiiikkk... Pengen bilang sih, "gue bisanya bahasa kalbu"
Bule : "Bsuwqckaisdiqwyewqetwdasdtuaitsdiuahdhd" ---> intinya dia nanya, gue punya foto laen ga *gue nangkepnya gitu
Gue : "non" sambil geleng-geleng
Bule : "ashdeoiqwheoindasduigsdiugsaduiagsduigasdu" --> gue gak ngerti beneran
Gue : "Oui" *asal aja
Bule : "ADHudhuashduisdhiofropweivnsdhfuiyfduiyfuiyf" --> kalo ini gue agak cemerlang... Dia nanya kenapa LoA gue 'provisoire'. Kalo provisoire itu katanya masih sementara, belum jelas. Nah lo. Ude lah biarin. Gak tau kenapa gue cuek banget. Kayaknya karena gue cuman paham 10% jadi gak mendengar hal-hal menyeramkan dari si bule #ini yang dinamakan politik burung unta : lebih baik gak tau
Gue : "Oui" aja lah pusing gue
Bule : "pqworejihfdfjguiftuswhfkshfhfhf" ---> agak panjang nih, kayaknya dia nyeramahin foto gue yang kelewat cakep. Trus gue disuruh foto di 7eleven.....

Kampret.

Gue turun ke lantai dasar trus keluar gedung ke 7eleven yang letaknya di seberang gedung. Gue masih nenteng-nenteng visitor card gue. Sampe sana, gue baru inget : GUE GAK BAWA DUIT. Gue inget banget gue cuman ngembat duit 20rb buat busway. Dompet aja gue gak bawa. Karena gue kerjaannya sehari-hari cuman ngeluarin KTP buat dituker visitor card di menara bca ama di diknas, jadi gue misahin si KTP dari dompetnya. Si dompet sukses ketinggalan di rumah.
Gue ke salah satu pelayan di 7eleven yang pake seragam "mphotostudio" . Ah ni pasti si tukang fotonya.
"Mbak, mau foto buat visa"
"Oya ya sini.." si embak semangat abis.
"Ehhhmmm berapa mbak biaya nya?"
"lima puluh ribu.."
#hening yang sangaaaatttt panjang
WOOOTTTT??? Ajib mahal banget! Lo kate gue foto pre wedding?? Mahalnyaaaahh..
"Nanti aja deh mbak, saya ambil atm dulu" Gue buru-buru kabur. Duit gue cuman 10 rebu, temans. 10 rebuuuu... cuman cukup buat naek busway 3 kali. Kalo tu foto 10 ribu aja, gue ambil. Trus gue pulangnya bisa macem-macem lah ya. Ada taksi, ada ojek, ada kaki juga, ato nyegat cowok ganteng naek bmw gitu yah. Bisa lah. Nah ini 50 rebu, ngerampok mana dulu nih...
Akhirnya gue memutuskan : GUE PULANG!

Gue naek busway ke jembatan semanggi...ganti ke lipi...trus jalan kaki dari lipi ke rumah. Ambil duit, jalan kaki lagi ke lipi, trus ke semanggi (sekali lagi saya dieksploitasi ama si jembatan terpanjang tahun 2012 ini), trus gue naek busway lagi ke kedutaan... Sampe 7 eleven, gue nyaris terjerembab pingsan di mesin pembuat kopi nya 7 eleven... Gue fotooo, sodara-sodara.. Trus jadinyaaaaa yaoloh PARAH! Muka gue jelek banget *ciri orang gak terima kalo jelek, yang disalahin tukang fotonya
Dan yang parah lagi, GUE GAK DAPET FILE NYA! Jadi, dapat gue simpulkan :

Foto di 7 Eleven depan Menara BCA itu harganya 50 ribu untuk DELAPAN HELAI FOTO
Shit happens.
Okelah foto mukak gue kayak rotiboy (gembul dan melembung) dan nggak bakalan mau gue afdruk lagi ke depannya (gue udah bersumpah di hadapan washtafel 7 eleven), tapi kan gue akan berasa worthed kalo gue dapet CD nya,.,,

Di kantong gue kini tinggalah 6500. 3500 nya disimpen buat bayar busway pulang, terus yang 3000 bisa buat beli akua. Gueeehh hamppiirr matiiiikkkk...Pas bukak kulkas minuman, rasanya gue pengen keluarin tu semua minuman di dalemnya terus gue ngedekem di situ sampe besok pagi.

Gue serahkan foto itu dengan bahagia luar biasa pada mbak loket visa
"Nah kalo gini kan fotonya bagus"
Iyalah 50 rebu harus bagus... #nyesek tauk

Setelah itu gue pulang dan langsung tergeletak, gak bangun sampe lebaran...
Jadi, dapat gue tarik kesimpulan, hari itu gue melakukan perjalanan sebagai berikut :

Rumah --> Halte busway Lipi --> Jembatan terpanjang --> halte Semanggi ---> Diknas
Diknas --> Halte Tosari --> Menara BCA
Menara BCA --> 7 eleven
7 eleven --> Halte Tosari --> Halte Semanggi --> Jembatan Terpanjang --> Halte LIPI --> Rumah
Rumah --> Halte LIPI--> Jembatan Terpanjang --> Semanggi --> Halte Tosari --> 7 eleven
7 eleven --> Menara BCA
Menara BCA --> Halte Tosari --> Semanggi --> Jembatan Terpanjang --> Halte LIPI --> Rumah.
Total gue naek busway 5 kali, ngelewatin jembatan terpanjang 4 kali, jalan dari LIPI ke rumah sebanyak 4 kali, dan 1 kali lagi gue melakukan itu, gue bakal tewas di Jembatan Terpanjang di Pulau Jawa itu. Tar gue gentayangan jadi Hantu Binal Jembatan Semanggi (part 2)...

Eerrrrrggghhh...
Guehhh langsung capek sendiri mengingat-ingatnya...
Nb : Visa lita udah gue urusin. Tinggal nunggu panggilan. Visa gue? Tunggu masih nunggu attestation dari ENTPE nih, barusan Mbak Arie kirim form buat "ngubah" provisoire nyah... semoga gak berkepanjangan. Gue capek.
Sekarang kalo gue liat, inget, ato papasan ama halte Tosari, Halte Semanggi, Halte LIPI, gue langsung kena phobia akut...


Nantikan episode selanjutnya...
Gue mau cari makan. Laper. Mau berburu rusa dulu.

2 komentar:

Diwasasri Sandyakala mengatakan...

ahahahaha... ceritanya gokil bangeet!!!

sisca_kyu mengatakan...

Ceritanya seru, baru Nemu blog ini. Ngomong-ngomong kok udh g update lag, pdhl asyik ceritanya

Posting Komentar