Senin, 28 Februari 2011

Sekolah itu Mahal : Kisah Meneguk Rejeki menjadi Drafter Dadakan

Menjadi tentor GO enggak selamanya bisa buat gue makan. Bayangkan, sehari itu gue kudu makan daging kuda mentah setengah kilo trus harus minum susu kambing etawah satu liter. Bakalan berapa juta coba sebulannya? So, gue memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lebih layak dan berpenghasilan lebih baik. Sayangnya, gue gak tau kerjaan apa itu.

Hingga suatu hari gue mengalami masalah dengan yang namanya KRS onlen. Jaman onlen sekarang emang kadang ngerepotin, salah satunya adalah acara ngisi KRS Onlen. Bagi gue, KRS cukup tulis manual, tanda tangan dosen wali gue, trus dikumpulin. Beres. Kalo onlen mah ribet, kudu buka komputer, konek internet, buka situs dekanat, trus login, trus ngisi. Hasyah, riweh abis. Bagi gue, internet cuman buat seneng-seneng ama ngerjain orang.
Celakanya, gue dengan tolol ngikutin temen gue, Tavin, buat ngeganti password akun KRS onlen gue. Dan celakanya lagi, pas diharuskan ngisi tu KRS, GUE LUPA PASSWORDNYA!! Gue yang pas itu masih muda (baca : semester 3), menganggap "lupa password KRS" itu bagaikan bencana gunung meletus. Gawat darurat dan kudu segera diselamatkan sebelum timbul korban jiwa.

So, gue menghubungi dosen wali gue. Dosen wali gue, kita sebut saja beliau Pak Edgar, mengantarkan gue ke pengajaran. Masalah gue diselesaikan di sana. Meski sebenernya gue kalo inget kejadian itu,gue pengen gantung diri saking malunya. Gue yang nyaris nangis karena "lupa ama password", ngelaporin masalah itu ke dosen wali trus dibawa ke pengajaran, bagaikan anak yang pergi ke warung trus lupa jalan pulang ke rumah. Hrrr....
But  karena ada masalah itu gue jadi cukup dikenal Pak Edgar.

Beberapa waktu kemudian, gue dipanggil Pak Edgar ke rumahnya. Dia minta tolong ke gue untuk ngeditin jurnal punya fakultas teknik. Alesannya, karena gue pernah ikut olimpiade fisika. Woooooooooooohhhh bangga abis gue, akhirnya olimpiade gue bisa dipamerkan dan menghasilkan uang. Sebenernya gue bingung, apa hubungannya olimpiade fisika ama jurnal teknik. Kalo olimpiade fisika ama radang otak, itu hubungannya erat banget. Sebab-akibat gitu,
Acara mengedit jurnal itu enggak segampang yang gue bayangkan. Di sini gue bertugas mengedit 10 artikel yang jelas banget, gue kagak mudeng isinya apaan. Udah gitu, ada artikel yang kudu gue ketik ulang dari buku laen. Meringkes dari 20 halaman artikel jadi 8 halaman artikel. Aje gile. Di sini gue menyadari hubungannya olimpiade fisika ama ngedit jurnal. Yakni, ngedit jurnal itu ternyata butuh ketangguhan otak. Dan ketangguhan otak itu tercipta dari pengalaman radang otak gue di olimpiade fisika.
Tapi Alhamdulillah, honor gue buat ngedit jurnal ini setara dengan gaji sebulan gue di GO.

Dan ternyata, gak berhenti di sini aja nih perjuangan gue mencari uang buat makan gue yang kayak jatah makan singa Afrika 3 hari.
Beberapa waktu kemudian, gue kembali ditelepon Pak Edgar. Pak Edgar ngajakin gue buat ngebantuin proyeknya di Pemalang. Dia mau bikin rumah pengasapan gitu di sana, bareng ama dosen-dosen perikanan. Gue, yang seumur-umur belom pernah mroyek, seneng banget pas diajakin. Bagi gue, kata-kata "proyek" tu berasa kereennn banget. Rasanya gue tu kaya seketika, berduit banyak secara mendadak, maklum mahasiswa bego semester 3 tu ya kampungan kayak gini.
Gue disuruh ngebantuin ngedesain denahnya, trus ngebikinnya pake autocad? Autocad? Apaan tuh? Gue taunya otopet en gue sampe setua ini masih suka maen otopet. Gue memang masih semester tiga, tapi gue udah bisa otoket dikit-dikit lah. Bukan karena gue pinter, tapi karena gue hobinya ngedekem di depan komputer sambil mitesin jerawat, jadi gue mencoba segala bentuk software gak jelas, mulei dari otoket ampe menses (software kehamilan).
Gue bangga udah bisa otoket gambar 2 dimensi.

Besoknya, bencana terjadi. Gue diminta untuk ngebuat gambar 3 dimensinya.
"Kamu bisa bikin 3D kan?" tanya Pak Edgar.
Gue, dengan bayang-bayang gemerincing uang, dengan pede menjawab "Bisa Pak"
Sampe rumah, gue tersadar, "SEJAK KAPAN GUE BISA TRIDI? MAMPUS DAH!"
Gue, buru-buru bongkar lemari buku. Gue nemu buku "Mahir Autocad 2D dan 3D". Belajar 3D gak kayak belajar maen game CS. Belajar 3D lebih menyerupai belajar materi Fluida di fisika kelas 2 SMA. Fakta menunjukkan : kalo gue ngebikin ni bangunan pake kerdus, hasilnya jauh lebih bagus dengan hasil 3D autocad yang gue buat sekarang.
Meski gue udah berjuang sekuat tenaga, tetep aja muka si 3D ini buruk sekali, ngalahin muka gue kalo abis bangun tidur. Tapi apa daya, gue tunjukkan  gambar itu ke Pak Edgar. Dan gue pun sudah yakin apa yang terjadi : Dia minta disempurnain, diwarnain gitu (bahasa begonya). Maksutnya sih di render gitu. Tapi kan gue masih bego (dari dulu juga bego) urusan 3D, jadi gue nyebutnya "ngewarnain".

Gue memutuskan untuk mencoba yang namanya 3Ds Max. Gue nanya ke temen-temen gue. Ada yang punya masterannya 3Ds Max. Tapi memang ni otak terbatas, begitu ngebuka aplikasinya, gue langsung migren kayak orang abis kayang 12 jam. Gile. Gue gak tau ini aplikasi kudu digimanain, isinya button semua, trus tulisannya buaaanyaaak. Tiap gue klik sembarangan, kagak ngefek apa-apa. Menyerah dengan ketololan gue, gue pun memutuskan untuk kembali ke otoket 3D.
But, tiba-tiba temen gue ada yang nyaranin Skecap. Skecap? Paan tuh? gue taunya kecap, itu loh yang gue abisin sekali teguk, pake es batu, buat nggantiin coca-cola.
Skecap itu semacem 3D gitu en katanya (katanya. lho. Gue mah kagak tau) gampang, lebih gampang dari otoket ato 3dsmax. Atas rekomendasi yang menenangkan itu, gue pun menjamah skecap punya temen gue.
Ternyata, memang skecap lebih gampang dari Max, tapi menurut gue tetep aja kagak menyenangkan. Gue gak suka gambar pake komputer.

Dalam waktu semalam, gue berhasil menyelesaikan bangunan gue dengan skecap yang gue pelajarin beberapa jam dari komputer temen gue. Untungnya temen gue itu enggak ngerentalin komputernya. Coba kalo gue harus ngerental, mungkin bisa gue selesekan 3 kali lebih cepat, untuk meminimalisir pembayaran rental.
Besoknya, gue langsung nunjukin itu ke dosen gue.
Bangga bo.
(betewe gue membuktikan sendiri perkataan guru SMP gue : "Cepat ingat, cepat lupa". So kalo gue dulu cepet banget memahami skecap, maka cepat pula gue melupakannya. Terbukti sekarang gue udah gagap banget ama skecap).

Setelah lama gambar-menggambar, resmi juga gue berangkat ke Pemalang, sebuah kota kecil sebelum Pekalongan. Semarang-Pemalang makan waktu 2 jam-an, dan gue berangkat ama Pak Edgar en 4 dosen dari perikanan. Kita beberapa hari kerja di sana. Dan gue dapet panggilan mesra di sana, yakni 'Ayam". Soalnya, kalo tiap kali kita makan di resto, gue pasti ngambil ayam. Yah, mau gimana lagi, kagak ada yang jual daging kebo mentah sih, jadi gue makan ayam deh.

Selama beberapa hari di sana, gue merasa inilah saatnya gue pulang : Natal. Gue rencana mau pulkam gitu ke Jakarta, tanggal 18 desember. Gue udah jauh-jauh hari pesen tiket kereta buat tanggal 18. But, you know, pak Edgar mencegah kepulangan gue itu. Wottt?
Dia minta supaya gue mundurin kepulangan gue. Sebenernya gue kagak ikhlas. Tapi demi segepok uang buat beli makanan kesukaan gue : daging jerapah asam manis, gue pun menyetujuinya. Gue mundurin tiket jadi tanggal 23. HJuhuhuhu...

Pulang tanggal 23, masih juga diundur-undur. Gue rencana balik ke Semarang tanggal 23 pagi. Karena gue naek eksekutif, gue gak bisa naek dari Pemalang. So, gue harus tersiksa dengan balik semarang duluan. Balik ke Semarang juga pake tambahan kesiksa lagi. Jujur, gue gak tau ke Semarang itu kudu naek apa. Kalo ada bajaj, pasti gue sewa buat balik Semarang.
Gue dibeliin tiket bis Nusantara jam 3 sore. Anjrot, kagak ada yang lebih malem lagi nih. Kereta gue berangkat jam 9 malem dari Semarang. Jam 3 sore baru Ke Semarang, dengan lama perjalanan 2 jam, berarti gue sampe semarang jam 5 sore. Dan gue inget, GUE BELOM SIAPIN APA-APA! Doa gue cuman atu : semoga tu bis laknat kagak hobi ngetam-ngetem.

Jam 5 sore, gue masuk ke kota Semarang. Konon, gue harus berhenti di  Kalibanteng. Kalibanteng tu di mana ya? Seumur-umur gue kagak pernah tau di mana kalibanteng. Kalo kalimalang gue tau, tempat gue sering berkubang. Kalibanteng tu gue kagak ngerti bentuknya apaan. Apakah gedung, apakah warung kucingan, ato kali yang isinya banteng-banteng. Jadi, patokan gue cuman atu : teriakan kondektur. Kalo dia nyebut "kalibanteng", berarti di situ gue turun. Kalo dia nyebut "pasar minggu pasar minggu" itu artinya gue ngalamin gangguan otak berat.
Sampe di suatu tempat, sebuah bundaran gitu, beberapa orang pada turun. Tapi si kondektur gak nyebut apa-apa (gue sadar gue tolol banget menggantungkan idup gue pada kondektur bis). Setelah itu bis berjalan ngelewatin sebuah jalan raya yang sepiiiiiii banget. Anjrit ini dimane? Mana udah rada gelap pula.
Dengan pede, gue nanya ke kondekturnya, "Mas, ini di mana ya?"
Jawab dia, "Ini di kaligawe..."
Kaligawe? Deketnya Kalibanteng kah? Secara, sama-sama kali-nya gitu.
"Kalo kalibanteng mana ya?" polos banget.
"Waaaah udah tadi, Mbak. Bunderan tadi."
MONYOOOOONNNNGGG......
Gue kebablasan.
"Abis ini brenti mana mas?"
"Terboyo, abis itu ke Kudus..."
KUDUSSS??? MAMPUS DEH GUE! Kagak jadi ke Jakarta malah nyasar di Kudus kan.
"Udah, saya turun sini deh bang..."
Dan turunlah gue di ujung jalan yang sepi alamak....
Tapi, Tuhan sangat baik pada gue. Dia mengirimkan 3 taksi ke depan mata gue, trus gue tumpangin deh.
Wuaaahhh...akhirnya berhasil juga gue balik Jakarta. Huuuuuuuuffffffffff..........

Yah itulah sedikit tentang perjuangan gue jadi tukang gambar dadakan. Abis itu, gue ikut Pak Edgar di beberapa proyeknya gitu. Lumayanlah, biasanya gue makan daging mentah, abis mroyek gue bisa makan daging mentah pake kecap.
Huhuhuhuhu....

Betewe gue lagi nonton Jurassic Park. Menurut gue, pilem ini adalah pilem paling menegangkan, ngalahin Friday The 13th. Keren gitu, lawannya dinosaurus. Coba di kampus gue ada Jurassic Park nya, pasti udah gue santap semua tu dinosaurusnya. Raptor? Gak takut. Gue semprot Baygon aja pasti paru-parunya udah geser ke dengkul. T-rex? Gue jegal aja udah pasti kejebur comberan...

Oya, gue buka jus di kampus, pada beli ya...
Itu hasil jualannya buat nambahin saos tomat di santapan daging kuda mentah kesukaan gue,..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wkwkwkwkkwkwkw gokil, ga sangka si kondektur manggilnya mbak, kirain penulisnya mas-mas, haha salute buat nyali kuda liarnya hahaha piss

Posting Komentar