Sabtu, 05 Maret 2011

Kehidupan Pasca Lulus : Calon Pegawai Bank (part 1)

Gue emang punya bisnis, yah masih kecil-kecil gitu. Tapi sekarang sih rencananya gue mau mulai bisnis property. Gue nyari tanah nih, ukuran 80-100m2 aja. Mau gue jadiin bisnis property pertama gue. Doain aja yah, doain biar sukses en biar gue kagak radang otak.
Omong-omong soal bisnis, gue pernah lho, berkeinginan untuk bekerja di bank. Keinginan ini gue miliki sesaat setelah gue nerima ijazah. Gue pengen kerja di bank karena "Gue enggak bisa kerja di konsultan ato kontraktor". Kenapa? Kalo konsultan, jelas banget alesannya sangat ultimate, yakni GUE KAGAK BISA GAMBAR PAKE AUTOCAD ATO 3D. Fresh graduate itu lazimnya diletakkan di posisi paling terpuruk di konsultan, yakni drafter. Drafter adalah pekerjaan yang super berat, karena bikin gue kudu lembur, ngadep komputer en gambar-gambar, trus mata jereng sebelah, vertigo, dehidrasi, mencret-mencret, epilepsi, en terakhir tergeletak lemas di atas keyboard. Gue, kalo disuruh bikin gambar denah pake otoket, bakalan butuh waktu 2 hari. Tapi kalo gambar tangan, gue bisa selese 2 jam aja. Nah, kalo semisal gue ngerjain denah di konsultan dalam waktu 2 hari, yang ada gue dibunuh ama bos gue.
Kalo di kontraktor, biasanya jadi pengawas lapangan. Gue mah ogah, kudu kumpul ama tukang-tukang. Udah mereka tu hobinya suit-suit, trus sukanya gangguin pembantu lewat. Huh males banget. Mana kalo di lapangan itu panas banget, gue yang udah item gini entar tambah item. Kalo gue mau ikutan Putri Indonesia, malah dilikutsertakan di ajang Putri Anjing Laut Indonesia saking itemnya.
Tapi gue gak goblok-goblok amat dalam dunia arsitektur, soalnya gue udah cukup sering bangun-bangun rumah. Cukup sering juga desain-desain eksterior-interior, nyamperin tukang-tukang buat inspeksi, trus sering juga nyamperin toko material buat beli bahan, en cukup sering juga gue ngecor (bukan ngecor semen, tapi goyang ngecor).
So, gue mencoba hal baru dengan menjadi pegawe bank.

Bank, identik dengan uang, kekayaan, teller-teller ganteng, dan satpam yang galak. Bagi gue, bank adalah pekerjaan teraman dan paling ringan sedunia. Kerjaan di bank paling-paling cuman ngitung duit. Ugh, gue seneng banget ngitung duit, apalagi duit banyak en punya gue sendiri. Trus, bank itu konon katanya punya gaji yang besar. Kalo gue liat tetangga-tetangga gue yang kerja di bank, mereka kok cantikcantik en kaya-kaya. Kalo cantik sih mungkin takdir, tapi kalo kaya itu jelas hasil bekerja di bank.
Gue menyiapkan ijazah, transkrip, CV, en piagam-piagam penghargaan (mulai dari PIMNAS, olimpiade fisika ampe lomba balap karung) untuk dikirimkan ke bank-bank tujuan. Gue ngirim ke bank-bank besar di Semarang, Jogja, en Jakarta. Pasti ampe satpam banknya pada bosen "jiah, lagi-lagi orang ngemis kerjaan di sini..".
Gue melamar posisi AO (Account Officer) ato Management Trainee. Kata pacar gue, itu adalah posisi basah di bank. AO itu hubungannya ama kredit-kredit. Gue seneng dengen kata kredit, soalnya panci gue di rumah kreditan semua. Trus kalo di management trainee itu bisa naik karirnya, naik jadi manajer, naik jadi direktur, maupun naik metromini. Jadi dengan semangat gue ngelamar di bank.

Panggilan pertama gue datang dari bank Niaga, 2 hari sesudah gue ngebikin setres pegawe kantor pos dengan ngirim 25 surat lamaran sekaligus (batin pegawenya, ni anak mau ngirim lamaran ato ngirim surat kaleng). Bank Niaga manggil gue buat tes tertulis di Kudus. Kudusss??? Bagemana cara gue ke Kudus en tiba di sana jam 8 pagi?
Naek bis? Bisa digarong di jalan dong gue, mana gak tau Kudus itu mukanya kayak apa.
Naek motor? Bisa mati di jalan.
Naek bajaj ? Kagak ada bajaj
Naek dokar? Gue nyampe kudus baru 3 hari kemudian.
Naek pesawat? Kudus engga punya bandara, masak pesawatnya mendarat di sawah?
Atooo....otak bego gue mengeluarkan ide brilian : minta dianterin pacar!! Muahahaha... Laki-laki itu bertugas melindungi istrinya, jadi kalo istrinya terancam bahaya, dia harus menolong. Laki-laki juga bertugas melaksanakan hal-hal yang engga bisa dilakukan istri, nyetir ke Kudus misalnya. Muahahaha
Akhirnya setelah memohon-mohon, pacar gue mau juga nganterin gue ke Kudus. Aseeeeeekkk.... Dia ngejemput gue jam 5.30 pagi, dengan muka gue yang kayak mayat idup. Gue bangun rada kesiangan gitu, mana harus dandan pula. Jadi kalo kalian mau tau muka gue kayak apa pas itu, kira-kira mirip ondel-ondel bermuka ikan gurame. Jelek-jelek manyun gitu.
Pas pacar gue dateng, nyokap gue sedang NGERAUPIN MUKA GUE PAKE BEDAK di ruang tamu. Pacar gue ngakak berat. Mana abis itu makein lipstik pula. Pas banget deh, udah kayak ondel-ondel bermuka gurame, sekarang ketambahan bedak, jadilah gue kayak mayat idup, blasteran ondel-ondel dan gurame.
Berangkatlah gue ke Kudus dengan nyawa masih setengah. Yang setengahnya lagi masih di Zimbabwe.

Sampe di Kudus, bener kan, pasti nyasar!! Katanya, bank niaga itu ada di jalan Agil Kusumandya. Nanya-nanya ke orang-orang, malah nyasar kagak karuan ke mana. Gue curiga, jangan-jangan kita udah nyampe New Delhi.
Akhirnya, setelah muter-muter setengah jam, kita menemukan banknya. Dan ternyata, bank niaga posisinya deket ama batas kota Kudus. Faktap banget deh. Udah muter-muter kagak jelas di dalem kotanya, eh harus balik lagi ke pinggiran.
Dannnn sampe sanaaa....Banknya masih sepi..SIIIINNNGGG... Cuman ada satpam ama dua orang cowok (kedua orang ini kemungkinan adalah pelamar ato sepasang homo lagi mojok). Gue en pacar gue nunggu di dalem mobil.

Tes baru dimulai jam 9an. Padahal kita sampe bank jam 7.30. Gile. 1,5 jam nunggu di mobil ampe gue jenggotan, rambut memutih, en bulu ketek menjuntai ke mana-mana. Bank dibuka en kita semua disuruh ngisi absen sebelum masuk. Di depan gue ada cewek rambut panjang pake kemeja ijo-ijo gimana gitu. Ijo ato item ya? (perasaan ijo en item warna yang jauh deh). Kita ngantri mau absen. Si cewek nengok en tiba-tiba nanya,
"Kiki ya?"
He? Gue cengok. Kok kenal? Wah jangan-jangan kemaren dia ngeliat foto gue ditempel di kantor polisi.
"I..iya..." gue meragu..
"Aku Uci, pacarnya Philsa..."
"Oooooooo...Uciiiii..." gue inget, temen gue ada yang punya pacar namanya Uci. I see i see. Padahal seumur idup gue kagak pernah liat Uci lho, kita cuman via fb aja. It means, gue TERKENAL. Muahahaha.... Bangga banget.

Gue ngisi absen, abis itu masuk ke dalem buat tes. Di dalem bank, udah disiapin kursi-kursi kondangan, ada layar presentasi, ada sound system, ada pelaminan, ada penganten (ini mau tes apa mau datengin kondangan). Gue en uci duduk sebelahan di bangku agak belakang.
Sebelum tes, kita diharusin ngisi formulir. Di formulir itu, gue diminta nempel foto. Foto? Gue kagak bawa foto. Di tas gue adanya majalah. Gimana kalo gue gunting fotonya Tamara Bleszinsky, trus gue tempel di form ini, kan muka kita mirip-mirip gitu.
Gue bener-bener kayak orang kagak niat ngelamar kerja. Yang laen-laen pada bawa ijazah, map-map isi berkas gitu, foto, eh gue kagak bawa apa-apa. Tas gue isinya cuman dompet (itu kagak ada duitnya pula), majalah, tisu basah, ama celurit (mau ngelamar kerja apa mau bunuh orang).

Tes bank tu isinya bener-bener meres otak, ampe otak gue menyusut 20%. Isinya ngitung, ama ngerjain soal cepet-cepetan. Untung gue ini terkenal sebagai kalkulator (soak) berjalan, jadi bisa ngitung serba cepet. Trus kecepatan mengerjakan soal gue ini sudah teruji selama gue sekolah. Datengnya telat, belom ngerjain PR, pinjem punya temen, trus dicontek dengan kecepatan cahaya.

Abis tes tertulis selese, kita disuruh rehat 1 jam. Ceritanya, abis rehat mau ada pengumuman siapa aja yang lanjut ke tes wawancara. Gue dan pacar gue pun bingung mau ke mana. Kebetulan, hari ini pas puasa ramadhan. Jadi bingung deh mau ke mana.
"Ke mana ya?" pacar gue bingung. "Kudus ini engga ada yang diliat. Mau jalan-jalan juga panas.."
"Ngemol.." gue ngasal.
"Kagak ada mol..."
Gue cengok. Ajeh gile. Sedih juga nih kalo gue kudu kerja di sini. Masak gue jeng-jengnya ke pasar? Ke alun-alun?
"Ada mol...tapi isinya ramayana doang..." gue inget. Dulu pas gue kkn di Jepara, pernah ke mol Kudus cuman buat maem KFC.
Kita pun menuju ke alun-alun buat ngeliat Mol Kudus.

Sampe mol Kudus, kita cuman longong-longong doang. Bener. Isinya baju doang.
"Ini mol apa mesin cuci?"
Kita pun ngabur dari mol Kudus, dan mengambil keputusan penting "Nunggu aja di depan bank..."
Ternyata, menunggunya engga 1 jam, tapi berjam-jaman. Whaddahel deh. Pacar gue ampe ngeluh-ngeluh. "Ni koran udah dibaca 3 kali,,"
Jawab gue, "Yaudah, baca aja untuk yang keempat kalinya..."
"Ternyata sangu koran engga cukup..."
"Nah, laen kali, sangunya sangu buku satu lemari..."

Kerjaan kita di dalem mobil cuman ngomentarin orang lewat.
Pas itu tuh, ada orang jalan di trotoar sebrang sambil ngupil dengan nikmat. Dia ngelewatin tiang punya warung tenda. Pas itu warung tendanya tutup, jadi cuman ada tiang-tiang doang di situ. Ehhh,,, pas dia ngelewatin tiangnya, dengan jumawa tu orang NGOLESIN UPILNYA KE TIANG WARUNG. Paraaahhhh...Gue kagak mau makan di warung itu (kalo gue keterima kerja di bank ini, gue bersumpah gue kagak akan makan di warung ituuuu!!). (diiringi desiran ombak dan gemuruh halilintar).

Kira-kira jam 2, pengumuman dipasang di depan pintu kaca. Gue pun beranjak keluar mobil en lari ngeliat pengumumannya.
Ternyata, semua diterima en lanjut ke tes wawancara.  Gile. 30 orang diwawancara dalam waktu 1 hari? Eh salah, 30 orang dalam waktu beberapa jam saja? Absurd banget. Untung gue di nomer 11, engga parah-parah amatlah nunggunya. Kalo gue nomer 30, bukan cuman diomelin pacar gue, tapi juga ditinggalin ama dia.

Gue kebagian jatah wawancara jam 3 sore. Aje gile. Pacar gue sms terus dari mobil, dengan pertanyaan yang sama "udah masuk wawancara?". Hrrrrrrrrr...
Gue benci nunggu.
Giliran gue sekarang. Kita masuk tiga-tiga. Gue en dua orang cewek lain.
Ternyata HRD nya seorang cewek!! Wow!! Untung bukan seorang bencong, entar dikira gue spesies satu marga.
Wawancara gue berisi pertanyaan,
"Kenapa gue seorang arsitek memilih kerja di bank?" gue pengen jawab "Di bank kagak ada otoket ato 3dmax, berasa damai gitu"... Tapi engga deh...Dia kagak mudeng apa itu otoket en apa itu tridimex.
Gue juga ditanyain gue bisnis apa, soalnya gue jawab gue suka berbisnis, jadi tertarik dengan perbankan (tsaaaaahhh...bokis banget). Hmmm sebenernya gue bisnis binatang liar gitu, Bu. Jadi kalo ibu mau piara beruang madu di rumah, saya ada stoknya, baru dateng dari Nigeria.
Pertanyaan berikutnya mengenai prestasi.. wah gue punya prestasi yang biasa-biasa aja. Biasa ranking 1, biasa remidi, biasa ngerjain tugas di sekolah, en biasa maling tipi tetangga. Gitu lah.
Dan, sebelum berakhir, ada satu saran dari ibunya "Kalo wawancara lagi, dandan ya..."
Anjriiiittt!!! Muka gue udah ngalahin ondel-ondel gini menornya, masih disuruh make up?? Orang-orang yang liat gue bakalan lari terkencing-kencing, dikira ada hantu jenis baru.

Gue dan pacar gue akhirnya pulang, dengan semangka dan melon orange yang dibeli di pinggir jalan.
Gue sampe semarang udah maghrib gitu...Huuuuuuufff...
Lalu apakah gue diterima?
Beberapa waktu berikutnya gue kudu ngikutin wawancara di Niaga Semarang, en ngedapetin posisi AO di purwodadi.
Lalu apakah gue ke purwodadi? Kagak.
Satpam Niaga nya aja udah bilang "Aduh, kasian, cantik-cantiik di purwodadi..."
hmmmm...gue juga pengennya jadi AO di Los Angeles, kok, bukan di purwodadi.

Purwodadi gagal kedatengan gue...
Gaji gue cuman 1,7 juta en gue merasa dengan segala kebutuhan idup gue di Purwodadi (tanpa bisa cari sambilan) dan dengan kebutuhan nyokap gue di semarang, gue lebih baik di semarang saja...
Dan gue, melanjutkan ajang pencarian bakat...eh kerja...di tempat lain.
Niaga gagal ama gue..
Siapakah yang berikutnya gue samperin?
Tunggu postingan selanjutnya...

0 komentar:

Posting Komentar