Sabtu, 05 Maret 2011

Kehidupan Pasca Lulus : Mengapa Banyak Fresh Graduate Galau Setelah Lulus?

Kelulusan adalah yang dinanti banyak orang ketika mereka kuliah. Yah kecuali bagi mereka yang cinta banget ama kampusnya, jadi males buat keluar kampus. Gue adalah salah satu yang lulus tercepat di angkatan gue dengan masa kuliah 3 tahun 10 bulan. Tercepat bisa bermakna dua : tercepat karena emang pinter, ato tercepat karena emang udah setres ama tugas kuliah. Kalo gue, entahlah. Gue cuman berniat satu : Meminimalisir uang yang keluar untuk SPP. Kalo gue ikut TA periode kedua, gue diharuskan bayar SPP semester gasal. Buat gue, duit 1,050,000 itu sangat berarti, jadi gue putusin buat lulus secepatnya jadi gue engga pusing-pusing nyari duit SPP.

Orang yang pengen lulus cepet juga dikarenakan karena dia pengen bekerja. Bekerja dan Kuliah adalah dua hal yang sangat bertentangan. Kalo bekerja itu mendapatkan uang, dan kalo kuliah itu mengeluarkan uang. Gue teramat sangat merasakan itu sekarang, karena gue kudu bekerja buat makan dan kuliah, dan gue kudu kuliah S2 supaya bisa bekerja. Untuk kalian ketahui, gue harus korek-korek kantong ampe kantong gue sobek en bolong-bolong untuk biaya kuliah s2 sebesar 30 juta. Bagi mereka yang bisa membayar kuliah itu dari pemberian orang tua, berbahagialah.

Sebaliknya, ada orang yang takut lulus karena takut kehidupan setelah lulus. Kehidupan setelah lulus = neraka dunia. Tingkat kematian akibat bunuh diri (gantung diri, minum baygon, bakar diri, ampe motong2 badan sendiri) di usia "pasca-lulus" lebih gedhe dari usia kuliah. Gue en temen gue pernah punya niatan bunuh diri gara-gara gak dapet sterofoam buat tugas maket (pikiran pendek anak semester awal), tapi engga jadi karena gue berpikir "gue belom kawin...". Nah, kenapa kehidupan pasca lulus itu bisa dikatakan neraka dunia.

Pertama, ada dogma di kehidupan budaya kita yang mengatakan bahwa, (gue sebut sebagai Hukum Lulus 1) bahwa "Jika anda sudah lulus, segeralah mendapatkan pekerjaan yang baik". Hukum Lulus 1 membuat orang-orang berpikiran untuk jadi PEGAWAI. Menjadi pegawai apa aja, di mana aja, yang penting kalo ditanya orang "kerja di mana?" bisa menjawab dengan nama PT yang keren-keren. Gue, engga pernah bisa menjawab pertanyaan sadis itu. Gue jawab, "kampus" dan jawaban itu sebenernya dengan harapan "gue bisa beneran kerja di kampus sebagai dosen", dengan "amin" di belakangnya untuk saat ini. Gue emang engga punya nama PT yang keren di profil FB gue di kolom WORK, gue emang engga tinggal di kantor mewah ber-AC (ruangan gue AC nya manual a.k.a kipas-kipas), gue emang engga bertampang orang kantoran, tapi Alhamdulillah penghasilan gue udah setara orang kantoran.

Kedua, ada Hukum Lulus 2 yang menyatakan bahwa "Jika anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, menikahlah". Hukum ini berlaku bagi wanita di Endonesya. Berbeda dengan di negara barat, para wanita lebih dulu bekerja daripada menikah. Wanita-wanita di sana berkeinginan mandiri, en engga bergantung ama suami. Bagi para wanita, cobalah untuk memiliki pekerjaan (minimal jualan/dagang/bisnis apa gitu, bisnis penadah anak ato bisnis penadah binatang liar juga boleh). Soalnya nih, kita engga tau ama takdir. Eh siapa tau tiba-tiba suami anda meninggal mendadak (mati keseruduk badak Amazon misalnya), trus kalo kalian engga bekerja, gimana tuh makanin anak-anaknya? Kawin lagi? Ato ngejual anak-anak? So, gue nih, meski pacar gue (calon suami, amin) udah mateng en mapan banget, gue juga pengen mewujudkan cita-cita gue jadi dosen yang baik. Karena kata orang, gue tu males banget kalo disuruh kerja rumah tangga. Muahahaha...

Ketiga, ada Hukum Lulus 3 yang berbunyi "Kalo udah lulus, wajib punya pacar". Ini budaya buruk, memang, yang mengajarkan bahwa kita harus berpacaran. Bagi gue, pacar itu bukan kewajiban, tapi takdir. Kalo emang dipertemuin sekarang ya bakal dipertemuin. Kalo engga, ya pasti suatu saat akan terjadi. Jadi, gak ada gunanya juga ngejar-ngejar seseorang buat dijadiin pacar, karena "Kalo jodoh, ya engga ke mana". Gue, pun percaya hal demikian, karena gue dipertemukan dengan pacar gue yang sekarang pun secara ajaib. Coba misalnya pas gue lulus SMA, gue gak keterima PMDK di arsitek, en gue memilih ITB, gue gak bakal ketemu pacar gue. Ato kalo pacar gue itu dulu juga lebih memilih ITB daripada arsitek, pasti juga gak akan ketemu. Tapi, Tuhan selalu punya cara untuk mempertemukan umatNya dengan pasangannya. Gue dan pacar gue menjadi sahabat bekerja, dan kemudian kita pacaran (tanpa pedekate en naksir-naksiran). Semuanya berjalan alamiah dan terjadi gitu aja. Masalah entar kita bakal kawin apa engga, itu urusan Yang Di Atas. (Gue sih pengennya kita jadi kawin, amiiiiiiinnnnn)

Keempat, ada dogma aneh juga di negara kita yang jadi kebiasaan bahwa "Jika sudah bekerja, orang tua tetap membantu". Salah kaprah. Payah. Bego. Gila. Namanya orang udah bekerja, apalagi usia 20 tahun (menurut hukum, itu sudah tidak ada keterikatan dengan orang tua), tentu aja membiayai hidupnya sendiri. Misalnya, ada anak kerja  di Jakarta,dia harus ngekos en biaya hidup di sana tinggi banget, yang nyebabin gajinya mepet-mepet bahkan ada kalanya engga cukup. Kadang orang tua merasa kasihan, en ngasi tiap bulan. Kebalik dong, harusnya kita ngasi orang tua. Masalah cukup engga cukup, solusinya adalah "gimana kalian membuat gaji itu cukup? Apakah dengan ngirit? Ato dengan mencari tambahan laen?". Kalo gue diharuskan kerja di luar kota, gue akan berangkat ke sana hanya bermodalkan baju-baju. Komputer, laptop, kasur, meja, bantal penuh iler, sikat gigi jabrik gue, ampe motor gue pun bakalan gue tinggalin di Semarang. Gue akan membangun rumah tangga gue sendiri di sana. Alhamdulillah, sekarang penghasilan gue udah buat nyokap gue semua.

Kelima, Endonesya punya masalah dengan lowongan pekerjaan. Yah, semua orang pengen kerja di perusahaan gedhe nya Bakrie, perusahaan gedhenya Djarum, PT terkenal, gedung-gedung mewah berlantai 100 di Jakarta (kagak ada kale). Tapi pengusaha engga bisa memenuhi kebutuhan kerjaan semua orang. Mereka punya batasan tenaga kerja, punya batasan operasional, en nyari yang bener-bener qualified buat SDM nya. Kalo semua orang diterima, si pengusaha bakal berkata, "Lo kate gue ini perusahaan sosial?". Pernah gue merasakan mengais rejeki jadi calon pegawai. Gue ikutan Magang Bakti BCA. Yang pengen jadi teller di BCA aja udah 500an, en tes terus menerus, ampe akhirnya gue masuk jadi 20 besar se Jateng en diterima. Tapi berhubung gue menghitung bahwa "Gaji gue bakal tekor buat make up teller", gue melepaskan pekerjaan itu. (abis itu gue dimarahin ama pacar gue karena gue dianggep menghilangkan kesempatan orang lain). Sejak saat itu, gue berhenti melamar kerja di bank. Meski gue keterima AO di Niaga pun gue lepas, karena gue itung "Biaya kos+make up+baju+makan gue di Purwodadi bakal engga cukup". Gue gak bisa nyambi kalo udah di bank, idup gue (idup suami dan anak-anak gue pun) bakal gue korbanin demi bank.

Keenam, banyak orang takut berwirausaha karena takut rugi. Gue sering banget rugi, sering. Tekor, sering. Ngutang, pernah. trus engga makan juga pernah. Tapi gue sering juga jadi kaya, dapet duit tanpa ngapa-ngapain, en yang jelas, mental gue tertata banget setelah berbisnis. Gue lebih strong ngadepin mulut-mulut nakal orang lain, ngadepin orang ngamuk, ngadepin pejabat, ngadepin banteng nyeruduk, ampe ngadepin preman ngalungin clurit. Prediksi gue, gue harus kaya dalam 3-4 tahun lagi. Bisnis itu bukan pekerjaan masa kini, bisnis itu pekerjaan masa depan. Itulah bedanya pebisnis dengan pegawe. Kalo pegawe, makan buat sekarang. Kalo pebisnis, makan buat esok dan seterusnya. Gue sering banget nangis karena gue suka gak punya uang, tapi gue sadar, ini pekerjaan masa depan, setelah ini gue bisa punya banyak uang, dengan pelan-pelan ngembanginnya.

Yah, itulah mengapa banyak orang takut ama kehidupan setelah lulus. Gue sih engga takut, gue cuman sedih aja ninggalin masa-masa kuliah. Engga bisa seneng-seneng lagi, kudu mulai serius. Seperti yang pernah gue bilang di posting sebelumnya bahwa, "Kadang gue pengen jadi anak-anak lagi"
Saran gila gue, apapun yang kalian inginkan dan kalian punya filing yang bagus tentang apa yang akan kalian pilih untuk jalan kalian menuju sukses, jalani dengan bahagia. Jangan sampe, kalian melakukan dengan terpaksa, dengan ketakutan,dan dengan gengsi. Karena, "Bukan sukses yang membuat kita bahagia, tapi bahagialah yang membuat kita sukses" (kata The Secret)
Semangat pagi!!
Gue laper, makan dolooo...

0 komentar:

Posting Komentar