Kamis, 03 Maret 2011

Antara Uang, Tahta, dan Nurani

Antara ngiler ama senep, itulah yang gue rasakan ketika gue mendengar kata-kata "uang". Uang terasa menyenangkan ketika gue punya secara real di kantong dan NOMINALNYA GEDHE. Lain ceritanya kalo gue diadepin uang milayaran tapi bukan uang gue. Lebih baik gue ngadepin receh tapi duit gue sendiri, daripada milyaran tapi duit orang. Yang gak sependapat ama gue, boleh kok. Beda pendapat, boleh. Bakar mall juga boleh. Anything.
Sekarang, ato lebih tepatnya barusan, gue ngadepin duit puluhan juta, tapi once more, that's not mine. Uang bisa membuat gue bahagia, ato bisa membuat gue jadi berubah kepribadian, emosian, keluar taring dari mulut, berbisa en menyemburkan api. Seperti gue beberapa menit yang lalu, dan saat ini kebetulan udah kelar tugasnya, tinggal didiskusikan aja.

Udah waktunya makan siang, tapi gue males makan. Besok aja deh makannya, kemaren gue abis makan anak biawak selusin, jadi masih agak kenyang gitu. Penyebab gue gak doyan makan hari ini (sebenernya laper sih, cuman kagak nepsong) karena gue baru bertengkar hebat hari ini. Dan masalahnya (faktap banget) adalah MATERI. Materi nya bukan materi uang sih, tapi materi TAHTA. Kalo yang gak tau apa artinya tahta, tahta itu nama band... Lho? Kagak, maksut gue, tahta adalah jabatan, pangkat, kekuasaan, yeah semacam itulah. Sesuatu yang bikin seseorang terkenal dan dikenal, yang bikin seseorang punya nama, dan yang bikin seseorang mudah berantem dengan orang lain. Kalo gue, tahta itu cocoknya buat statement terakhir : bikin orang jadi berantem ama orang lain.
 Hebatnya, masalah tahta itu juga bikin orang kagak doyan makan!! Kayak gue nih, biasanya kalo liat sapi di tembalang, pengen gue sergap trus gue habiskan di tempat. Nah ini tumben-tumbennya, pas gue liat sapi berkeliaran di tembalang, pengen gue culik trus gue minta tebusan ama yang punya. tahta bisa membuat gue berkeinginan menculik sapi.

Kalo orang lain mengkaitkan HARTA dan TAHTA dengan WANITA, gue mengkaitkan harta dan tahta dengan NURANI. Kenapa?Pertama, karena gue cewek normal 100%, jadi kagak mungkin doyan sesama. Kalo doyan sesama, gue pasti sekarang udah di Belanda buat menikah lesbi. Kedua, karena nurani menentang harta dan tahta. Contoh simpel ketika gue hanya punya duit 2000 di kantong (2000 di kantong buat gue sangat tidak mengherankan. Kalo 20juta di kantong baru ngagetin). Gue belom makan. Pas di lampu merah, gue disamperin tukang jagal trus gue disembelih...ngawur, yang bener adalah gue disamperin pengemis. Gue pengen ngasih, tapi duit gue tinggal segitu. Entar gue kagak makan kan bisa mati. Kalo gue mati, entar spesies ini punah... Tapi nurani gue berkata, "kasihlah...2000 gini...kalo mau makan, gampang...tinggal rampok aja kantin kampus...". Dan dengan hati yang penuh keikhlasan (cieeehhh) gue kasihin tu duit. Emang sih, abis itu di kampus gue kayak mayat idup.

Nurani selalu berkata berbeda dengan tahta dan harta. Berikut adalah percakapan antara, uang, tahta, dan nurani.
Uang : "Manusia butuh gue. Kalo engga ada gue, manusia engga bisa makan.."
Tahta : "Tunggu tunggu..elo ada karena gue ada...coba manusia itu cuman pedagang bakso, duitnya recehan. Tapi kalo manusianya pejabat, duitnya milyaran. So, sebelum ada elo, harus ada gue dolo..."
Uang : "Jaman sekarang, beda... Kalo mau dapetin elo, manusia kudu punya gue dulu. Mau jadi pejabat? Kudu ngamplopin orang, baru bisa jadi pejabat..."
Tahta : "Kalo engga ada gue, manusia mau ngamplopin siapa coba? Kagak ada yang percaya..."
Nurani : "Kalian ini kenapa sih, kenapa engga bisa akur?"
Uang : "Dia tuh, sok penting...Manusia lebih butuh gue, daripada dia..."
Tahta : "Kagak!! Gue lebih penting kaliee.."
Nurani : Gila lo semua... Manusia butuh kalian? Memang. Tapi mereka lebih membutuhkan gue, dan gue, ada di dalam hati mereka sejak mereka lahir...
Uang : "Kok lebih butuh elo?" (kagak terima, mau ngelempar lembing (ternyata dia atlet lempar lembing))
Nurani : "Kalian bisa menyebabkan pertengkaran. Tapi gue, gue lah yang mendamaikan mereka. Kalo engga ada gue, semua manusia udah mati bunuh-bunuhan..."
Uang dan Tahta : (cengok)
Nurani : (membusungkan dada)

yah itulah sedikit cerita aneh dari gue. Sori gue lagi aneh hari ini. Mood gue aneh, sikap gue aneh, cara bicara gue aneh, en yang lebih parah (dan memang sejak dulu) muka gue aneh...
Semoga hari kalian menyenangkan, en semoga nurani yang menang...
Gue pegang nurani 2-1 (emangnye taruhan bola)...
Udah ah, gue mau tidur.

Now playing : "Shut Up-Simple Plan"

0 komentar:

Posting Komentar