Minggu, 27 Februari 2011

Sekolah Itu Mahal : Kisah Mengais Rejeki di GO

Statement ini selalu membara di dada gue, yah maklumlah sejak semester 3 gue dengan penuh keperkasaan, ngebayar SPP gue by my self. Bagemana bisa? Bisa dong... Makanin gue aja udah ngabisin seluruh isi tambang emas di Papua, apalagi ngebayarin SPP gue. So, gue ngerasa kudu membantu pemerintah buat ngebayarin kuliah gue. Kuliah gue di S1 emang kagak mahal-mahal amat, cuman 1,050,000 per semester. Tapi yang berat ituh, kalo kudu ngerjain tugas. Bikin maket, mahal. Beli kertas en alat-alatnya, mahal. Apalagi ngemilnya, muahal buanget. Trus tidur di kehidupan arsitektur gue juga berasa mahal.

Gue mulai mencari sesekop berlian dan setandon permata itu pas gue semester 2. Namanya anak semester dua, yang udah mulai ngerasain kejamnya penganiayaan fisik dan psikis terhadap dompet gue yang dilakukan oleh tugas-tugas kampus, memutuskan untuk mencari pekerjaan yang mengandalkan ijazah SMA. Kerja apa dong? Kerjaan yang pertama terpikir di benak gue adalah jadi greeter di E Plaza. Greeter itu maksutnya jadi orang yang nyambutin pengunjung di pintu. "Selamat datang di E-Plaza". Tapi gue mengurungkan niat gue. Karena gue itu sering mengalami penyakit "ngomentarin orang yang dandanan ato kelakuannya aneh..". So, kalo gue tiba-tiba ngeliat cewek pake baju yang punggungnya bolong, sambutan gue bakalan jadi berbunyi seperti ini ,"Selamat datang...anjrit! Mau dibolongin sekalian punggungnya, Mbak?" Bukan cuman dipecat jadi greeter, punggung gue juga bakalan dibolongin ama embak-embak itu.

Kerjaan yang kedua yang jadi pilihan gue adalah jadi waitress. Sebenernya gue khawatir sendiri kalo gue jadi waitress. Selain karena gue bakal makanin pesenan orang, gue juga kembali mengkhawatirkan penyakit "suka ngomentarin orang". Misalnya gue lagi ngelayanin sepasang cewek dan cowok, gue akan berbasa-basi, "Pacarnya cantik ya Mas..". Trus dengan muka asem, si eMas ngejawab, "Monyong Lu, ini nenek gue tauk!". Woooppps...

Kerjaan yang ketiga yang gue rencanakan adalah...jadi pembunuh bayaran. Tapi setelah gue pikir-pikir, kagak ah. Entar gue gaulnya ama preman-preman. Gue pengen gaul ama yang ganteng-ganteng bersinar, bukan yang garang-garang berclurit.
Dan pada akhirnya, setelah gue ngebaca koran (jangan salah, gue cuman baca iklan kecik doang), gue mendaftarkan diri untuk jadi tentor di Ganesha Operation, alias GO. Bagi yang gak tau GO (gak gaul banget kalo nggak tau), GO itu bimbel dengan lambang gajah. Dan gue ngelamar di posisi tentor fisika. Sebenernya pengen jadi tentor kertangkes, tapi enggak ada. Ato jadi tentor seni musik, tapi enggak mungkin, gue cuman bisa make gitar buat nggebukin kecoak.

Gue en temen gue, Agustin, ngelamar ke GO bareng-bareng. Dia, dengan sarapnya, milih pelajaran matematika. Padahal menurut gue, dia cocok ngajarin pelajaran kibul-mengkibul.
Kita adalah peserta termuda, rupanya. GO sebenernya ngasi syarat minimal semester 3. Nah kita, baru aja mau kelar semester 2. Tapi yang namanya orang enggak punya beban, diterima syukur, enggak juga enggak apa-apa, justru kita malah pede-pede aja.

Beberapa waktu setelah gue masukin lamaran, gue dapet panggilan buat tes tertulis. Pas tes, ternyata yang ngisi pelajaran fisika cuman 2 orang. Gue dan seorang pria. Gue yang udah lama enggak ngerjain soal fisika (lebih tepatnya, ngerjain guru fisika gue ampe mederita trauma psikis), ngerasa ni soal seperti ditulis dalam bahasa Yunani. Ajib, gue kagak ngerti sama sekali.

Meski gue goblok dan otak kiri gue mulai membeku, yang menyebabkan gue hanya mampu mengerjakan 3 dari 20 soal, ternyata GO dengan ajaib menerima gue jadi tentor fisika.
Hahahahahaha....Bodohnya gue...

Tes kedua, gue kudu melewati tes mengajar. Hiyah hiyah, inilah yang gak gue tunggu-tunggu. Mengajar! Gue sempet pengen ngabur dari kota ini karena gue takut mengajar. Tapi gue berpikir, kalo gue kagak ngajar, trus gue kerja apa di GO coba? Nyuci kamar mandi? Narikin parkir?
Tes ngajar, gue dikasi soal suruh ngejelasin materi pelajaran fisika (tentu saja bukan bahasa Jawa), di depan para tentor senior. Waaaaa aje gileeeee.... Merinding disko nih, ngajar di depan tentor-tentor. Gue ngerasa lebih baek ngajar di depan kuntilanak daripada di depan tentor GO.
Hrrrrrrrrrrrr......

Resmi diterima di GO, nggak berarti gue bisa langsung menghajar murid-murid gue. Gue kudu lewatin dulu yang namanya OBSERVASI. Di masa observasi ini, gue ngikutin tentor fisika yang udah senior selama mereka ngajar. Observasi pertama, gue kudu ikutin Pak SM ngajar di kelas Silver 2. Gue duduk di bangku paling belakang di kelas, merhatiin, nyatet, garuk-garuk kepala, ama ngasah golok (mau belajar apa mau nyembelih ayam) selama Pak SM ngajar.
Pas gue lagi dengan nikmatnya garuk-garuk kepala, anak cewek di sebelah gue nanya,
"Kok baru masuk? Dari SMA mana?"
Anjrit! Gue dikirain siswa GO. Gue inget umur, umur gue baru 18 tahun, masih pantes banget berada di tengah-tengah anak SMA, apalagi di tengah-tengah peternakan sapi, cucok banget!
"Aku calon tentor..." kata gue sambil membusungkan dada (berhubung perut gue buncit, yang terbusungkan malah perut gue).
"Oooo...tentor apa mbak?"
"Fisika.."
si anak cengok. Batin dia, "kagak pantes banget ni orang jadi tentor fisika, dilihat dari muka maupun bau badannya..."
"Masih kuliah Mbak?" si anak sepertinya mengalihkan pembicaraan...
"Yap..."
"Di mana? Ambil apa?" interest banget ni anak. jangan-jangan naksir gue.
"Di undip, ngambil arsitek.." jawab gue bangga. (bangga sih, tapi rada lemes juga kalo nginget-nginget tugas-tugasnya yang sebanyak kutu di rambut ini)
"Waah...kenal mas Riyan nggak?" tanya dia semangat banget.
"Temen sekelas aku deh...Kok kenal?" (sedih karena bukan gue yang terkenal)
"Dia suka ngesms aku...orangnya gimana?"
Gedubrak
Resmilah gue jadi media curhat. Rupanya sedang ada acara gebet-menggebet antara anak SMA dengan temen gue. Dan gue, berasa kayak wartawan infotainment.

Beberapa kali gue ngikutin observasi, en gue pun menjadi tentor baru yang pertama kali mendapat kesempatan mengajar. Mungkin karena yang gue ikutin buat observasi udah pada eneg ngeliat gue dipojokan, merhatiin sambil garuk-garuk kepala.

Kelas Pertama. gue ditempatkan di GO Veteran, en mengajar anak SMP. Oya, di GO ini kita enggak dikasi penempatan, tapi melanglang buana ke seluruh GO di kota Semarang. Untungnya GO enggak ada yang di deket rumah gue. Kalo ada kan gue bisa-bisa berangkat ngajar dengan sikat gigi masih di mulut.
Kebetulan, hari ini gue masuk di kelas SMP di GO Veteran.
Masuk ke kelas pertama gue rasanya kayak mau flying fox. Antara penasaran, takut, deg-degan, en kebelet boker. Campur aduk lah. Dengan buku modul di tangan, pake kemeja item, en celana abu-abu, gue masuk ke kelas itu.
Seluruh mata memandang gue.
Mungkin di pikiran mereka, gue adalah pasien RSJ yang lepas trus mau ikut les.
"Selamat sore..." ini adalah kalimat pertama gue di kelas GO. Gak buruk lah, daripada gue kesandung tali sepatu sendiri trus mengeluarkan kalimat pertama "Aduh! Kampret ni tali sepatu!". Besoknya, gue bakal langsung didatengin ortu siswa yang protes "anak saya setelah les di GO jadi suka nyumpah-nyumpah".
"Halo adek-adek.." cupu banget deh.
"Pasti kalian heran, ngapain tuh mbaknya di sini..." sambung gue
sebenernya pengen ngejawab "gue di sini cari makan, dek. Cari makan... bukan mau ngajar kalian...tapi cari makan...huhuhuhuhu". Malah jadi Termehek-Mehek.
"Namaku Kiki, panggil aja Mbak QQ. Di sini aku akan ngajar fisika..." Jiaaaaahhhh kagak pantes banget lu Kiiikkk... (betewe, GO itu terkenal dengan inisial bagi tentor. Berhubung nama gue Kiki, seharusnya inisial gue itu KK. Tapi Pak SM ngganti jadi QQ, so nama gue kagak berubah jadi aneh. Masak Kiki jadi Kaka).
"Waah mbaknya masih muda ya..." ada yang berkomentar. Yaelah dek, emangnya yang namanya guru itu kudu nenek-nenek, kudu emak-emak, kudu bertampang garang, berkacamata, berlipstik, dan bunting. Kagak. Guru jaman sekarang kece-kece kayak gue.
"Mbaknya masih kuliah ya..." ada lagi yang komen.
"Mbaknya udah punya pacar?" PARAH LO DEK, mau macarin gue? Kayak berondong macarin tante-tante dong. Sori dek, gue bukan pedopil, gue pengupil dan pengutil.

Hari pertama emang gak terlalu buruk, yah setidaknya gue gak tiba-tiba kebelet boker ato semacamnya. Gue deg-degan iya, grogi iya, ngomong masih beribet iya, pengen bunuh diri juga iya. Tapi enggak yang sampe matung di depan kayak Neville kena kutukan ikat tubuh sempurna-nya Heripoter.

Besoknya, gue diumpankan lagi ke anak SMP. You know, gue lebih baik nangkepin beruang lepas daripada ngajar anak SMP. GO, yang kelasnya besar, membuat 40 anak SMP berasa 1000 anak SMP. Mereka tu rameeeee banget, sukanya ngoceh, ketawa, ama ngejekin temennya. Gue  sendiri heran, kenapa mereka masih kuat ngoceh segitunya padahal udah sore gini. Kalo gue, jaman gue SMP tuh ya jam segini udah rasanya pengen geletak ampe besok pagi. Jangankan les sambil ngoceh, jalan ke meja makan aja rasanya pengen ngesot.
Barulah setelah gue masuk ke kelas SMA, jiwa gue sedikit tenang dan penyakit radang otak gue sedikit meringan.

GO adalah tempat gue nyari makan en ngerjain tugas. Abis kuliah, biasanya gue langsung ke kantor GO. Di sana, sambil nunggu jam ngajar, gue gelar-gelar kertas dan NGERJAIN TUGAS! Meja bulet di GO gue kuasain buat ngegambar. Sampe temen-temen di GO kasian ama gue yang desperate banget gini. Tapi sayang, enggak ada yang berniat nraktir gue mie ayam. Yah, mau gimana lagi, guys. Gue ngajar ampe malem. Entar malem gue udah capek trus bawaannya abis turun dari motor pengen langsung tidur di keset pintu depan. Nah, gak ada waktu dong buat gue ngerjain tugas. So, cicillah tugas selama mata gue masih bisa kebuka.

GO juga tempat yang aneh untuk menemukan orang aneh. Malam itu, gue masih di GO jam 6 sore. Jam 7 gue ada kelas, ngajar kelas 3 SMA di Veteran. Gue, abis minum teh di deket kamar mandi (rupanya gue ketuker antara teh ama air kloset), kembali ke meja paporit gue bernama MEJA BULET. Di meja bulet itu ada seorang anak laki-laki berkulit gelap, rambut rada keriting, tinggi, berkaki dua, dan berkepala satu. Kita sebut saja dia sebagai AK (Anak Keriting). Gue duduk di depan AK (bukan karena gue mau mejengin dia, tapi karena tas gue di situ).

AK negliatin gue kayak ngeliatin kadal bersayap. Bengong-bengong kayak bagong gitu.
AK : "Dari SMA mana?"
Gue : "Oh, aku tentor..."
AK : "oh ya? Tentor apa?" kaget gitu
Gue : "Fisika"
AK : "Ini mau ngajar ato mau pulang?"
Gue : "Mau ngajar kelas malem..."
AK : "Kelasku dong Kak..." (semangat membara kayak Bung Tomo)
Gue : Mati gue!
Selama gue ngajar, mata AK gak berubah, masih kayak ngeliatin kadal bersayap.
Dia ngeSMS gue terus, selalu bercita-cita ngajak gue jalan-jalan tapi enggak pernah kesampean. Dan hingga pada suatu hari dia bilang kalo dia suka gue.
SINTING LO DEK!
Sekali lagi, gue bagaikan tante-tante yang digandrungi berondong.
Gue bilang udah punya pacar, padahal belom. Entah karena emang niatnya si AK ato karena patah hati ama gue, begitu lulus dia masuk SEMINARI (seminari itu sekolah pastoran, dan pastor itu tidak menikah). Apa kabar ya si AK sekarang? Apakah rambutnya sudah di rebonding? Kalo belom, pengen gue rebonding pake setrikaan.

Ada penggemar cowok, ada penggemar cewek. Gue pernah sekali ngajar di kelas SMP di Lamper. Kelas ini isinya anak SMP 9 dan entah kenapa mereka gembira sekali kalo liat gue. Akhirnya, kira-kira 8 pertemuan berturut-turut gue ngajar mereka ampe gue eneg. Di kelas ini ada yang namanya Trio Meong-Meong bernama Iluk, Tiara, dan Nurul (kalo ada yang baca blog gue ini, jangan geer ya). Mereka pernah ngegambar gue waktu gue ngajar trus dikasihin ke gue. Istimewanya, tu gambar dibuat pas gue ultah. Wawawawa...karena gue cantik kayak putri Bali ato karena gue jelek kayak gorila Kalimantan. Entahlah. (gambarnya masih gue simpen lho). Gambarnya mirip banget. Bajunya mirip, mukanya mirip, rambutnya yang berantakan juga mirip.

Pernah juga gue ngajar di kelas malem SMA di pemuda. Pas gue masuk, kursi-kursi bagian depan diisi cewek-cewek,. Eh tau-tau tu cewek-cewek berubah jadi cowok semua. Dan pertemuan berikutnya, cowok-cowok di kelas ini selalu duduk di bangku terdepan. Tumben banget saf pria di kelas kursus jadi di depan, biasanya di belakang.

Ada nih, anak SMP bernama Dela yang kalo ketemu gue langsung terkencing-kencing. Gara-garanya pernah gue godain di kelas. Salahnya sendiri, gue ngajar kok malah ndengerin MP3. Suara gue udah bagus gini ngalahin suaranya BCL kok. Belom pernah gue nyanyiin tu anak, dijamin kupingnya pasti berdarah. Sejak saat itu, Dela kalo liat gue kayak ayam liat wajan, langsung lari ngibrit takut digoreng.

Masih banyak kisah aneh en menyenangkan gue di GO. Yang jelas, dengan penghasilan sekali pertemuan 18ribu, gue bisa makan lah. Lumayan.
Penghasilan gue sebulan paling banyak cuman 500-600 ribu aja. Tapi itu udah nyenengiiiiiinnnn banget. Pas tanggal 1 gitu, selalu nunggu SMS ato panggilan dari mbak-mbak CS nya GO. Panggilan mereka berasa mesra en wangi duit,karena pasti akan ngasi gaji. Pas tanda tangan, aromanya kekayaan dan kemewahan. Trus pas nerima amplopnya, rasanya kayak melayaaangg terbaaaanggg gitu. Cakep deh pokoknya.
Tapi enggak semua menyenangkan, pernah gue ngalamin sesuatu yang enggak enak. Pernah gue diprotes ortu gara-gara gue kalo ngajar kebanyakan becanda. Abis itu, jam ngajar gue drop ampe separonya. Pernah juga gue kebanyakan absen gara-gara enggak sanggup ngelepasin tugas ama kuliah. Abis itu jam ngajar gue selama seminggo kosoooonggg. Enggak jarang juga gue kesel en pengen ngebanting kursi kalo dapet kelas yang rusuh. Kelas yang paling gue benci adalah kelas SMP di Majapahit, yang isinya anak cewek yang genit, sok cantik, trus sukanya mejeng ama jajan tela-tela. Liat gaya mereka aja gue udah pengen muntah satu ember. GILE LO DEK, umur lo tu berapaaa?? Yang diomongin kok urusan rumah tangga orang. Anyway, gimana ya sekarang mereka-mereka itu. Kalo SMP nya aja udah ngurusin urusan ibu-ibu, pas jadi ibu-ibu bakalan ngurusin urusan nenek-nenek.

Yah itulah pahit manis kehidupan bekerja gue yang pertama. Dalam edisi KULIAH ITU MAHAL, gue akan cerita perjuangan-perjuangan gue menghadapi kerasnya kehidupan dompet dan celengan gue selama kuliah di arsitek. Masih ada cerita lain lho. NEXT ON "KULIAH ITU MAHAL" : Kisah Meneguk Rejeki jadi Drafter Dadakan.

42 komentar:

Anonim mengatakan...

menarik baca nya,.
manfaat bgt bwt saya yg besok mau tes tulis....

makasii udah berbagi pengalaman :)

Dr. J mengatakan...

Boleh donk main kesini,
omegacourse.webs.com

tomo mengatakan...

abis mau gimana lagi mbak, memang mesti sabar. itu lah beban kerja tentor yg melebihi guru. kalau di sekolah guru bisa marahi siswanya tapi kalau di bimbel. gak boleh marah

Unknown mengatakan...

waaaaa ngakak aku baca tulisan ini..aku besok mau tes tertulis di GO..bukane belajar..malah onleeeeeen teruuuss..wish me luck :)

Anonim mengatakan...

Wahhh, kereenn neh cewek, semangat terus luu.. rock u!

Geo Coffee mengatakan...

keren tulisannya, menyenangkan dan tidak membosan untuk dibaca terus sampai selesai :)

Cerita Tentang Aku mengatakan...

bagus banget ceritanya,,salam kenal..saya tentor fisika primagama,,kisah kita hampir sama cuma mungkin saya lebih sial....hahah

NL mengatakan...

Salam kenal yaa, aku juga tentor MTK GO pekanbaru, inisial NL, gx tau2 tiba2 ktemu ni...

nastrahma mengatakan...

waa sepertinya saya pernah di ampu sama mbak QQ nih.. keterima di GO tahun 2008 bukan mbak?

Hendra Yulisman mengatakan...

Besok saya mau tes mengajar..doain ya ^_^

Unknown mengatakan...

wanjirr..
keren banget ni cerita nya, cewek pula :D
ngakak gua bacanya, jempol dah...

Unknown mengatakan...

guling2 gua bacanya

Unknown mengatakan...

Gaji tentor GO brpa ya? kok sya pernah baca skitar 1.5 jutaan. apa tiap daerah beda2?

Unknown mengatakan...

kiki udh lulus? kamu bukannya yg tomboy itu ya dek?pak SM n aku yg rekrut salah satunya...msh inget mbak DA?ini d semarang ya?

Unknown mengatakan...

Hahaha lumayan buat pencerahan ini cerita.
Besok aku tes tertlis GO. Semoga sukses seperti dirimu Mbak Kiki :D

Unknown mengatakan...

Wah.. Keren banget tulisannya. Semoga aku bisa ngikutin jejak mba QyuQyu, besok juga mau tes microteaching di Primagama. Doakan lancar mba.. Duh, deg deg an nih..

Abdul Haris mengatakan...

Kalo dah senior bisa tembus dua digit

Unknown mengatakan...

Biasanya untuk tes tulis dan microteaching di GO berapa hari ya?

Unknown mengatakan...

Tulisan yang menarik, pengalaman yang menarik dan kelihatannya yang nulis juga menarik. Salam kenal.

Unknown mengatakan...

Anjay lo parah wkwk

Unknown mengatakan...

ini berdasarkan kisah nyata kah

Yola Mayestika mengatakan...

Wuahh.. menarik sekali ceritanya mbak ^^
Besok saya diinterview, mohon do'anyaa..
Wuahhh.. ada sahabat kecil saya dan mbak Dyah arsitek favourite saya.. apa kbar Hendra dan mbak Dyah?

Menapak Langit... mengatakan...

Anjir, ngakak bacanya

Menapak Langit... mengatakan...

Anjir, ngakak bacanya

Icenk mengatakan...

Cuma 18k per sesi?

Ibnu mengatakan...

Tergantung, kadang 1 hari kadang 1-3 hari....

Ibnu mengatakan...

Udah diterima??? Di GO mana mbak....btw ada IG ga ?

Ibnu mengatakan...

Sukses kah ???

Ibnu mengatakan...

Tahun 2011 per sesi 18k sudah besar, sekarang mungkin 50-60k per sesi

Ibnu mengatakan...

Masih ngajar kah?

Ibnu mengatakan...

Beda daerah maka beda gaji, sesuai UMR DAH

Unknown mengatakan...

hallo salam kenal, mau tanya kalo di GO biasanya pengajar junior kebagian berapa kelas dalam seminggu? makasih

Hafizhah mengatakan...

Wuih keren banget n menghibur pengalamannya.. salam kenal saya dari sipil undip

Ulul A. Husna mengatakan...

Hallo kak, kalok boleh tau gaji itu diperoleh dari jumlah pertemuan dikali honor ya? Apa ada tambahan uang transpot?

CitraMandasari blog mengatakan...

Wahhh bagus bnget ceritanya, semangatt untuk kita para tentor

CitraMandasari blog mengatakan...

Wahhh bagus bnget ceritanya, semangatt untuk kita para tentor

Eny Rahayu mengatakan...

Maaf mba klo boleh tau skrg Di GO per sesi berapa yaa mba

ADMIN mengatakan...

Alhamdulillah. Terima kasih atas infonya dan sharing ya.
Boleh dong mampir ke blogtaufikunik.blogspot.com

puisiku mengatakan...

Kak tanya dong, kalo pengen ngajar di GO pilihan ngajarnya pelajaran apa aja?

idapur11.blogspot.com mengatakan...

Waaaaa gila si ini ceritanya menginspirasi banget, btw besok aku disuruh orientasi kelas tp kok disuruh bawa pulpen merah, item, biru. Kira-kira buat apa ya mba QQ?? Atau temen2 ada yg bisa kasih pencerahan?

Aksarafr mengatakan...

Besok aku mau adaptasi kelas heheh doakan semoga lancar, btw gaji jadi tentor pemula di Go berapa ya sekarang, mau naya sama tentor" senior disana malu aku wkwkek

Anonim mengatakan...

Mau tanya... Tahan ijazah kah?

Posting Komentar